Fisika, Universitas Brawijaya

Fisika Universitas Brawijaya (Yulinda)

Fisika Universitas Brawijaya (Yulinda)

Halo sobat intipers! Aku Yulinda Sari Lamria Manalu dari Prodi Fisika Universitas Brawijaya angkatan 2018. Kali ini aku ingin sharing pengalaman kuliah ku dan memperkenalkan jurusan/prodi yang aku ambil. Lanjut bacanya ya intipers. Bagi teman-teman yang mau bertanya atau diskusi bisa komen di bawah artikel ini. Kalau sempat aku balas ya, jawabannya akan masuk ke email kalian kok, pastikan kalian baca sampe beres dulu artikel ini sebelum bertanya. Kalian juga bisa nonton versi videonya melalui link berikut. Klik Disini

Secara umum, jurusan Fisika Universitas Brawijaya itu seperti apa?

Fisika UB itu terdiri dari 3 prodi, itu fisika, instrumentasi, dan teknik geofisika. Di jurusan fisika kita mempelajari fisika secara, baik itu teori, hitungan maupun praktikum. Kenapa kita dibagi menjadi tiga 3 prodi? Karena kalau instrumentasi itu lebih fokus ke elektro-elektro gitu atau merangkai kelistrikan. Nah Kalau Teknik Geofisika itu lebih ke kebumian, batu-batuan gitu. Kuliah di Fisika ini ya susah-susah gampang sih, selain teori, hitungan gitu kita juga harus bisa memahaminya dengan baik.

unisa

Bagi kalian yang ingin mendapatkan info jurusan dan masuk perguruan tinggi follow Instagram @intipkuliah. Akan ada live lebih dari 60 jurusan per bulan. Klik Disini

Apa yang jadi alasan masuk jurusan Fisika Universitas Brawijaya?

Dulu aku pengen banget jadi guru, tapi sambil meneliti. Kebetulan aku juga suka pelajaran Matematika dan Fisika. Nah aku cari jurusan yang bisa keduanya gitu. Jadi di SNMPTN itu aku pilih Matematika Brawijaya, Fisika Brawijaya dan Matematika USU. Terus aku dapetnya di Fisika UB.

Apa mata kuliah dan tugas yang khas dari jurusan ini?

Fisika matematika ini jadi khas di jurusan Fisika. Rumus-rumus matematika kita gabung dalam rumus Fisika yang lebih rumit. Ada juga mata kuliah Gelombang, itu kita belajar tentang gelombang cahaya, gelombang suara kita buat jadi rumus-rumus. Ketiga ada Elektrodinamika itu belajar tentang interaksi listrik dan arus listrik.

Ada yang khas untuk prodi aku, Fisika. Ada Fisika medis dan instrumentasi medis. Kalau Fisika Medis itu kita belajar penerapan fisika dalam dunia medis. Ada juga instrumentasi medis itu kita belajar bahwa alat medis itu ternyata berkaitan sama fisika gitu.

pmb2-min

Waktu praktikum paling banyak di semester awal, Fisika dasar I, Biologi, Kimia. Kalau mulai naik semester 2 itu mulai praktikum elektrodinamika, kita belajar merangkai gitu. Fisika Matematika 1, 2, 3 itu jadi praktikum yang berkesan karena susah banget gitu makanya fisika dasar dan matematika dasarnya harus kuat biar bisa lanjut dari Fisika 1 sampai 3.

Adakah konsentrasi atau kelompok keahlian di Fisika Universitas Brawijaya?

Ada 3, Fisika Medis dan Biofis, Fisika material dan Fisika komputasi. Ini bisa diambil di semester 2, tapi menurut dosen pembimbing itu disarankan di semester 3.

  1. Fisika Medis dan Biofis itu kita belajar bagaimana fisika bisa kita buat menjadi alat atau fungsi yang berguna dalam medis
  2. Lalu, Fisika material itu kita belajar tentang alat dan bahan suatu benda, misalnya kaya bahan pesawat apa yang cocok untuk pesawat biar bisa terbang.
  3. Fisika komputasi itu belajar tentang coding tapi dengan konsep fisika.

Apa saja jalur masuk untuk jurusan ini?

Ada 3 jalur, SNMPTN, UTBK dan mandiri. Info bisa di web UB yang selmaub.ac.id untuk seleksi masuk mandiri.

Ada tips buat mahasiswa baru jurusan ini?

Kuasai Fisika dasar dan Matematika dasarnya, kita juga harus bisa bagi waktu antara kuliah, praktikum dan organisasi. Biasanya maba itu lupa bagi waktu jadinya keteteran. Terus jangan malu bertanya sama siapapun kalau bingung atau gak paham sama materi.

Bagaimana prospek kerja dari alumni jurusan ini?

Secara umum kalau dari konsentrasi Biomedis itu biasanya jadi Fisikawan medis, itu bisa jadi operator alat pemeriksaan medis. Kalau fisika material itu biasanya kerja di perusahaan alat pesawat, kalau untuk komputasi bekerja di perusahaan bagian coding dan desain web.

Secara luas di bidang tambang, perusahaan dan rumah sakit. Itu sih biasanya. Kalau mau jadi guru, peneliti, dosen itu juga bisa.

Lihat vlog dari ribuan mahasiswa di seluruh Indonesia di Youtube Intip Kuliah. Klik Disini

Apa rencana dan harapan kamu setelah lulus?

Rencananya aku mau kerja di rumah sakit. Hanya kalau mau jadi fisikawan medis itu banyak kriteria tersendiri. Ada yang mengharuskan mengikuti pendidikan profesi atau S2. Rencananya aku pengen ikut profesi pendidikan selama 1 tahun. Kalau pun gak terjadi aku tetep mau jadi guru atau dosen.

Q&A

  1. Kuliah fisika harus pinter banget ya?

Bukan harus pinter banget sih, tapi kita harus memahami konsep matematika dan fisika.

Kode Konten: C114

Komen dibawah! 3

  1. Maya

    Selamat pagi kak
    Perkenalkan nama saya maya
    Sekarang saya kuliah di fisika kak sekarang semester 3 kak
    izin bertanya kak
    Kalo untuk fisika matematika, eloktronika dasar, sendiri buku yang paling bagus untuk jadi pengarangnya siapa ya kak?
    Kalau bisa yang berbahasa Indonesia sih kak kalau ada , kalo tidak bahasa Inggris tidak apa² juga kak

    Terima kasih kak

  2. Maya

    Selamat pagi kak
    Perkenalkan nama saya maya
    Sekarang saya kuliah di fisika kak sekarang semester 3 kak
    izin bertanya kak
    Kalo untuk fisika matematika, eloktronika dasar, sendiri buku yang paling bagus untuk jadi refrensi pengarangnya siapa ya kak?
    Kalau bisa yang berbahasa Indonesia sih kak kalau ada , kalo tidak bahasa Inggris tidak apa² juga kak

    Terima kasih kak

    • Yulinda

      Kalau untuk fismat buku yang biasa digunakan boas yang jdlnya mathematical methods. Tapi kalau yang eldas saya dulu belajar dari modul yang diberikan oleh dosen. Jadi gak tau buku apa yang bagus untuk digunakan.

Jawaban dari penulis akan masuk email kamu.

Your email address will not be published. Required fields are marked *