Tips

Hard Skill Wajib Kunci Sukses Mahasiswa Milenial

Hard Skill Wajib Kunci Sukses Mahasiswa Milenial

Di zaman sekarang banyak SDM yang berkurang disebabkan oleh teknologi. Itu membuat persaingan di dunia kerja semakin tinggi. Oleh karena itu, perlu untuk belajar dan menguasai hard skill, khususnya mahasiswa yang akan mempersiapkan diri menghadapi dunia kerja.

dengan  keterampilan  yang  tepat, Anda dapat mewujudkan tujuan untuk terus berkembang. Sebaliknya, berpikir kuno atau lambat, Anda  mungkin akan tertinggal tidak dapat mengejar perubahan mendadak di pekerjaan. WEF (World Economic Forum)

Kutipan tersebut sudah cukup menjadi acuan untuk upgrade hard skill kamu. Berikut hard skill yang bisa kamu kuasai:

  1. Hard Skill dalam desain

perubahan yang terus menerus, memaksa kita untuk berpikir kreatif dan inovatif yaitu dengan menguasai desain. Penguasaan desain dalam segala bidang dapat melatih kreatifitas dan inovatif untuk terus menciptakan karya baru dan berbeda. Jadi, kamu sebagai pelajar bisa menguasai skill ini agar kamu memiliki nilai tambah di masa depan.

  1. Hard Skill dalam memahami teknologi

Berjalannya era modern dengan kemajuan teknologi, tentu membuat kita akrab dengan teknologi yang digunakan untuk kehidupan sehari-hari; kepentingan kuliah, bersosialisasi, bahkan dalam dunia kerja. Maka dari itu, penting banget buat kamu paham dan menguasai teknologi.  Contohnya, memahami cara kerja media sosial untuk mengembangkan bisnis atau kemudahan mencari informasi di internet.

  1. Keahlian dalam menulis

Menulis sudah pasti tak asing lagi dan jadi pekerjaan sehari-hari khususnya pelajar. Tapi kamu tahu, menulis menjadi skill yang harus banget kamu kuasai di dunia milenial ini. Alasannya adalah menulis menjadi media yang menjanjikan di dunia bisnis. Terutama saat kamu akan melakukan promosi, tentu diharuskan menggunakan kata-kata yang persuasif. Selain itu, kamu juga bisa menjadikan menulis sebagai tambahan uang jajan, loh. Kamu bisa menulis seperti di bawah ini.

intipkuliah-web1

a. Hard Skill membuat artikel atau berita

b. Menulis kreatif; novel, puisi, dan cerpen

c. Sebagai Copywriter dan membuat caption sosial media.

  1. Keahlian dalam bahasa dan komunikasi

Komunikasi dan bahasa asing adalah hard skill selanjutnya harus kamu kuasai. Seperti saat kamu akan presentasi di kelas atau di pekerjaan, keahlian komunikasi bisa menjadi senjata  agar presentasi kamu sukses. Kemudian, banyak teknologi yang menggunakan bahasa asing untuk memahaminya. Kamu juga bisa memanfaatkan penguasaan bahasa asing untuk berkuliah di luar negeri dan memudahkan kamu dalam mencapai karir yang lebih tinggi.

Baca Juga Artikel Catat! 7 Peringkat UNESCO Kuliah di Luar Negeri Terbanyak

  1. Keahlian dalam mengolah data

Prospek kerja yang terbuka lebar banyak datang untuk seorang yang memiliki keahilian ini, seperti data research, data mining, resource management, database management, data engineering. Dengan menguasai hard skill ini, kamu akan mudah untuk bersaing di dunia modern.

Itulah beberapa daftar hard skill yang harus dikuasai mahasiswa di zaman milenial. Daftar di atas bisa kamu pelajari otodidak sekarang juga tanpa harus menunggu kamu lulus, karena jika tidak hari ini lalu kapan lagi? Jadi, segera pilih keahlian yang cocok buat kamu kuasai dan mulai langsung mempelajarinya. Kuasai juga hard dan soft skill yang dibutuhkan 5 tahun kedepan di sini.

Jawaban dari penulis akan masuk email kamu.

Your email address will not be published.