Geografi

Geografi Universitas Negeri Padang (Andrio)

Geografi Universitas Negeri Padang (Andrio)

Geografi Sains atau Geografi Universitas Negeri Padang. “wahh geografi UNP nanti jadi guru ya” sering gak sih intipers mendengar perkataan dari mahasiswa yang mengetahui kalau geografi UNP itu setelah lulus akan pasti menjadi guru, akan tetapi banyak loh yang tidak diketahui oleh mahasiswa pada umumnya bahwa geografi UNP mempunyai 3 program studi yang masing-masing setelah lulus tidak hanya menjadi guru di sekolah. program studi tersebut yakni S1 Pendidikan Geografi, S1 Geografi Murni dan D3 Teknologi Penginderaan Jauh. Bagi teman-teman yang mau bertanya atau diskusi bisa komen di bawah artikel ini. Kalau sempat aku balas ya, jawabannya akan masuk ke email kalian kok,pastiin kalian baca sampe beres dulu artikel ini.

Apa aja yang dipelajari di jurusan Jurusan Geografi UNP

Kuliah di Jurusan Geografi itu mempelajari bentuk alam baik dari kondisi fisik, sosial dan ekonominya. Geografi salah satu ilmu yang mempunyai aspek keilmuan yang luas dan tidak hanya mempelajari peta saja. Ya meski sepintas orang menganggap masuk jurusan geografi akan belajar peta dan peta.

unisa

Cerita sedikit nih, kuliah di Geografi itu seru dan tentu nya asyik dong. Kita tidak belajar dikelas saja melainkan pembelajaran di kelas yang kita dapatkan tersebut kita terapkan di lapangan. Contohnya saja seperti matakuliah Geografi Tanah setelah teori nya kita dapat di kelas maka kita akan mengadakan praktek lapangan mengenai ilmu tanah seperti pratikum mengenai struktur tanah. di Jurusan Geografi UNP tersendiri memiliki 2x kuliah kerja lapangan yang biasa disebut dengan KKL. Kegiatan ini untuk mahasiswa prodi Pendidikan Geografi dan Geografi Murni di semester 4 dan 6. Dianjutkan KKL yang ketiga oleh Prodi Geografi Murni yang dinamakan KKL tematik. KKL 1 dan 2 dilaksakan di dalam Sumatera Barat. Kalau KKL 1 berkaitan dengan tema Fisik seperti Fisik Tanah dan Fisik Air. KKL dua bertema Sosial dan Pendidikan (khusus Pendidikan Geografi).

Konsentrasi di jurusan Geografi Universitas Negeri Padang

Ada beberap konsentrasi yang bisa di ambil mahasiswa. Konsentrasi di bagian Fisik, Sosial, Tenik dan Kependidikan. Namun, untuk konsentrasi ini tidak dibuatkan kelas khususnya. Mahasiswa itu sendiri nanti sewaktu pengajuan proposal skripsi menentukan tema skripsi berdasarkan fokus penelitian yang berkaitan dengan tema fisik, sosial, teknik dan kependidikan.

Tugas yang terbanyak menurut mahasiswa geografi

Geografi identik mengkaji sosial dan ekonomi serta fisiknya. Maka biasanya tugas yang diberikan dosen tidak jauh dengan apa yang dipelajari seperti kita kuliah Geografi Pariwisata. Maka kita disuruh dosen untuk melakukan sebuah mini project berupa survei lapangan mengenai perjalanan wisatawan dari daerah asalnya menuju Indonesia. Setelah dilaksanakan survei tersebut maka mahasiwa diminta membuat laporan dan artikel ilmiahnya.

pmb2-min

Selain tugas bersifat survei lapangan dan membuat artikel. Ada juga loh tugas yang menjadi puncak dari segala tugas yakni mata kuliah Analisis Wilayah. Kenapa di bilang puncak dari segala tugas? Karena tugasnya ini berada di semester 6 dan begejibun. Tugasnya dikerjakan secara manual. Membuat peta analisis wilayah dengan tema analisis fungsi kawasan, analisis kemampuan lahan, analisis banjir, analisis longsor, kebakaran dan kekritisan DAS. Kebayang gak dalam 7 minggu harus selesai semua peta tersebut secara manual yang dikerjakan pada kertas minyak.

