Fisika, Universitas Brawijaya

Fisika Universitas Brawijaya (Lela)

Fisika Universitas Brawijaya (Lela)

Hallo adik-adik pejuang kampus intepers. Perkenalkan saya Nur Lailatul Khasanah dari Fisika Universitas Brawijaya angkatan 2018. Panggil saja saya Lela. Saya akan membagikan pengalaman saya selama 4 tahun di perkuliahan. Mungkin memang terlihat masih muda untuk ceritakan pengalaman, tapi tak apa, supaya temen-teman ada pandangan gimana sih Fisika Unbraw? bedanya sama tekhnik apa?. Nah sekarang saatnya aku membagikan pengalaman untuk adik-adik pejuang kampus.

Apa yang dipelajari di Fisika Universitas Brawijaya?

Banyak orang mengatakan bahwa fisika susah apalagi murni, banyak rumus apalah, lulusan juga palingan jadi guru. hello… jangan mengejudge jurusan seperti itu, karena semua pasti ada manfaatnya. kita tidak tahu kedepannya bakal jadi orang sukses yang seperti apa. Nih aku perkenalkan dulu jurusan Fisika di UB seperti apa. Fisika UB termasuk dalam Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam. Fisika UB dibagi menjadi 3 program studi, pertama Program studi S1 Fisika, kedua Program studi S1 Instrumentasi, ketiga Program Studi Tekhnik Geofisika.

Kak bedanya apa dari tiga program studi itu? bedanya adalah jika Fisika sendiri kalian bakal diajarkan fokus tentang mata kuliah Fisika seperti Optik. misalnya. ketika SMA kalian belajar cermin, nah diperkuliahan kalian lebih di fokuskan menjadi mata kulih Optik yang bahasannya juga menyangkut cermin. Kemudian, program studi Instrumentasi. Orang banyak salah faham ketika mendengar kata instrumen berarti musik. Bukan! Instrumentasi disini temen-temen lebih fokuskan tentang kelistrikan dan cara mengontrolnya. Selanjutnya untuk Program studi Tekhnik Geofisika. Pastinya mempelajari tentang batuan, tanah, kegunung apian, dan batu bara dan sejenisnya. Aku pribadi di sini masuk pada program studi Fisika.

promo-web

Apa bedanya Fisika murni dengan Tekhnik Fisika?

Kak bedanya sama Tekhnik Fisika apa? secara logika yang aku pahami, Fisika lebih ke teori sedangkan Tekhnik lagsung prakteknya. jadi kami lebih kuat ilmu teorinya, misal kami mempelajari bahan yang digunakan dalam pembuatan pesawat. kami memperdalam bahan tersebut mulai dari karakternya, jenis bahan, sisi negatif jika menggunakan bahan tersebut, kegunaannya, dll. kalau Tekhnik mereka langsung praktiknya. jadi langsung percobaan apakah bahan tersebut layak atau tidak digunakan sebagi pembuatan pesawat.

Mata Kuliah dan Dosen Favorit di Fisika Universitas Brawijaya?

Pastinya banyak ya. walaupun sebelumnya aku mohon maaf sama temen-temen jika aku masih semester 4. Untuk mata kuliah yang sudah diajarkan sejauh semester 4 ini seperti Fisika 1, Fisika 2, metode pengukuran fisika, Termodinamika, Elektronika Dasar 1, Elektronika Dasar 2, Listrik Magnet, gelombang, Fisika moderen, fisika inti, fisika matematika, elektrodinamia, mekanika, optik, fisika plasma, praktikum fisika dasar , praktikum elektronika dasar dan masih banyak lagi.  Mata Kuliat favorit aku ada dua yaitu elektrodinamika dan fisika plasma. pertama, Elektrodinamika, bahasannya pasti listrik. hal menarik dalam mata kuliah ini seseorang belum mengetahui perubahan yang akurat dari medan listrik menjadi medan magnet. ibaratnya seperti pergantian tahun perubahan yang akurat sepersekian detik belum ada yang mengetahui.

