Tips

Mahasiswa Harus Tau Sebelum Lulus, Simak Ini 5 Fungsi LinkedIn!

Mahasiswa Harus Tau Sebelum Lulus, Simak Ini 5 Fungsi LinkedIn!

Mahasiswa Harus Tau Sebelum Lulus, Simak Ini 5 Fungsi LinkedIn!

fungsi linkedin

Sebelum lulus kuliah, pastikan kamu sudah memiliki akun LinkedIn. Akan banyak manfaat yang membawa Intipers lebih mudah mendapat panggilan kerja melalui LinkedIn. Nah, simak fungsi LinkedIn di bawah ini yang penting untuk kamu ketahui sebagai mahasiswa sebelum lulus.

Deskripsi Singkat LinkedIn

Salah satu sosial media yang tepat untuk memperluas koneksi adalah LinkedIn. LinkedIn merupakan jaringan profesional terbesar dunia di internet. Intipers bisa menemukan pekerjaan tetap, magang, course, mengasah skill, workshop, hingga membangun hubungan profesional dengan pengguna LinkedIn lainnya.
LinkedIn sendiri bisa Intipers akses melalui web, aplikasi seluler, dan desktop. Jika Intipers tidak mendownload aplikasi LinkedIn dalam ponsel, maka masih bisa mengaksesnya melalui web. Fiturnya pun tidak berubah.
Intipers juga dapat membagikan cerita profesional dalam profil LinkedIn yang membuat peluang untuk dilirik oleh para recruiter. Contohnya seperti membagikan tulisan tentang pengalaman bekerja, menuliskan terkait keterampilan yang dimiliki oleh Intipers, bisa juga tentang pendidikan yang sedang atau berhasil ditempuh.
Mengapa mahasiswa harus memiliki LinkedIn sebelum lulus? Untuk membangun personal branding. Profil LinkedIn yaitu ibarat CV online, yang dapat dilihat oleh siapa saja termasuk para recruiter. Maka, Intipers bisa memanfaatkan LinkedIn sebagai platform membangun personal branding.
Masih banyak lagi kegunaan dari LinkedIn, untuk selengkapnya baca fungsi LinkedIn setelah ini.

Fungsi LinkedIn

1. Meningkatkan potensi dilirik recruiter

Klik Gambar Di Bawah Jika punya masalah pribadi atau masalah kuliah yang ingin dikonsultasikan bersama mahasiswa Akhir Psikologi

intipkuliahcivi-min

Dilansir dari kompas.com, sudah sebanyak 93% HRD perusahaan melakukan riset terkait kandidat pekerja melalui LinkedIn. Maka dari itu pastikan Intipers memberikan kesan baik dalam setiap postingan LinkedIn, membuat LinkedIn seperti CV online yang dapat dilirik oleh para recruiter.

Melalui LinkedIn, Intipers bisa membangun kepercayaan dengan orang lain yang sedang mencari pekerja. Sehingga mereka bisa melihat keahlian kalian, rekomendasi yang berhubungan profesional dengan kalian.

Bagun personal branding yang jelas supaya memudahkan untuk mendapat pekerjaan yang sesuai dengan passion. Contohnya, Intipers senang dalam dunia tulis menulis, maka bangunlah personal branding sebagai content writer. Sehingga recruiter pun bisa memberikan posisi content writer juga kepada kalian.

Klik Gambar Di Bawah Jika Tertarik Masuk Grup Whatsapp untuk info konsultasi jurusan, info TO online, live jurusan, dsb.

iklan-wa-min

2. Meluaskan Koneksi dan Relasi

Sering dengar istilah orang dalam? Ya, salah satu untuk mendapat orang dalam tersebut bisa melalui perluas koneksi dan relasi. Dengan memiliki relasi yang baik, apalagi jika Intipers bisa memiliki relasi dengan HRD dari perusahaan yang kalian targetkan, maka boleh jadi mempermudah untuk masuk ke dalam lingkaran perusahaan tersebut. Tentu skill juga perlu diperhatikan.

