Fisioterapi

Fisioterapi Universitas Hasanuddin (Dian)

Fisioterapi Universitas Hasanuddin (Dian)

Hai sobat Intipers, sebelumnya kita kenalan dulu yah, sebagaimana kata pepatah tak kenal maka tak sayang. Perkenalkan saya Dian Sukma Putri, mahasiswa jurusan Fisioterapi Universitas Hasanuddin Angkatan 2017. Jadi di sini saya akan berbagi pengalaman saya selama hampir 3 tahun kuliah di jurusan Fisioterapi. Yuk intip cerita saya. Bagi teman-teman yang mau bertanya atau diskusi bisa komen di bawah artikel ini. Kalau sempat saya balas ya, jawabannya akan masuk ke email kalian kok, pastikan kalian baca sampe beres dulu artikel ini sebelum bertanya.

Seperti apa sih jurusan Fisioterapi Universitas Hasanuddin itu?

Buat teman-teman yang non medis, mungkin kurang familiar dengan tenaga medis yang satu ini. Berbeda dengan dokter dan perawat, profesi ini masih kurang diketahui oleh masyarakat. Fisioterapi merupakan profesi kesehatan yang memberikan pelayanan baik untuk individu maupun kelompok berkaitan dengan gerak dan gangguan gerak tubuh. Oleh karena itu, di Fisioterapi kita akan belajar mengenai fungsi gerak tubuh manusia, kasus-kasus gangguan gerak yang sering terjadi hingga penanganan fisioterapi yang dapat diberikan. Intervensi/penanganan fisioterapi yang dapat diberikan berupa manual terapi, latihan-latihan fisik, dan penggunaan alat-alat elektroterapi. Fisioterapi juga digunakan untuk meningkatkan daya hidup pasien dengan melakukan pemeriksaan, diagnosis, dan prognosis.

Profesi sebagai fisioterapis seringkali di anggap sebagai tukang urut, tukang pijat, dan sebagainya. Namun, kedua profesi ini jelas berbeda. Fisioterapis adalah seseorang yang telah menempuh Pendidikan formal fisioterapi dan diberikan kewenangan tertulis untuk melakukan tindakan fisioterapi. Tindakan fisioterapi yang dilakukan pun berdasarkan evidence based keilmuan dan kompetensi fisioterapi. Nah, sekarang jelas kan fisioterapis itu bukan tukang pijat ataupun tukang urut.

Slide5

Mata kuliah apa saja yang ada di Fisioterapi Universitas Hasanuddin?

Ada banyak mata kuliah yang akan di pelajari di jurusan fisioterapi ini, selain mata kuliah khusus fisioterapi ada juga mata kuliah penunjang seperti Sosiologi dan Antropologi Kesehatan, Patologi Klinik, Radiologi, Farmakologi, Epidemiologi Kesehatan dan Psikologi Kesehatan. Sedangkan, untuk mata kuliah khusus diantaranya ada mata kuliah Pengantar Fisioterapi, Biomedik, Terapi Latihan, Biomekanik, Sumber Fisis dan Elektroterapi, Manajemen Fisioterapi Muskuloskeletal, Manajemen Fisioterapi Neuropsikiatri, Manaj FT Pediatri, Manaj FT Geriatri, Manaj. FT Kardiovaskulopulmonal, Manaj FT Sport dan Kebugaran, Manaj FT Kesehatan Wanita, Manajemen FT Interna, Manaj FT  Disaster, Ergonomi, dan Manajemen Pelayanan Fisioterapi.

Menurut saya, mata kuliah yang cukup mengesankan adalah  Manajemen Fisioterapi Pediatri. Pada mata kuliah ini kita akan mempelajari gangguan tumbuh kembang pada anak serta tindakan fisioterapinya. Untuk mata kuliah ini kami diberikan tugas observasi langsung ke Yayasan Pembinaan Anak Cacat (YPAC). Di sana kami berkesempatan untuk melihat  langsung kondisi anak penderita disabilitas serta beberapa tindakan fisioterapi yang diberikan oleh fisioterapisnya. Pengalaman yang menyenangkan untuk terjun langsung melihat lapangan kerja fisioterapi. Selain itu, menurut saya mata kuliah Ergonomi juga cukup menarik. Ergonomi adalah  cabang ilmu yang mempelajari interaksi antara manusia dengan lingkungan kerjanya, dimana dalam penerapan ergonomi diharapkan dapat meningkatkan efisiensi kerja dan produktivitas  pekerja, serta untuk mengurangi kecelakaan kerja. Pengalaman yang mengesankan untuk tugas akhir dari mata kuliah ini yaitu membuat  video analisis ergonomi pada pekerja. Jadi kami harus mencari pekerja yang bersedia untuk kami videokan serta kami memperagakan beberapa posisi-posisi pekerja untuk kemudian dianalisis resiko cederanya.

