Fisika, Universitas Padjadjaran

Fisika Unpad (Intan)

Fisika Unpad (Intan)

Halo intipers! Perkenalkan aku Intan Farwati A dari jurusan Fisika UNPAD. Yuk, simak beberapa informasi mengenai jurusan ini. Bagi teman-teman yang mau bertanya atau diskusi bisa komen di bawah artikel ini. Kalau sempat aku balas ya, jawabannya akan masuk ke email kalian kok, pastikan kalian baca sampe beres dulu artikel ini sebelum bertanya.

[Versi Video dari Artikel ini]

unisa

Apa aja yang dipelajari di jurusan fisika?

Jurusan fisika UNPAD lebih ke ilmu murni, lebih membahas eksperimen atau praktikum-praktikum.

Apa perbedaan jurusan fisika, pendidikan fisika, dan teknik fisika?

pmb2-min

Jika jurusan teknik itu lebih ke penerapan teorinya, sedangkan pendidikan lebih ke cara mendidik siswa untuk belajar fisika, untuk fisika lebih fokus ke teori dan ilmu murninya.

Tugas kuliahnya kayak gimana?

Tugas lebih ke tugas individu dan kelompok yang dikerjakan di kelas, juga presentasi. Namun, ketika kita masuk ke konsentrasinya, akan berbeda, misalnya, ketika masuk ke peminatan instrumentasi, di sana lebih banyak mengerjakan project,dan membuat alat.

Apa mata kuliah dan dosen favorit aku?

Secara subjektif, dosen favoritku adalah Pak Liu, beliau sangat keren, karena ketika mengajar, beliau tidak pernah membawa buku, tetapi setiap catatan mahasiswa yang diajar oleh beliau memiliki catatn yang sama, itu membuat saya berpikir bahwa ilmu yang beliau berikan sudah melekat di kepalanya, juga beliau sangat baik saat memberikan nilai kepada mahasiswanya. Mata kuliah favoritku yaitu mata kuliah yang menjurus ke peminatan instrumentasi, karena saya lebih suka membuat project, program, dan praktik.

Ada konsentrasi atau peminatan apa aja di jurusan ini?

Saat kurkulum 2015, ada 3 peminatan, yaitu:

  1. Instumentasi lebih ke membuat project
  2. Energy, mempelajari PLTU,
  3. Material, fokus pada bahan-bahan yang digunakan di fisika.

Apa tantangan terbesar kuliah di jurusan ini menurutku?

Banyak yang haus dikerjakan, baik tantangan atau tanggung jawab organisasi maupun kuliah. Tantangan terbesar aku sewaktu semester 4 dan 5, karena di sana sudah mulai banyak tuntutan dan harus mengimbangi antara kuliah dan organisasi.

Prospek kerja / alumni kerja dimana aja?

Jika peminatan instrumentasi, bisa sebagai programmer, bekerja di lembaga penelitian, atau PLTU.

Harapan aku setelah lulus

Ingin langsung kerja, namun, ketika ada suatu kesempatan yang baik, aku ingin melanjutkan studi di jurusan yang lebih menjurus dan yang aku minati.

Tips untuk masuk ke jurusan ini

Keinginan atau niat ingin berkuliah fisika, karena fisika itu tidak sesulit yang dipikirkan teman-teman. Juga, tidak hanya fisika dasar saja, namun juga saat sudah menjurus ke konsentrasi atau peminatan, kalian bisa menemukan ilmu yang menarik.

Kode Konten: Y117

Komen dibawah! 5

  1. Siti Nur Rohana

    Kak mau tanya,buat jurusan fisika ini nnti misal sudah lulus bisa langsung kerja gk kak terus kerja yang cocok buat jurusan fisika ini apa.
    Nah Kaka ini sudah lulus apa masih kuliah,klo udh lulus kakak kerja apa .terima kasih

    • intanfarwati

      Hai, banyak ya pilihan nya. Tergantung kamu minat di bidang apa. Karena kalo di fisika unpad sendiri ada 3 penjurusan umum; material, energi, dan instrumentasi, banyak alumni yang kerja di bidang tsb. Ada yang kerja di lab, sebagai kalibarator alat, staf R&D di produsen alat laboratorium, dsb.
      Kamu juga bisa kerja di quality control atau quality assurance. Kalo kamu suka di bidang instrumentasi, kamu bisa banget jadi programmer, data scientist, data analyst atau pekerjaan di bidang IT lainnya. Bisa juga ya di bidang pendidikan, seperti menjadi guru/pengajar.

  2. Kariani

    Kak izin tanya,
    Di jurusan fisika selain ilmu fisika itu sendiri yg dipelajari apakah banyak mata kuliah yg umum??

  3. Lita

    Kalau mata kuliah nya apa aja ka?

  4. Rofadan

    Prodi fisika unair telah mendapat akreditasi A oleh BAN-PT. Ingin kuliah prodi fisika di Unair? Wajib cek infonya disini https://www.unair.ac.id/site/article/read/46/s1-fisika.html

Jawaban dari penulis akan masuk email kamu.

Your email address will not be published. Required fields are marked *