Fisioterapi, Universitas Aisyiyah Yogyakarta

Fisioterapi Universitas Aisyiyah Yogyakarta (Luthfia)

Halo sobat intipers! Perkenalkan aku Luthfia dari Fisioterapi Universitas Aisyiyah Yogyakarta. Kali ini aku ingin sharing pengalaman kuliahku dan memperkenalkan jurusan/prodi yang aku ambil. Lanjut bacanya ya intipers. Bagi teman-teman yang mau bertanya atau berdiskusi, bisa komen di bawah artikel ini. Kalau sempat akan di balas ya, jawabannya akan masuk ke email kalian kok. Pastikan kalian baca sampe beres dulu artikel ini sebelum bertanya.

Secara umum, Fisioterapi Universitas Aisyiyah Yogyakarta seperti apa?                     

Sebelumnya aku ingin menceritakan terlebih dahulu mengenai anggapan masyarakat mengenai jurusan Fisoterapu ini, aku pernah denger ada masyarakat yang menganggap bahwa jurusan fisioterapi itu adalah sebuah treatment bukan profesi padahal menurut UU No. 36 Tahun 2014 tentang tenaga kesehatan Fisioterapi ini masuk dalam pengelompokkan nakes dalam tenaga keterapian fisik, kan disini kan baru tau kalau fisioterapi ini profesi. Jadi fisioterapi ini merupakan tenaga kesehatan professional yang mempunyai wewenang untuk merencanakan pencegahan, promosi kesehatan, mendiagnosis permasalahan pasien, terlibat dalam proses penyembuhan dan pemulihan pasien dan dalam pelayanannya fisioterapi ini cenderung ke perspektif gerak. Dan ada juga stigma yang menganggap bahwa fisioterapi ini sama dengan tukang pijat, jadi sebenarnya stigma ini tidak sepenuhnya salah karena treatment pijat ini merupakan salah satu bentuk intervensi dari fisioterapi, namun masas sendiri tidak merepresentasikan semua kegiatan dari fisioterapi saja.

Apa yang jadi alasan masuk jurusan Fisioterapi Universitas Aisyiyah Yogyakarta?

Dulu pas SMA aku diskusi dengan teman mengenai berbagai jurusan yang sekiranya itu punya prospek yang bagus gitu. Kemudian kami membuat list daftar jurusan belum banyak yang tahu namun prospek kerjanya bagus dan jurusan fisioterapi masuk menjadi salah satu pilihannya, namun dalam pemilihannya tidak semata-mata langsung memilih jurusan ini. Sebelumnya udah research mengenai mata kuliahnya, tugas-tugasnya, kemudian aku bertanya kepada kakakku yang merupakan tenaga kesehatan dan akhirnya beliau merekomendasikan jurusan fisioterapi untuk diambil

Apa mata kuliah dan tugas yang khas dari jurusan ini?

Klik Gambar Di Bawah Jika punya masalah pribadi atau masalah kuliah yang ingin dikonsultasikan bersama mahasiswa Akhir Psikologi

intipkuliahcivi-min

Untuk mata kuliah yang khas itu banyak, namun saat saya berkonsultasi dengan dosen matkul unggulan adalah yaitu muskoskaletal ini kami mempelajari tentang bagaimana fungsi dari tulang belakang, ligamen dan bagaimana sistem gerak. Dan muskoskaletal ini dibagi menjadi dua matkul ada muskoskaletal bedah dan juga muskoskaletal non bedah, dan untuk muskoskaletal bedah ini berhubungan dengan rehabilitasi pencegahan dan juga rehabilitasi sebelum dan sesudah operasi yang berperan sebelum operasi yaitu memberikan gambaran kepada pasien nanti setelah operasi harus melakukan pergerakan tubuh seperti apa agar mampu melakukan pre-memory dan juga membantu pasien untuk dapat melakukan aktivitasnya sehari-hari. Untuk modul dari muskoskaletal non bedah sama dengan bedah namun yang non operasi. Kemudian karena Sistem yang digunakan dalam jurusan ini yaitu sistem blok dimana sistem ini satu modul itu hanya diajarkan di blok ini saja, jadi di semester depannya tidak akan diajarkan. Jadi dalam satu semester akan di bagi menjadi 2 blok, dan tidak semua blok itu jumlah matkulnya sama kadang ada 2, 6 dan tergantung SKS nya. Dan contohnya yaitu di modul kardiovaskuler merupakan ilmu yang mempelajari tentang bagaimana jantung dan arteri itu mengalirkan darah menuju ke seluruh tubuh. Fisioterapi juga berperan dalam ilmu ini seperti asesmen seperti wawancara identitas dengan pasien, keluhan, pemeriksaan objektif tekanan darah, suhu dll. Kemudian fisioterapi memiliki wewenang untuk memberikan diagnosis dengan landasan anatomi yang tepat dan ini berbeda dengan anatomi saat masih SMA, istilah yang digunakan sudah berbeda. Kemudian di kardiovaskular fisioterapi itu berperan misalnya di rumah sakit ini berperan di ICU dan bisa melakukan penempatan posisi pasien pelatihan pernapasan, mobilisasi pada pasien.

