Bahasa Indonesia, Organisasi, Orientasi

Hal-hal Yang Akan Dirasakan Saat Jadi Mahasiswa

Semua orang pasti ga asing lagi nih dengar yang namanya kuliah. Bukan kuli ah ya, itu mah kuli bangunan dong. Yang kita bahas disini itu tentang anak kuliahan. Nah, ga asing lagi pasti kan dengan nama itu. Bagi kamu yang sekarang masih sekolah nanti kalau mau kuliah jangan kaget dengan perbedaan kuliah sama sekolah. Kuliah itu beda jauh banget sama sekolah. Kalau mau tau perbedaanya, mari kita simak perbedaan berikut.

1. Tugas
Kalau denger kata itu udah pusing duluan ya. Jangan pusing dulu, namanya juga menuntut ilmu ya harus terima kalau dikasih tugas sama guru ataupun dosen. Nah, yang membedakan tugas disini itu banyak. Misal tugas presentasi kelompok, dulu waktu kamu sekolah mungkin presentasinya cuma baca aja powerpoint nah pas kuliah kamu harus bener-bener nguasain materi kamu yang ada di powerpoint tersebut. Terus juga kamu pasti disuruh buat yang namanya makalah harus bener dan ga asal ngambil materi di google. Yang udah kuliah pasti ngerasain hal seperti ini.

2. Mandiri
Nah bagi kamu yang nanti akan jadi anak kuliahan pasti ngalamin hal ini. Misal jika nanti kamu menjadi seorang mahasiswa atau anak kuliahan jauh dari orang tua, kamu pasti akan ngekos atau asrama dsb. Kamu akan mengatur uang sendiri agar uang yang diberi orang tua kamu itu cukup sampai sebulan, mencari kebutuhan sehari-hari sendiri dsb. Apalagi jika kamu kuliah sambil kerja, wah itu mah udah pantes banget bisa dibilang mandiri karena belajar tidak minta uang dengan orang tua.

promo-web

3. Suasana kelas
Suasana kelas saat kamu sekolah dan kuliah pasti berbeda banget. Yang dulu kamu saat jam kosong dimanfaatkan buat tidur, makan bareng-bareng di lantai buat lingkaran, nongkrong ke kantin dll. Semua itu pasti kamu akan jarang bahkan ga pernah merasakan momen seperti itu. Kamu pasti akan menggunakan jam kosong itu buat ke perpustakaan, ngerjain tugas dsb.

4. Waktu belajar
Waktu belajar yang dimaksud disini yaitu waktu kamu sekolah dan kuliah itu juga jauh berbeda. Waktu kamu sekolah pasti sudah dipastikan dari jam masuk sampai pulangnya. Misalnya,  kamu masuk sekolah jam 6.30 wib terus pulang pukul 15.00 wib, nah itu ya sudah pasti kamu pulang jam segitu kan walaupun ga ada guru kamu tetap pulang jam segitu belajar full sesuai jam dan setiap kelas sama semua. Kalau nanti saat kamu kuliah, kamu pasti akan tau perbedaanya. Saat kamu kuliah, jam kuliah kamu sesuai krs kamu. Perkelas beda jam kuliahnya, ada yang masuk pagi, siang maupun sore. Misal hari ini kamu ada dua mata kuliah, nah matkul kamu bisa dijam pagi dan satu matkul lagi dijam sore dan terkadang juga bergantian.

5. Dosen
Waahhhh kalau denger nama ini gimana nih? Biasa aja lah gausah takut gitu hehe. Nanti saat kamu kuliah, jam kuliah kamu akan di atur oleh dosen kamu nih. Kalau saat kamu sekolah guru kamu ga masuk, pasti seneng dong jam kosong. Nah nanti saat dosen kamu ga masuk, pasti kamu akan ditambah jam kuliahnya double istilahnya gitu. Misal, hari ini dosen biologi kamu ga masuk ada urusan sesuatu pasti kamu akan diminta ganti jam matkul di hari yang lain disaat semua ga ada jam matkul lain.

6. Organisasi

Organisasi yang akan kalian rasakan saat menjadi mahasiswa akan beda saat kamu menjadi siswa. Di saat kamu menjadi mahasiswa kamu akan banyak sekali menemui kegiatan organisasi. Ada organisasi universitas, fakultas bahkan jurusan. Selain itu, ada yang namanya BEM/DEMA, HMJ, UKM, dsb. Kamu akan mengetahui itu semua saat kamu menjadi mahasiswa.

 

Itu saja yang dapat saya paparkan. Semoga bermanfaat 🙂

 

Kode Konten : KL003

Jawaban dari penulis akan masuk email kamu.

Your email address will not be published. Required fields are marked *