Tips

Frugal Living, Cara Cermat Mecapai Financial Freedom

Frugal Living, Cara Cermat Mecapai Financial Freedom

Untuk mencapai financial freedom, mulai hidup hemat untuk kebutuhan sehari hari, dengan konsep frugal living cara tepat untuk berhemat.

Frugal living adalah gaya hidup hemat dengan berbagai macam cara untuk bisa menabung lebih di setiap penghasilan demi mencapai tujuannya. Apakah Terus menerus menabung tanpa tujuan sampai ahir hayat ? tentu saja tidak,  biasanya tujuan ahir adalah kebebasan finansial atau finansial freedom. Kebebasan finansial tidak perlu menunggu sampai tua banget, namun dengan gaya hidup furgal living salah satu cara bisa mempercepat mendapatkan kebebasan finansial.

Mencapai kebebasan finansial yang paling umum mengunakan itung – itungan 4% rule. Yaitu Ketika kita bisa mengumpulkan sejumlah uang berdasarkan hitungan 4% rule. Cara menghitung 4% rule bisa di akses 4% rule

CARA MEMULAI FRUGAL LIVING

Mindset

Kita dalam keseharian seorang pekerja menukarkan uang dengan waktu yang tidak bisa kembali. Kita sering berbelanja dengan mengunakan emosi atau nafsu. Bila ada sale langusung membelinya tanpa befirik dua kali atau mempertimbangkan nya dengan atas nama self love. Jangan lupa kita beerja menukarkan uang dengan waktu, memang berapa jam waktu kita habiskan untuk mendapatkan baju, tas, mainan, atau gadget ? misalkan 5 juta harga gadget, jangan lupa kita harus bekerja menukarkan waktu 1 bulan penuh unutuk mendapatkan gadget. Berapa jam hidup kita tidak akan kembali ? di tukarkan dengan gadget.  dengan catatan penghasilan kita 5 juta per bulan. Apa itu wort it ?  kita punya jawabannya masing – masing. Mindset ini kita refleksikan lagi bila kita mencari uang dengan menukarkan waktu kita.

Budgeting

Setelah kita berbenah dengan mindset, selanjutnya benahi keuangan. Budgeting adalah awal untuk mengetahui kesehatan keuangan kita. Mengunakan budgeting beberapa bulan kedepan kita akan mengetahui tingkat kesehatan keuangannya. Dengan keuangan yang buruk kita akan tahu dimana tikangkat keborosannya. Misalnya terlalu sering jajan di luar atau jarang masak di rumah menjadi boros, atau sering belanja barang – barang di e commerce namun sebenarnya tidak terpakai atau mubajir.

intipkuliah-web1

Gimana kalau tidak ada yang bisa di investasikan ? maka frugal living berfokus ke cara bertahan mengelola uang yang masuk, tidak ke menyerang atau menambah pendapatan. Untuk menambah pendapatan bisa dengan promosi jabatan, atau side job seperti reseller hijab, bisnis online. tujuannya adalah ada margin uang yang bisa di investasikan.

tips frugal living

Bagi mahasiswa cari beasiswa

Hidup frugal living adalah menekan pengeluran supaya bisa di investasikan. Bagi mahasiswa maka dengan mendapatkan beasiswa bisa jalan salah satu cara menekan pegeluaran. Untuk mendapatkan beasiswa kita bisa tahu tips nya di sini

Belajar Investasi

Bila ada uang yang bisa di investasikan maka belajar investasi. Memahami intrumen investasi dengan mulai yang sederhana misakan, membeli emas, menabung di deposito, memahami reksadana pasar uang hingga memahami reksadana indeks saham. Pemahaman investasi ini mesti dapatkan sendiri dengan belajar dari teman, trial and error, buku atau dari sisi juga. Frugal living bukan di artikan dengan pelit. Memang ada biaya di hemat seperti pengeluaran makan, biaya hidup namun frugal living juga ada area yang pengeluaran yang besar seperti upgrade gadget, baju atau sepatu yang pertimbangkan dengan kualitasnya. Frugal living adalah gaya hidup cermat memahami apa yang penting untuk jangka panjang. Jadi tidak akan termakan kata orang atau iklan.

Menjalankannya dengan Iklas

Menjalankan frugal living dengan sadar dan iklas membuat kita tidak terbebani. Menjalankanya dengan sadar sepenuhnya, maka perlunya mindset terlebih dahulu di pahami dan sesuai dengan tujuan hidup masing – masing. Tidak ada salahnya untuk di coba gaya hidup furgal living. Siapa tahu dengan hidup frugal living ada manfaat nya bagi belum pernah mencoba.

Demikinanlah cara hidup frugal living dengan penjabaran di atas bertujuan kebebasan finansial atau financial freedom. Semoga kita lebih mengenal frugal living dan lebih mengetahui cara mencapai kebebasan fiansial.

Jawaban dari penulis akan masuk email kamu.

Your email address will not be published.