Teknik Geofisika, Universitas Indonesia

Geofisika UI (William)

Geofisika UI (William)

Hi! Kenalin namaku William Jhanesta, biasa dipanggil WJ. Saat ini aku merupakan mahasiswa tingkat akhir di Geofisika UI / Geofisika Universitas Indonesia dan mengambil program studi Geofisika. Salah satu yang senang ku lakukan adalah berbagi! Simak ulasan dariku tentang jurusan yang mungkin temen-temen jarang mendengarnya, ya!

Bagi teman-teman yang mau bertanya atau diskusi, bisa komen di bawah artikel ini. Kalau sempat aku balas ya, jawabannya akan masuk ke email kalian kok. Pastikan kalian baca sampe beres dulu artikel ini sebelum bertanya.

Geofisika UI?

Geofisika merupakan salah satu program studi yang masuk ke dalam rumpun ilmu kebumian (geosains atau earth science) yang mempelajari bumi. Dari permukaan hingga ke dalam permukaan dengan menggunakan prinsip fisika. Biasanya diaplikasikan pada bidang eksplorasi sumber daya alam (minyak dan gas bumi, mineral, batubara, panas bumi), mitigasi bencana kebumian, hingga lingkungan. Di sini teman-teman tidak hanya akan belajar tentang fisika, tetapi juga ilmu geologi sebagai senjata teman-teman untuk nantinya menjadi seorang ahli geofisika (mari kita sebut geophysicist untuk selanjutnya).

Slide5

Teknik Geofisika, Geofisika. Bedakah ?

Beberapa waktu yang lalu, media sosial salah satu lembaga pemerintahan sempat membuat kehebohan di kalangan geophysicist. Diberitakan bahwa lembaga tersebut membuka lowongan pekerjaan yang hanya menerima program studi Teknik Geofisika dan tidak menerima lulusan dari program studi Geofisika. Hal ini lantas membuat Himpunan Ahli Geofisika Indonesia (HAGI) membuat suatu surat pernyataan yang mengatakan bahwa lulusan Teknik Geofisika dan Geofisika adalah sama. Usut punya usut, ternyata lembaga pemerintahan tersebut juga akhirnya melakukan klarifikasi kalau terjadi human error dalam menjawab pertanyaan apakah lulusan Geofisika bisa diterima atau tidak.

Aku sendiri memiliki teman yang berasal dari Teknik Geofisika di beberapa universitas yang berbeda. Sering kali juga kita melakukan sharing. Ternyata memang benar bahwa Teknik Geofisika dan Geofisika tidak ada bedanya. Hal yang membuat jurusan ini masuk ke dalam Fakultas Teknik maupun Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam adalah perbedaan keputusan dari masing-masing perguruan tinggi. Jika kita melihat beberapa kampus di luar negeri, memang banyak sekali yang mengkategorikan jurusan ini masuk ke dalam ranah science, seperti University of Cambridge, University of Edinburgh, University of Houston, Stanford University,  dan masih banyak lagi.

Belajar Apa aja sih di Geofisika UI?

Belajar kehidupan! Hahaha. Banyak banget ya yang bisa temen-temen pelajari di geofisika. Temen-temen akan diajarin cara mencari minyak dan gas, menganalisis suatu lokasi apakah cadangan batubara-nya berpotensi untuk ditambang atau engga, belajar proses terbentuknya mineral-mineral ekonomis. Hal yang engga kalah serunya adalah nentuin titik pemboran panas bumi! Singkatnya, temen-temen akan dididik untuk menjadi seorang exploration geophysicist yang handal! Selain itu, temen-temen juga akan belajar kenapa sih di Indonesia sering banget terjadi gempa bumi, kenapa bisa terjadi tsunami, dan apa aja yang bikin suatu daerah berpotensi untuk terjadi tanah longsor.

Temen-temen juga akan sering banget untuk ke lapangan. Jadi, aku sangat merekomendasikan temen-temen yang suka hiking, naik gunung, travelling untuk masuk ke prodi ini! Temen-temen akan ngerasain gimana serunya belajar sambil jalan-jalan. But don’t worry, untuk temen-temen yang ga suka jalan-jalan, prodi ini juga memberikan kalian peluang yang besar! Kalian yang senengnya berlama-lama di depan komputer (bukan main games ya!) juga pas banget untuk masuk ke prodi ini. Karena selain praktikum ke lapangan, temen-temen juga akan ada banyak praktikum pengolahan data geofisika yang menggunakan komputer. Kegiatannya berupa ngutak-ngatik peta, bikin model bawah permukaan, dan ceritain tuh gimana proses geologi yang terjadi berdasarkan data geofisika yang temen-temen olah.

Kegiatan akuisisi data geofisika

Geofisika akan Jadi Apa Nantinya?

It’s up to you! Karena temen-temen bisa jadi apapun yang temen-temen mau! Tapi, kalau yang dimaksudkan di sini adalah ranah keprofesian geofisika, temen-temen berpeluang untuk menjadi tenaga ahli di bidang eksplorasi migas, pertambangan, dan panas bumi atau kita sebut sebagai exploration geophysicist di beberapa perusahaan, seperti Pertamina, Elnusa, FreePort, SKK Migas, Star Energy, Sarrula, dan masih banyak lagi. Artinya, ga harus masuk prodi Teknik Pertambangan atau Teknik Perminyakan ya kalau temen-temen ingin kerja di sektor energi. Selain itu, untuk yang seneng di ranah mitigasi bencana kebumian, seperti gunungapi, tsunami, gempabumi, temen-temen bisa menjadi seorang seismologist di BMKG dan PVMBG. Temen-temen juga bisa menjadi seorang researcher yang mempelajari geofisika secara keilmuan dan mendalam di LIPI atau universitas. Yang lagi hits, lulusan geofisika juga bisa bersaing di pasar start up seperti yang sedang dilakukan oleh alumni dari ITB dan UI.

Rencana dan Harapanku setelah lulus Geofisika UI!

Untuk ke depannya, aku berharap dapat mengembangkan start up yang sedang kami rintis. Aku dan beberapa temanku melihat transformasi digital sangat cepat terjadi di Indonesia dan geofisika, sebagai ilmu yang terbilang old school, tidak boleh ketinggalan akan hal itu. Selain itu, aku juga berencana untuk melanjutkan studi pascasarjana di bidang eksplorasi panas bumi. Kenapa panas bumi? Mungkin kalau aku bahas di sini bisa menjadi topik bahasan satu artikel hahaha. Semoga ulasan ini dapat memberi pandangan baru tentang geofisika dan menuntaskan kegalauan temen-temen, ya! Tetap semangat!

Kode konten: X397

Jawaban dari penulis akan masuk email kamu.

Your email address will not be published. Required fields are marked *