Prospek Kerja di Jurusan Geografi

Ngomong-ngomong soal prospek kerja nih, pada umumnya orang tahu nya Geografi di UNP hanya akan menjadi guru karena basis nya kampusnya pendidikan. Tapi jangan salah sangka ya , Geografi UNP sekarang sudah mempunyai 3 program studi loh seperti yang sudah di sampaikan sebelumnya. Geografi memiliki tiga prodi maka lebih bisa kita mengenali dan pengarahannya setelah lulus nanti.

Kita yang ingin menjadi tenaga pendidik bisa masuk ke Prodi Pendidikan Geografi sedangkan jika kita lebih hobi ke lapangan mengkaji alam, maka disarankan untuk mengambil program studi Geografi murni yang nanti bisa setelah lulus ke Instansi dan dinas yang berkaitan dengan pemetaan seperti dnas lingkungan hidup, dinas kehutanan, dinas pertanhan, BMKG dan lain sebagainya. Sedangkan, untuk D3 Teknik Penginderaan Jauh lebih ke teknisi dan bisa terjun langsung ke instansi yang berkaitan dengan pemetaan.

Tips untuk maba

Nahhh untuk kalian para mahasiswa baru yang ingin masuk di Jurusan dengan pilihan program studi baik pendidikan, murni dan diploma mari dinikmati saja alur dan temui skill adik-adik di jurusan tersebut. Percayalah suatu jurusan tersebut tidak ada yang mudah dan santai kuliah nya. Semua mempunyai kesulitan tersendiri dan jangan kaget ketika sudah tergabung di Geografi yang melihat seniornya membuat peta besar dan bermalam di kampus.

Rencana setelah lulus

Rencana saya setelah lulus nanti sesuai dengan basis ilmu yang didapat ketika kuliah di S1 ini maka saya berkeingina melanjutkan studi S2 di Prodi Hidrogeologi. Setelah itu, kembali ke kampus sebagai dosen pengajar di Prodi Geografi murni. Doakan ya.

Kode Konten: X135

Komen dibawah! 7

  1. Ervina

    Kak, kalau lulusan SMK akuntansi apakah berpeluang besar untuk masuk SaIG atau Pend.Geografi di UPI lewat jalur SBMPTN

  2. Andrio Saputra

    Kalau peluang untuk lolos ada dek.. hanya saja nanti tergantung pada kampus yang akan menerima kita lagi dek…

  3. Maria ulfa

    Kak yg namanya geografikan berhubungan dengan alam dan peta,kalo seumpama disuruh ngegambar peta tapi gk bisa gimana tu kak tapi niatnya kuat bnget mau ngambiljurusan geografi

    • Andrio Saputra

      untuk pembelajaran mengenai peta dan pemetaan nanti kita mempelajari mulai dari dasar-dasarnya sampai pengaplikasiannya. peta dasar nanti di pelajari di semester 1 dan 2 secara manual baik menggambar peta dari kerts karton maupun dari berbagai media lainnya. nanti untuk lanjut pemetaan ada di semester 3 keatas melalui aplikasi pemetaan dek.

  4. Aaliyah fauziyah

    Kakak saya mau nanya apa iya kak kita ingin memilih jurusan Geografi murni atau pendidi kan pas kita semester 3,, atau kita memilih dari awal pendaftaran kak ingin ke geografi murni atau pendidikan?

    • Andrio Saputra

      unutuk pemelihan masuk geografi baik prodi pendidikan geografi maupun geografi murni dipilih saat kita mengambil di pendaftaran. misal nya kita mau di geografi murni universitas negeri pada, maka di kartu pendaftaran snmptn nya langsung ambil geografi UNP. begitu juga sebalik nya dek

  5. Zulfikar

    Assalamualaikum bg andrio, kenal sama saya kan bg ? Kalau kenal Alhamdulillah…kalau nggak, kenalan ya..

    Nggak nyangka banget kita bisa komunikasi disini ya bg, next time mudah mudahan kita bisa bertemu tatap muka kembali ya..sudah lama tak bersua..?
    Semoga sukses S2 nanti ya..

Jawaban dari penulis akan masuk email kamu.

Your email address will not be published. Required fields are marked *