Tips-tips untuk mahasiswa baru di jurusan Fisioterapi Unhas

Tips untuk mahasiswa baru khususnya jurusan Fisioterapi Unhas. Karena ini merupakan ilmu terapan, selain memahami teori selama perkuliahan kalian jangan pernah lelah untuk mempraktikkan kembali ilmu yang telah dipalajari di dalam kelas. Belajar di fisioterapi menyenangkan, sedikit-sedikit ilmu bisa diterapkan langsung kepada orang-orang terdekat. Kalian bisa memberikan edukasi mengenai latihan-latihan fisik yang dapat dilakukan sendiri oleh pasien di rumah. Kalian jangan malu untuk bertanya dan belajar dari senior-senior yang lebih berpengalaman terkait pelajaran yang kurang jelas jika di luar kelas, tentunya dengan tetap menjaga sopan santun dalam berkomunikasi. Selagi mahasiswa baru, untuk menambah relasi dan teman-teman baru, saya sarankan agar sering-sering mengikuti seminar-seminar yang diadakan oleh kampus. Khusus di bidang fisioterapi untuk menambah ilmu pengetahuan ada banyak seminar, workshop dan pelatihan yang dapat kalian ikuti.

Selain meningkatkan pengetahuan di bidang akademik, kalian bisa mengasah soft skill dengan mengikuti kegiatan-kegiatan kemahasiswaan dari tingkat jurusan, BEM Fakultas, BEM Universitas, maupun UKM-UKM yang sesuai dengan peminatan kalian. Di jurusan Fisioterapi Unhas kalian diwadahi untuk meningkatkan soft skill dengan mengikuti kegiatan-kegiatan kemahasiswaan. Ada beberapa Lembaga kemahasiswaan yang bergerak di jurusan Fisioterapi Unhas ini. Diantaranya ada HJM, yang dikenal dengan nama Himpunan Mahasiswa Fisioterapi Fakultas Keperawatan Universitas Hasanuddin (Himafisio F.Kep-UH), Tim Bantuan Fisioterapi (TBF) Sternum Himafisio F.Kep-UH, Physiotherapy Scientific Forum (Pisiform) Himafisio F.Kep-UH.

Untuk kalian yang berminat di bidang fisioterapi olahraga dan kegawatdaruratan bencana kalian bisa bergabung di TBF Sternum. Sedangkan, kalian yang memiliki ketertarikan di bidang kepenulisan ilmiah bisa bergabung di Pisiform. Sedikit bercerita tentang pengalaman saya mengikuti kegiatan kemahasiswaan di Fisioterapi, selain kesempatan untuk berpartisipasi dalam beberapa kepanitiaan di kegiatan himpunan, kita juga dapat mengikuti kegiatan Bakti Sosial yang sangat mengesankan karena bisa terjun langsung untuk melakukan pengabdian masyarakat. Dengan bergabung menjadi Tim Bantuan Fisioterapi Sternum, saya berkesempatan untuk menjadi anggota Tim Medis dalam beberapa event olahraga yang mengajukan kerja sama dengan kami.

Seperti apa prospek kerja dan biasanya alumni Fisioterapi bisa kerja dimana aja sih?

Kalian tidak perlu khawatir, prospek kerja lulusan Fisioterapi sangat terbuka lebar baik di klinik maupun rumah sakit yang memberikan layanan fisioterapi serta instansi kesehatan lain. Seorang fisioterapis dapat bekerja di klinik khusus fisioterapi maupun klinik lain yang menyediakan pelayanan fisioterapi. Di rumah sakit-rumah sakit sangat membutuhkan tenaga fisioterapis, bahkan di beberapa rumah sakit umum daerah masih sangat kekurangan tenaga ahli fisioterapi.

Lulusan fisioterapi juga dapat bekerja sebagai fisioterapis tim sepak bola atau menjadi konsultan di pusat kebugaran, spa, dan lain-lain. Selain itu, lulusan fisioterapi juga dapat memberikan layanan fisioterapi dengan mengunjungi rumah pasien atau dikenal dengan home visit. Sebagaimana jurusan yang lain, lulusan fisioterapi dapat melanjutkan pendidikan untuk kemudian menjadi tenaga pendidik di perguruan tinggi,

Rencana dan harapan setelah lulus

Rencana saya setelah lulus ingin melanjutkan pendidikan profesi untuk mendapatkan legalitas dalam melakukan pelayanan fisioterapi. Semoga Fisioterapi Unhas senantiasa melahirkan lulusan-lulusan terbaik dan berkompeten yang dapat memberikan kontribusi nyata untuk kemajuan bangsa, khususnya di bidang kesehatan. Harapan saya untuk program studi Fisioterapi Unhas agar semakin meningkat dalam hal proses belajar mengajar dan sarana serta prasarana dalam rangka menunjang penerimaan ilmu pengetahuan maupun praktik clinical skill lab. Semoga Fisioterapi Unhas dapat terus mengikuti perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi sehingga terwujud program studi Fisioterapi yang berstandar Internasional.

Kode Konten: X177

Komen dibawah! 34

  1. Andi Helma

    Assalamualaikum ka
    Saya mau tanya kak, apa saja syarat-syarat untuk masuk jurusan fisioterapi Kak Dian?

