Fisioterapi, Poltekkes Kemenkes Makassar

Fisioterapi Poltekkes Kemenkes Makassar (Andi)

Fisioterapi Poltekkes Kemenkes Makassar (Andi)

Halo sobat intipers! Aku Andi Lisa Valda dari Fisioterapi Poltekkes Kemenkes Makassar angkatan 2020. Kali ini aku ingin sharing pengalaman kuliah ku dan memperkenalkan jurusan/prodi yang aku ambil. Lanjut bacanya ya intipers. Bagi teman-teman yang mau bertanya atau diskusi, bisa komen di bawah artikel ini. Kalau sempat akan dibalas ya, jawabannya akan masuk ke email kalian kok. Pastikan kalian baca sampe beres dulu artikel ini sebelum bertanya.

Bagaimana gambaran umum program studi Fisioterapi Poltekkes Kemenkes Makassar?

Mungkn banyak yang belum tau jurusan fisioterapi ya. Jurusan fisioterapi adalah jurusan yang berfokus kepada layanan kesehatan yang berguna memulihkan dan memelihara fungsi gerak tubuh. Banyak juga yang bilang fisioterapi sama dengan tukang urut. Padahal jelas berbeda ya.

Bagi kalian yang ingin mendapatkan info live jurusan tiap minggu, TO Online, konsultasi jurusan, dan info seputar kuliah bisa gabung ke grup wa.

Apa alasan memilih jurusan Fisioterapi?

Alasan saya sebenarnya banyak, namun alasan utamanya waktu kelas 2 SMA saya berteman dengan seorang mahasiswi jurusan fisioterapi, lalu dia membuat story Whatsapp tentang seorang anak yang tidak bisa berjalan lalu dilakukan fisioterapi dan bisa berjalan, lalu saya tanya itu bagaimana. Ternyata itu namanya fisioterapi pediatri atau untuk anak-anak. Sehingga saya tertarik untuk kuliah dijurusan fisioterapi ini.

Apa mata kuliah dan tugas serta praktikum yang ada di Fisioterapi?

Mata kuliah yang paling khas mungkin anatomi ya. Kalau tugas khasnya paling banyak laporan, namun di kampus saya laporan itu bukan semacam karya tulis ilmiah. Namun kita disuruh membuat video praktik yang kemudian dijadikan laporan.

Apa saja konsentrasi dan keahlian di Fisioterapi Poltekkes Kemenkes Makassar?

Jurusan fisioterapi ini konsentrasinya banyak, ada pediatri yaitu fisioterapi untuk anak-anak, geriatri atau fisioterapi untuk lansia, muskulooskeletal tentang otot, tulang dan ligamen, lalu ada kardiorespirasi tentang jantung dan paru-paru. Lalu ada neuromuscular tentang saraf. Yang paling menarik ada fisioterapi sport contohnya pada pertandingan sepak bola pasti ada fisioterapisnya.

Klik Gambar Di Bawah Jika Tertarik Masuk Grup Whatsapp untuk info konsultasi jurusan, info TO online, live jurusan, dsb.

iklan-wa-min

Apa saja jalur masuk yang ada dijurusan ini?

Kalau jalur masuk di kampus saya ada 3, PMDP (jalur prestasi), jalur Simama (jalur tes) dan jalur Mandiri yang juga melalui tes. Peminatnya bisa dilihat diportal Poltekkes Kemenkes.

Adakah tips untuk mahasiswa baru?

Tips and trick untuk mahasiswa baru fisioterapi, yang paling penting kalian harus paham anatomi ya. Anatomi itu dipelajari disemester 1 tapi kepakenya sampe nanti lulus. Harus hafal tulang, saraf dan otot. Kalau bisa nih diulang-ulang hafalannya. Ketika kita mau melakukan terapi pada saat kerja nanti, anatomi ini sangat dibutuhkan.

Prospek kerja dan alumni jurusan Fisioterapi Poltekkes Kemenkes Makassar seperti apa?

Jurusan fisioterapi bisa dibilang masih kurang, bahkan ada beberapa rumah sakit yang belum ada fisioterapisnya. Prospek kerjanya luas. Kita bisa ke rumah sakit, klinik, bahkan jadi PNS, dosen juga bisa. Kalau kita udah punya STR dan surat izin praktik kita bisa buka klinik sendiri. Bisa juga di YPAC (Yayasan Pembinaan Anak Cacat).

Rencana dan harapan setelah lulus?

Harapan aku adalah bisa menjadi seorang fisioterapis yang bermanfaat dan kedepannya aku berencana mau membuka klinik sendiri karena aku kan D4+Profesi ya, setelah aku mendapatkan gelar dan menyelesaikan profesi nantinya maka akan bisa buka klinik fisioterapi sendiri.

 

Kode konten: C971

Jawaban dari penulis akan masuk email kamu.

Your email address will not be published.