Fisika, Universitas Negeri Jakarta

Fisika Universitas Negeri Jakarta (Fatur)

Fisika Universitas Negeri Jakarta (Fatur)

Halo sobat intipers! Aku Ferdiansyah Faturachman Achmad dari Fisika Universitas Negeri Jakarta angkatan 2019. Kali ini aku ingin sharing pengalaman kuliah ku dan memperkenalkan jurusan/prodi yang aku ambil. Lanjut bacanya ya intipers. Bagi teman-teman yang mau bertanya atau diskusi, bisa komen di bawah artikel ini. Kalau sempat akan dibalas ya, jawabannya akan masuk ke email kalian kok. Pastikan kalian baca sampe beres dulu artikel ini sebelum bertanya.

Secara umum, jurusan Fisika Universitas Negeri Jakarta seperti apa?

Jurusan fisika itu termasuk luas, yang pertama kita pelajarin fisika klasik, mempelaajri bagaimana alat bekerja, contoh dalam sehari ini ada pesawat terbang, nah itu dipelajari oleh fisika klasik, semester selanjutnya ada magnet, listrik, kita mempelajari bidang secara khusus di fisika, ada yang namanya glombang, elektronika, dan bahkan ada mata kuliah pemrograman. 

Bagi kalian yang ingin mendapatkan info jurusan dan masuk perguruan tinggi follow Instagram @intipkuliah. Akan ada live lebih dari 60 jurusan per bulan. Klik Disini 

Apa yang jadi alasan masuk jurusan Fisika Universitas Negeri Jakarta?

Awalnya saya mengira jurusan fisika ini cuma belajar hitung-hitungan, ternyata tidak, kita mempelajari konsep alat bekerja, saya dikenalin sama guru SMA, setiap ngajar gimana cara ngitung, tapi lebih memahami konsep ilmu fisika, jadi membuat saya menarik, jadi ga cuma ngajarin ngitung aja.

promo-web

Apa mata kuliah dan tugas yang khas dari jurusan ini?

Ada di semester 3 namanya pemrograman komputer, itu lebih berkesan, karena saya belum punya basic untuk mengenal koding kaya gitu, dan itu membuat penasaran. Terus ada lagi mata kuliah berbagai praktikum, ada praktikum fisika dasar, praktikum fisika modern, itu asik banget, ga cuma cara mengolah data yang baik, tapi gimana caranya mengenal konsep itu lebih jauh, ga cuma kenal teori tapi ada praktiknya.

Adakah konsentrasi atau kelompok keahlian di jurusan ini?

Bisa di ambil semester 5-7, ada kelompok keahlian fisika komputasi, intrumentasi, material, teoritis, dan di Fisika UNJ rencananya akan diadakan fisika medis. Fisika komputasi lebih menjelaskan dasar mempelajari koding, instrumentasi gimana cara kita buat alat yang berhubungan dengan sehari-hari yang bisa membantu, material membangun macam bangunan, struktur bangunan, terus ada medis, ini masih rencana karena ada dosen yang kompeten di bidang itu, terus teoritis itu lebih tentang energi terbarukan, cara menemukan rumus. Aku sendiri rencana ngambil instrumen atau material, tapi mau konsultasi dulu dengan dosen akademik. 

Apa jalur masuk yang ada di jurusan kamu?

SNMPTN jalur raport, SBMPTN atau UTBK, dan mandiri bisa di akses di penmaba UNJ. Pertama masuk semster 1-2 belajar mengenai mata kuliah kaya di SMA, gaya, gerak, energi listrik. Semester 3 dan 4 itu lebih dalam, ada fokus semester sendiri, kaya gelombang, elektronika 1 dan 2 belajar dasar, semester 3 lebih menjurus lagi.

Ada tips buat mahasiswa baru Fisika Universitas Negeri Jakarta?

Tetap semanga, di jurusan ini gimana cara kita bisa bertahan, bertahan ini macam-macam, entah bertahan dari segala forsir tugas atau praktikum, karena praktikum lebih ngena, bisa mengolah data dan mengenal konsepnya.

Lihat vlog dari ratusan mahasiswa di seluruh Indonesia di Youtube Intip Kuliah. Klik Disini

Bagaimana prospek kerja dari alumni jurusan ini?

Ada di berbagai bidang penelitian di Indonesia, ada LIPI, LAPAN, atau di BATAN, tergantung bidang keahlian yang diambil apa.

Apa rencana dan harapan kamu setelah lulus?

Saya penegn banget lanjutin S2, tapi saya engga ingin membebankan orang tua. Jadi saya ingin mengajukan beberapa beasiswa sekarang masih cari info. Setelah lulus saya ingin jadi dosen, karena kayanya lebih asik mengajar mahasiswa itu dan lebih menantang.

Kode konten: C411

Jawaban dari penulis akan masuk email kamu.

Your email address will not be published. Required fields are marked *