Fisioterapi, Universitas Muhammadiyah Malang

Fisioterapi Universitas Muhammadiyah Malang (Audi)

Fisioterapi Universitas Muhammadiyah Malang (Audi)

Halo sobat intipers! Aku Kurniawati Putri Al Saudi dari Fisioterapi Universitas Muhammadiyah Malang angkatan 2019. Kali ini aku ingin sharing pengalaman kuliah ku dan memperkenalkan jurusan/prodi yang aku ambil. Lanjut bacanya ya intipers. Bagi teman-teman yang mau bertanya atau diskusi, bisa komen di bawah artikel ini. Kalau sempat akan dibalas ya, jawabannya akan masuk ke email kalian kok. Pastikan kalian baca sampe beres dulu artikel ini sebelum bertanya.

Bagaimana gambaran umum program studi Fisioterapi Universitas Muhammadiyah Malang?

Fisioterapi itu jurusan kesehatan dan bagian dari ilmu kedokteran. Aku ingin mematahkan stigma  bahwa fisioterapi ini bukan tukang pijat ya.

Bagi kalian yang ingin mendapatkan info live jurusan tiap minggu, TO Online, konsultasi jurusan, dan info seputar kuliah bisa gabung ke grup wa.

Apa alasan memilih jurusan Fisioterapi?

Banyak banget yang belum tahu kalau Fisioterapi itu peluangnya besar. Peluang kerja Fisioterapi sangat banyak dan ilmunya juga masih langka.

Apa mata kuliah dan tugas serta praktikum yang ada di Fisioterapi?

Ada banyak, ada manual therapy, ada muskoskeletal dan neurologi serta anatomi. Di anatomi, kita memegang cadaver dan kita harus tau betul bagaimana sistem tubuhnya, ligament dan ototnya sebelum kita melakukan Tindakan atau pengobatan. Praktikumnya dilaksanakan langsung di klinik mandiri fisioterapi, rumah sakit, pusat fisioterapi maupun pusat kebugaran.

Apa saja konsentrasi dan keahlian di Fisioterapi Universitas Muhammadiyah Malang?

Ada konsentrasi pediatri yang fokus ke masalah anak-anak seperti ADHD dan autism, lalu ada geriatric atau fisioterapi untuk orang tua, ada keswan atau kesehatan wanita. Misalnya wanita dengan gangguan nyeri haid bisa dibantu dengan fisioterapi, lalu keluhan kehamilan dan operasi caesar juga.

Klik Gambar Di Bawah Jika Tertarik Masuk Grup Whatsapp untuk info konsultasi jurusan, info TO online, live jurusan, dsb.

iklan-wa-min

Apa saja jalur masuk yang ada dijurusan ini?

Jalur masuk UMM itu ada 2, prestasi dan reguler. Kalau jalur prestasi ada prestasi akademik dan non-akademik. Jalur reguler itu jalur tes dan wawancara. Sekarang juga ada jalur influencer loh.

Adakah tips untuk mahasiswa baru?

Buat adik-adik, kalian wajib tau anatomi tubuh manusia, mekanisme tubuh, pengendalian tubuh, reaksi tubuh supaya kita bisa menangani pasien. Jangan lupa atur jadwal dan tidur teratur supaya konsentrasi kita ngga kurang ketika berkegiatan.

Prospek kerja dan alumni jurusan Fisioterapi Universitas Muhammadiyah Malang seperti apa?

Fisioterapi bisa jadi dosen kesehatan, kemudian jadi peneliti dan yang paling banyak itu kerja dirumah sakit. Lalu bisa juga buka klinik mandiri ataupun di pusat kebugaran.

Rencana dan harapan setelah lulus?

Harapan aku sih semoga penerus fisioterapi bisa ngerti bahwa fisioterapi punya peran penting dalam kesehatan. Gamungkin seseorang gapernah terluka dan ga membutuhkan pengobatan.

Q&A

  1. Ada jurusan khusus akupunktur ga kak?

Tentunya ada. Khususnya untuk geriatric atau pengobatan untuk orang tua, misalnya saraf terjepit dan harus diperbaiki maka bisa menggunakan akupunktur.

  1. Apakah semester 1 langsung praktik menangani pasien secara langsung?

Tidak. Disemester yang lebih tinggi ketika kita preklinik baru kita praktik langsung kepasien. Kalau semester 1 kita menggunakan mayat atau cadaver.

  1. Bagian pengenalan alat ada disemester berapa?

Jadi pengenalan alat itu ada disemester 3.

Kode konten: C961

Jawaban dari penulis akan masuk email kamu.

Your email address will not be published.