Kedua, Fiska plasma. sebenernya mata kuliah ini mata kuliah pilihan yang nantinya kaitannya dengan lapisan tipis. hal menarik dalam mata kuliah ini kami diajarkan belajar gas yang terionisasi. jadi plasma itu bukan berwujud cair, padat, atau gas, namungolongan fase Ke-4. By the way bahasannya sudah terlalu dalam. mungkin buat pandangan temen-temen saja.

praktikumnya gimana kak? untuk praktikum temen-temen seperti di lab dan nantinya menggunakan alat yang disediakan dan dimbing oleh kakak asisten praktikum. supaya kalian tidak hanya membayangkan namun bisa melihat gambaran jika terjadi di dunia nyata.

dosen favorit bu.isti, pak ghufron dan pak yuwono. bagi saya beliau kalau menjelaskan detai. tingkat kesabaran jangan ditanyak pengertian sekali, dan setiap mengajar selalu mengutamakan akhlak. Kalau bu.Isti biasanya urusan proposala dan ide-ide. sedangkan pak.Ghufron dan pak.Yuwono fisika yang rumit kalau diajar oleh beliau jadi mudah.

Konsentrasi (kelompok keahlian) Fisika Unbraw / Fisika Universitas Brawijaya?

disini aku bahasnya program studi Fisika saja ya. jadi, program studi Fisika ada yang namanya KBM (kelompok bidang minat). di Universitas Brawijaya Fisika dibagi menjadi 3 minat kelompok belajar.

  1. Biofisika -> memepelajari proses fisis dan gejala biologis pada dunia kedokteran
  2. fisika material atau ilmu bahan ->  mempelajari sifat, jenis, dan karakter dari suatu bahan
  3. fisika komputasi atau pemodelan -> mempelajari fisika secara teoritis, mengembangkan pemodelan dan komputasi fisika

kalau untuk program studi instrumentasi dan tekhnik geofisika. jujur aku kurang paham. tapi secara garis besarnya sudah aku paparkan di awal.

Tips untuk Maba di Jurusan Fisika Unbraw

jangan merasa salah jurusan dan buang mindset bahwa fisika sulit. Nyatanya memang sulit tapi jika kalian menikmati maka kalian merasa asyik dengan fisika. Jangan takut lulus nanti mau kemana. justru fisika murni kalian bisa kemana aja dengan ilmu yang kalian bawa, yang berkaitan tentang mesin-pun kalian bisa, harus percaya sama diri sendiri. kaitkan fisika dengan kejadian yang ada di alam. misalnya hukum gravitasi. jika kalian merasa kesulitan tentang menghafal rumus, kalian bisa bikin catetan kecil kemudian di tempel di buku atau di kamar supaya kalian ingat. Supaya rumus mudah dipahami kaitkan rumus tersebut dengan analisis pengertiannya.

untuk kalian yang aktif organisasi bikin plan jadwal harian supaya antarabelajar dan mengerjakan laporan serta tugas bisa tertata. mahasiswa memang dituntut untuk aktif organisasi tapi harus bisa menyeimbangkan antara kuliah dan rapat.

Prospek Kerja dan Alumni biasanya Kerja dimana?

Sepengetahuanku, alumni lulus banyak kerja di perusahaan dan rumah sakit. Untuk kerja sebagi apa, mohon maaf aku kurang paham. Jujur aku tidak terlalu dekat dengan kakak tingkat.  Menurutku masalah pekerjaan InshaAllah mudah dicari tergantung dari peminatan kalian di fisika. Misal di pertambangan, PLTU, batu bara, kelistrikan, rumah sakit, tenaga medis, industri, dosen, lab, dsb. Seperti aku sekarang sudah merencanakan PKL (praktik kerja lapang) yang aku belum tau disana ada kakak tingkat atau tidak. Aku berusaha mencobanya. Untuk masalah pekerjaan mungkin kalian bisa aktif ketika kalian PKL di tempat yang kalian jalani. Semua tergantung niat, dan pasti ada jalan, Jangan lupa libatkan Tuhan dalam setiap urusan.

Harapan dan rencana setelah Lulus?

Bantu do’a ya temen-temen, harapannya setelah lulus ilmu yang didapat bermanfaat untuk masyarakat. bisa langsung kerja di tempat PKL, dan lanjut S2 Tekhnik Fisika ITB. Aamiin… Semangat buat kalian jangan menyerah karena kesuksesan sedikit lagi akan kalian raih.

Sekali kamu berhenti belajar, kamu mulai sekarat” -Albert Einstein

sekali lagi jangan menyerah walaupun dalam keadaan sulit, sabarlah dalam menjalani, sedikit lagi kalian pasti menemukan hari bahagia yang kalian harapkan.

Kode Konten: X121

Komen dibawah! 1

  1. Ikhtiar

    Kak mau tanya kalo lulusan fisika murni bisa lanjut ke program magister ekonomi ngga si

Jawaban dari penulis akan masuk email kamu.

Your email address will not be published. Required fields are marked *