Fisioterapi, Universitas Muhammadiyah

Fisioterapi UMS / Universitas Muhammadiyah Surakarta (Zulfa)

Fisioterapi UMS / Universitas Muhammadiyah Surakarta (Zulfa)

Halo intipers, perkenalkan saya Zulfa Nur Faizah, mahasiswi jurusan Fisioterapi UMS angkatan 2018. Disini saya ingin membagikan pengalaman kuliah yang telah saya lalui selama 4 semester di jurusan Fisioterapi. Yuk, simak pengalaman saya. Bagi teman-teman yang mau bertanya atau diskusi bisa komen di bawah artikel ini. Kalau sempat aku balas ya, jawabannya akan masuk ke email kalian kok, pastikan kalian baca sampe beres dulu artikel ini sebelum bertanya. Kalian juga bisa nonton versi videonya melalui link berikut. Klik Disini

Apa yang di pelajari di Fisioterapi UMS ?

Temen-temen pasti asing ya denger kata FISIOTERAPI, nah kita bedah bareng bareng. Fisioterapi adalah perawatan yang dapat mengembalikan fungsi dan gerak tubuh akibat dari luka, cacat atau hilang nya fungsional pada tubuh. Di Fisioterapi belajar seputar dengan anatomi dan fisiologi tubuh manusia dari mulai bayi, anak- anak, remaja, dewasa, lansia maupun ibu hamil.

Dari kalimat di atas ada kata-kata perawatan dan mengembalikan fungsi dan gerak tubuh. Seorang fisioterapi bisa melakukannya dengan cara pencegahan, promotive seperti promosi kesehatan, rehabilitatif atau mengembalikan fungsi tubuhnya kembali. Contohnya dalam permainan sepakbola, seorang pemain mengalami cidera pada pergelangan kakinya. Peran fisioterapi adalah mengambil tindakan agar pemain tidak mengalami sakit yang berkepanjangan. Contoh yang lainya pada lansia yang setelah stroke. Fisioterapi berperan untuk mengembalikan fungsi tubuhnya kembali dengan cara membantu lansia yang terkena struk itu seperti berjalan. Melakukan hal yang tadinya sulit digerakan sampai normal seperti biasa kembali.

[Tonton versi videonya di bawah ini. Klik tombol play]

fisioterapi ums

schooters

Apa bedanya dengan Dokter dan tukang pijet?

Tentu beda karena setiap jurusan atau profesi memiliki standar profesinya masing-masing. Cakupan seperti pelajaran mungkin ada beberapa yang sama. Seorang dokter medis yang secara hukum memenuhi syarat untuk mengeluarkan resep medis, sementara seorang fisioterapis tidak memiliki kalayakan ini. Fungsi utama dari serang dokter adalah meresepkan obat, fisioterapis cenderung menyediakan program pengobatan yang ditargetkan untuk mengembalikan kapasitas fungsional pasien. Namun, pada beberapa kasus rujukan seorang dokter diperlukan untuk dapat memanfaatkan jasa seorang fisioterapis. Mungkin bisa diartikan dengan dokter is safe live and fisioterapi is changes life.

Ada juga mitos mengatakan bahwa fisioterapi sama halnya dengan tukang pijet. Itu salah besar. Tukang pijet itu hanya memahami teknik memijat saja sedangkan fisioterapi cakupannya lebih luas lagi. Fisioterapi melakukan latihan pada cardiopulmonal yang mungkin tukang pijet tidak bisa melakukan itu pada pasiennya.

Mata Kuliah dan Dosen Favorit ?

Mata Kuliah yang diajarkan tentunya sangat banyak sekali. Seperti Anatomi manusia, Fisiologi manusia, Ilmu biomedik komprehensif, Assasment Diagnosis Fisioterapi 1&2, Terapi Latihan 1&2 dan masih banyak lagi. Favoritku adalah Anatomi dan Assasment Diagnosis Fisioterapi 1. Kenapa menarik? Karena membahas seputar struktur tubuh manusia, mulai dari otot, tulang, saraf sampai organ dalam. Ini perlu banget seorang fisioterapis mengetahui struktur anatomi pada manusia. Fisioterapis dituntut untuk paham baik dari segi bentuk, letak, sifat-sifat yang ada pada otot, tulang saraf dan organ tubuh. Mungkin terkesan banyak sekali dan banyak hafalan, namun jika kita paham Anatomi ini dijamin kalian akan lebih sayang sama tubuh kalian sendiri. Jika kita dapat kasus seperti bengkak pada bagian tangan, kita harus tau bengkak itu terdapat pada otot sebelah apa, nama ototnya itu apa agar kita dapat menentukan tindakan sesuai prosedur fisioterapi.