    • Dian Sukma Putri

      Waalaikumussalam, untuk syarat khusus mungkin tdk ada yah. Namun, seperti yg sudah saya sebutkan di artikel, fisioterapi merupakan ilmu kesehatan yang mengharuskan intervensi langsung/kontak langsung dengan pasien jadi harus rajin berlatih dan mempraktikkan ilmu yang di dapatkan selama perkuliahan.

  2. Nabila Shasha Fadila

    Assalamualaikum kak
    Saya mau nanya,awal mulanya kakak kepikiran buat ambil jurusan fisioterapi karena apa kak?

    • Dian Sukma Putri

      Awalnya sih tau Fisioterapi itu karena ada senior yg lulus snmptn di Fisioterapi unhas, karena penasaran akhirnya searching dan rasanya tertarik. Dan memang dari kecil udah cita-cita mau kuliah kesehatan.
      Jadilah pas daftar snmptn pilihan pertama ambil Fisioterapi alhamdulillah lolos

  3. kiran

    apakah ada program ekstensinya? karena saya sudah berkeluarga sehingga tidak bisa mengikuti pendidikan jadwal reguler pagi..

  4. Mawadda

    Jumlah matkul persemester itu berapa ya kak? Trus kan kaka ikut organisasi, apa nggak keganggu tuh kuliahnya?

    • Dian Sukma Putri

      Jumlah matkul per semester sekitar 5-7 matkul. Yah memang jadwal kuliah agak padat sih, tapi pintar2 aja buat atur waktu dan prioritas soalnya organisasi juga penting buat mengasah softskill yang gak didapat di kelas.

  5. seha qodriyah

    kak kalo program profesi fisioterapi berapa semester?

  6. Chacha

    Kak, berapa kira2 passing grade untuk tembus ke jurusan fisioterapi unhas?

  7. fiittt

    Kak, tadi barusan buka web unhas, bedanya fisioterapi di fakultas kedokteran sama fisioterapi di fakultas keperawatan apa ya?

    • Dian Sukma Putri

      Sebenarnya sama, awalnya prodi Fisioterapi ini memang dibawah naungan Fakultas Kedokteran. Sejak tahun 2017 kemarin prodi fisioterapi dan ilmu keperawatan yg juga sebelumnya berada di fakultas kedokteran kemudian resmi memisahkan diri dan membentuk fakultas baru dengan nama Fakultas Keperawatan.

  8. Raka_1196

    Kak, apa ada program lanjutan alih jenjang dari d3 ke s1+profesi (langsung sepaket)?
    Mohon infonya ya kak.. 😊

    • Dian Sukma Putri

      Ada kak, di prodi Fisioterapi Unhas menerima mahasiswa alih jenjang dari diploma ke S1. Tapi saya kurang tahu syarat dan ketentuannya kak. Mungkin di beberapa kampus yang memiliki jurusan S1 fisioterapi juga menerima mahasiswa alih jenjang.

  9. Andi Hasan

    Apakah di UNHAS sudah ada S1 Profesi Fisioterapi

  10. Siti Adawiyah

    Di unhas sudah s1 lngsung kan kak fisioterapinya? Sudah bisa ambil di snmptn kan kak brrti? Di bawah kedokteran kan kak?

    • Dian Sukma Putri

      Iya kak sudah langsung S1 dan bisa dipilih untuk jalur SNMPTN, di tahun 2017 kemarin prodi Fisioterapi resmi memisahkan diri fakultas kedokteran dan membentuk fakultas baru bersama prodi keperawatan dengan nama fakultas keperawatan

  11. Rusna

    Kakak lolos sn di jurusan ini pke sertifikat sama nilai raport tinggi yah kak

  12. Imaaa

    Kak apkah sudah sepaket jurusan fisioterapi+profesi? Jdi kuliahnya 5,5 tahun? Lgsung disambung kak itu profesi nya atau lulus Sarjana S1 fisip baru bisa ambil program profesi?? mohon Jawabannya kak

  13. Ucaaa

    Kak sekolahku gk punya alumni di jurusan fisio, apkh sya msih punya peluang di sn untuk lulus di jurusan itu?

  14. Jessika Mawarani

    Kak, senior saya belum ada yang lolos di Fisioterapi, apakah saya memiliki peluang kak?

  15. belyaa

    kak saya belum punya alumni di fisioterapi unhas bagaimana peluang lolos nya kak ,berapa rata” nilai sn lolos di fisioterapi unhas kak?

    • Dian Sukma Putri

      Semua punya peluang yang sama, untuk rata-rata nilai saya kurang tahu mungkin juga tergantung dari nilai orang-orang yg mendaftar dan kemudian akan diurut berdasarkan nilai tertinggi untuk jalur SN

  16. Ishela

    Kak bisa ga fisioterapis s1 jalur sbmptn?

  17. Dea

    Kak, apakah di unhas ada jurusan spesialisasi kedokteran Fisik dan Rehabilitasi Medik (S2 Kedokteran)? Terima kasih kak

  18. Dea

    Terima kasih atas infonya Kak, soalnya saya buka website unhas ga ada di daftar spesialisasi yg tersedia di unhas

Jawaban dari penulis akan masuk email kamu.

Your email address will not be published. Required fields are marked *