Adakah konsentrasi atau kelompok keahlian di jurusan ini?

Fisioterapi ini ada konsentrasi atau keahlian tergantung minat dan bakat mahasiswanya pertama ada anak-anak bisa untuk teman-teman yang menyukai anak-anak mungkin di bidang ini akan muncul beberapa masalah seperti hambatan terhadap tumbuh kembang anak atau masalah anak lainnya fisioterapi masuk disitu. Kemudian ada lansia ini banyak masalah kesehatan yang muncul misalnya seperti hipertensi, stroke atau gangguan lansia lainnya. Ada juga keilmuwan tentang sport atau olahraga bisa membantu seorang atlet terhindar dari cedera jadi fisioterapi masuk di bidang tersebut. Ada juga bidang lain seperti K3 atau keselamatan kerja yaitu bisa menentukan atau mendesain kursi yang bisa nyaman digunakan oleh pekerja. Ada juga sistem saraf ada masalah tentang saraf seperti stroke atau ketidakmampuan otak kita bergerak dan ketidaksesuaian otak dengan tangan untuk bergerak.

Apa saja jalur masuk untuk jurusan ini?

Sebenarnya banyak jalur masuknya tadi saya menghitung ada empat jalur masuk jalur nilai rapot, UTBK, ijazah dan bisa langsung stalk instagram kami di @fisioterapiunisayogya.

Klik Gambar Di Bawah Jika Tertarik Masuk Grup Whatsapp untuk info konsultasi jurusan, info TO online, live jurusan, dsb.

iklan-wa-min

Bagi kalian yang ingin mendapatkan info live jurusan tiap minggu, TO Online, konsultasi jurusan, dan info seputar kuliah bisa gabung ke grup wa. Klik Disini

Ada tips buat mahasiswa baru jurusan ini?

Untuk tips sendiri sangat banyak, jadi ilmu fisioterapi sendiri tidak mudah jadi kita dituntut untuk meluangkan waktu dan juga usaha dan mahasiswa juga memiliki banyak kegiatan jadi kita ditantang untuk memanajemen waktu yang kita miliki. Misalnya ada salah satu matkul yang susah dipahami yaitu anatomi nah di sini kita dituntut untuk hapal dari ujung kepala sampai ujung kaki, kita dituntut untuk tidak hanya hapal saat praktikum saja tapi juga harus hapal sampai di luar kepala. Mental juga diperlukan ketika kita sudah merasa paham saat praktikum kita akan di uji face to face dengan dosen, solusinya yaitu bisa latihan berbicara di depan kaca. Kemudian ada juga sebelum kita belajar manajemen kita harus menumbuhkan rasa cinta dengan jurusan ini, jadi hal sesulit apapun bakal bisa dilewati. Untuk mahasiswa fisioterapi dituntut untuk keluar zona nyaman untuk mengikuti organisasi extra kampus untuk menambah relasi jadi saat kita sudah terjun ke lapangan kita sudah tidak kaget lagi. Selain itu kita juga perlu mencari relasi yang positif yang gak memandang rendah diri sendiri.

Bagaimana prospek kerja dari alumni jurusan ini?

Untuk prospek alumni itu sangat bagus, karena untuk fisioterapi itu memberikan manajemen yang berhubungan dengan permasalahan yang gak jauh-jauh dari diri kita. Sebelum terjun ke dunia profesi menurut UU pasal 21 menyebutkan bahwa mahasiswa kesehatan di akhir profesi akan melalui uji kompetensi yang akan mendapatkan surat tanda registrasi setelah itu bisa bekerja di rumah sakit atau ingin membuka praktek bisa mengajukan surat izin praktek. Fisioterapi ini mempunyai prospek di bidang industri dan perusahaan yaitu di bidang kesehatan kerja atau K3. Bisa di pendidikan atau baby spa dan juga bisa melakukan home visit.

Apa rencana dan harapan kamu setelah lulus?

Rencana dan harapan yang akan saya lakukan yaitu ada 2 plan. Untuk s1 fisioterapi itu kebanyakan teori saya ingin melanjutkan ke profesi selama satu tahun. Disini saya akan merasakan terjun langsung ke rumah sakit. Saya berencana mengambil beasiswa ke luar negeri jika hal itu kurang mulus saya akan melakukan home visit terlebih dahulu.

Kode konten: C917

Jawaban dari penulis akan masuk email kamu.

Your email address will not be published.

Lost your password? Please enter your email address. You will receive mail with link to set new password.