fisioterapi ums

Kegiatan praktek ini adalah tes motorik pada pasiean yang memiliki gangguan pada saraf khusus nya saraf-saraf penggerak

Mata kuliah yang kedua adalah Assasment Diagnosis Fisioterapi 1 (ASDF 1). Di mata kuliah ini dibagi menjadi 2 perkuliahan yaitu kuliah teori dan juga kuliah Praktikum. Kenapa menarik? Pada mata kuliah ini diajarkan bagaimana komunikasi yang baik dengan pasien. Mulai tanya jawab seputar nama, tempat tinggal sampai dengan sakit yang dirasakan. Di mata kuliah ini juga kita diajarkan bagaimana cara kita melakukan test vital sign seperti mengecek denyut nadi, cara menggunankan spigmomanometer (tensi), cek suhu dan cek pernafasan. Dosen favorit saya adalah pak Suryo dan pak Adnan. Cara penyampaian materi yang mereka sampaikan sangat mudah diterima dan dipahami dari mulai gaya bahasa, cara berbicaranya yang tidak ribet.

Konsentrasi di Fisioterapi UMS?

Ada beberapa konsentrasi di Fisioterapi UMS diantaranya adalah Akupuntur, SPA dan Fisioterapi stroke namun, konsentrasi tersebut hanya akan di dapatkan di semester 7. misalkan kita mengambil SPA nanti kita akan diajarkan seperti SPA yang baik itu seperti apa, arah massage pada SPA itu yang seperti apa saja dan lain lain, sama halnya jika kita mengambil akupuntur seperti cara menempatkan jarum akupuntur itu posisinya harus seperti apa, jenis-jenis jarum akupuntur dan lain lain, begitu juga dengan Fisioterapi Stroke bagaimana penangana kepada orang stroke, ptak bagian mana yang terkena stroke atau akan membahas lagi materi atau poin-poin lebih mendalam lagi tentang konsesntrasi yang diambil

Tips-tips untuk maba di jurusan Fisioterapi UMS

yang terpenting adalah kita harus mencintai jurusan yang kita ambil terlebih dahulu, juga jangan lupa untuk banyak membaca buku-buku pendukung lainnya, baik buku maupun ebook atau jurnal yang lainnya. Buku penunjang Fisioterapi rata-rata berbahasa inggris jadi diperlukan juga bagi adik-adik untuk mempelajari bahasa inggris, tips lainnya adalah sesering mungkin untuk melakukan diskusi dengan kaka tingkat ataupun teman angkatan, agar materi yang disampaikan dosen itu mudah di ingat, jangan lupa juga untuk mengamalkan ilmu yang kalian dapatkan misalkan sudah dapat menggunakan tensi, nah kalian bisa mengaplikasikannya sesering mungkin kepada teman kos, atau teman kuliah kalian. Jangan malas untuk bertanya karena ilmu Fisioterapi ini akan kalian terapkan kepasa manusi sungguhan, jika kita malas untuk bertanya dan saat menangani pasien kedepannya salah maka akan berakibat sangat fatal.

Ikuti organisasi/kegiatan

tips selanjutnya adalah ikuti organisasi/ kegiatan. ada banyak organisasi yang tawarkan universitas seperti BEM, UKM, HMP dll. ikuti kegiatan tersebut dan jangan takut keluar dari zona nyaman, dan jangan mau hanya menjadi mahasiswa kuliah kosan saja, karena pengalaman adalah nomor 1dan juga akan melatih soft skill kalian. tips selanjutnya adalah ikuti kegiatan yang menurut kamu kegiatan tersebut akan meningkatkan kemampuanmu, pilih sebanyak-banyak nya kegiatan untuk menyeleksi mana kegiatan yang sesuai dengan dirimu.