3. Menunjukkan Keahlian

LinkedIn menyediakan fitur posting yang dapat berisikan foto, video, tag perusahaan, membuat artikel. Intipers bisa memulai dari mengunggah postingan yang menceritakan tentang kegiatan kampus seperti program kerja BEM dan posisi kalian dalam BEM. Atau jika mengikuti organisasi lain, mengikuti magang, hingga course skill juga bisa kalian unggah dalam postingan yang menunjukkan kalian aktif dan terus bertumbuh. Keahlian dapat terlihat oleh para recruiter. Seperti bagaimana Intipers menyusun kalimat dalam postingan, kemudian membalas komentar. Keahlian komunikasi bisa dinilai dari hal-hal seperti itu.

Jika Intipers senang menggambar atau anak DKIV, bisa memposting hasil karyanya sehingga para recruiter yang mencara seorang design graphic, atau illustrator bisa menghubungi kalian jika tertarik.

4. Mendapatkan Informasi Pekerjaan

Ketika Intipers meluaskan relasi, membangun koneksi dengan banyak orang di LinkedIn bisa lebih mudah mendapat informasi pekerjaan. Mulai dari mereka yang membuat postingan membuka lowongan pekerjaan, mereka yang menyukai postingan mengenai lowongan pekerjaan, hingga biasanya muncul dalam feed apabila hal tersebut menjadi perhatian kalian yang sering mencari pekerjaan serupa.

Saat awal membuat profil LinkedIn, ada kolom untuk mengisi pekerjaan apa yang diminati. Setelah itu, seringkali masuk ke dalam notifikasi profil kalian apabila ada lowongan pekerjaan yang terbuka dari hal serupa.

5. Bergabung Dalam Komunitas

Selain untuk mencari pekerjaan, Intipers dapat bergabung dalam komunitas. Banyak sekali komunitas yang dibangun dalam LinkedIn. Carilah yang sekiranya kalian tertarik dengan hal terkait. Sehingga bisa menambah skill, relasi, dan pengalaman baru dalam komunitas tersebut.

Tips Optimalisasi LinkedIn

Tidak hanya fokus melihat fungsi LinkedIn, namun jangan lupakan bagian terpenting untuk mendapatkan manfaat-manfaat dari LinkedIn. Yaitu melakukan optimalisasi profil. Sehingga para recruiter, orang yang ingin memiliki koneksi dengan kalian dapat melihat profil dengan jelas. Tidak profil kosongan. Berikut tips untuk optimalisasi LinkedIn

1. Foto Profil

Sama seperti sosial media lainnya, jika ingin membangun personal branding maka yang akan diperhatikan adalah foto profil. Jika foto profil kosong, bisa jadi banyak yang curiga bahwa akun tersebut tidak profesional. Bagaimana akan melakukan rekrut jika yang akan direkrut adalah profil kosongan.

Maka agar terlihat profesional, pilihlah foto terbaik. Tidak perlu terlalu kaku seperti background biru dan senyum seperti foto KTP. Foto dengan jelas, gaya yang mencerminkan kalian pantas untuk mendapatkan pekerjaan, penuh percaya diri dan terlihat profesional.

2. Headline

Tulislah headline dengan singkat tentang diri kalian. Personal branding apa yang dibangun. Tuliskan keyword yang menggambarkan keahlian kalian dan ketertarikan pada bidang tertentu.

3. Summary

Summary menjelaskan tentang dirimu. Apa saja yang telah dicapai juga informasi mengenai kualitas diri. Buatlah summary yang mengangkat tentang kelebihan diri dalam cerita yang singkat dan jelas. Juga jangan lupakan untuk menggunakan keyword industry terms supaya dapat masuk dalam pencarian recruiter.

Nah, yuk mulai gunakan LinkedIn dengan baik supaya mempermudah mendapatkan pekerjaan sebelum lulus kuliah.

Baca juga artikel: Belajar Tips Public Speaking Supaya Lancar Bicara Depan Umum!

 

Jawaban dari penulis akan masuk email kamu.

Your email address will not be published.

Lost your password? Please enter your email address. You will receive mail with link to set new password.