Prospek Kerja dan Alumni biasanya kerja dimana ?

di Indonesia fisioterapi sangat di butuhkan, perbandingan dengan dokter adalah 10:100.Banyak diantara alumni Fisioterapi lulusan UMS menjadi terapis Tim sepak bola, ada yang membuka klinik sendiri dan ada juga yang bekerja di rumah sakit dan menjadi Dosen. bagi kamu yang berminat membuka praktek sendiri harus kuliah lagi di profesi Fisioterapi 1.5 atau 2 tahun, juga jika ingin menjadi seorang dosen harus menempuh S2 terlebih dahulu.

Harapan dan Rencana setelah lulus

Rencana dan Harapan saya setelah lulus adalah melanjutkan ke profesi fisioterapi karena saya ingin membuka klinik fisioterapi secara mandiri dan juga ingin banyak membantu siapapun yang membutuhkan bantuan saya secara gratis, jadi pada intinya saya ingin ilmu saya dapat bermanfaat juga bagi orang lain. apapun yang kita perjuangkan entah karir, cita-cita , harta dan sebagainya orang lain harus merasakan manfaatnya. merujuk pada kalimat “ sebaik-baiknya manusia adalah yang paling bermanfaat bagi yang lainnya”.

Kode Konten: X153

Komen dibawah! 11

  1. Farhana R. Montanga

    Kak ujian tes masuk jurusan fisioterapi itu apa semua kak?

  2. Vicky Dhita Revi Saputri

    Apakah masuk jurusan fisioterapi harus pintar?
    Seperti pelajaran matematika,fisika dan kimia?
    Juga apa yang perlu disiapkan untuk tes masuk jurusan fisioterapi?

    • Zulfa

      Hai kak, hihi yang penting kaka mampu untuk belajar bersama mengenai anatomi manusia, gerak dasar dan lain lain. Untuk tes masuk itu bisa di persiapkan ya kak belajar matematika, fisika,kimia,biologi,tkpa, dan agama

  3. Salwa danella

    Kak apakah jurusan fisioterapikita harus bisa pelajaran matematika, fisika, kimia gtu juga gak kak?

    • Zulfa

      Untuk selama perkuliahan ada beberapa matakuliah yang sama seperti biologi, namun untuk matematika, fisika dan kimia tidak akan ketemu lagi kak hehe mungkin tidak banyak

  4. Vanessa Rahma Aulia

    Kak aku mau tanya, kira – kira kuliah fisioterapi itu susah ngga ya? Dan untuk buku – bukunya kira2 ada apa aja ya kak? Supaya saya bisa pelajarin dulu. Soalnya saya pengen masuk jurusan itu

    • Zulfa

      Halo kak,. Untuk di bilang susah mungkin tidak terlalu kak tergantung dari sepaham nya kita saja mengenai matakuliah, untuk buku di rekomendasikan bisa sobota, anatomi dasar dan fisiologi dasar merupakan buku pegangan awal kak semoga membantu

  5. ra

    apa aja yg harus dipelajari untuk persiapan tes masuknya ya kak?
    apa ada buku buku reomendasi untuk dibaca juga?
    mauu nyiapin hafalannyaa sksk

    • Zulfa

      untuk buku di rekomendasikan bisa sobota, anatomi dasar dan fisiologi dasar merupakan buku pegangan awal kak semoga membantu.
      Untuk tes masuk bisa belajar seperti TKPA, kimia, fisika, biologi,matematika, agama

  6. Salman Al-Farisi

    Kak mau tanya, kalo untuk anak IPS bisa tidak?,sama kalo bisa apa ada syarat tertentu?,untuk tes masuk , mapel kimia, fisilka, biologi, matematika, apakah semua Bab harus kita pelajari atau hanya Bab tertentu saja?, yang condong akan dipelajari di jurusan fisioterapi.
    Mengenai buku sabota, berarti yang sudah masuk jurusan fisioterapi harus punya semua?
    Maaf kak panjang 😄🙏🙏🙏

Jawaban dari penulis akan masuk email kamu.

Your email address will not be published. Required fields are marked *