Kedokteran Gigi, Universitas Gadjah Mada

Higiene Gigi UGM (Zahra)

Higiene Gigi UGM (Zahra)

Assalamualaikum wr. Wb, hallo intipers perkenalkan nama aku Zahra isramadhani salah satu mahasiswi di Universitas Gajah Mada jurusan Higiene Gigi UGM tahun 2017 , nah kali ini aku akan sedikit berbagi cerita pengalaman aku kuliah sampai  semester 7 ini, yuk disimak ya! Bagi teman-teman yang mau bertanya atau diskusi bisa komen di bawah artikel ini. Kalau sempat aku balas ya, jawabannya akan masuk ke email kalian kok, pastikan kalian baca sampe beres dulu artikel ini sebelum bertanya. Bagi teman-teman yang mau bertanya atau diskusi, bisa komen di bawah artikel ini. Kalau sempat akan dibalas ya, jawabannya akan masuk ke email kalian kok. Pastikan kalian baca sampe beres dulu artikel ini sebelum bertanya.

Apasih yang kita pelajari di jurusan Higiene Gigi UGM ini?

Bagi beberapa teman mungkin sedikit asing dengan nama jurusan ini. Jurusan hIgiene gigi merupakan salah satu prodi atau jurusan yang ada di Fakultas Kedokteran Gigi Universitas Gajah Mada. Sesuai dengan arti nama jurusan ini “Higiene berarti bersih”. Jurusan ini mempelajari tentang tindakan pencegahan dan promosi bidang kesehatan gigi dan mulut. Seperti penyuluhan tentang kesehatan gigi, tindakan pencegahan dan berbagai bentuk sosialisasi. Jurusan ini berbeda dengan keperawatan gigi ataupun pendidikan dokter gigi, karna secara garis besar tindakan yang dilakukan perawat gigi dan dokter gigi adalah tindak kuratif ( memperbaiki). Higiene gigi adalah merupakan patner dokter gigi saat melakukan tindakan pelayanan kesehatan gigi, higiene gigi dan dokter gigi akan saling bekerjasama dalam memberikan perawatan yang optimal.

Bagi kalian yang ingin mendapatkan info jurusan dan masuk perguruan tinggi follow Instagram @intipkuliah. Akan ada live lebih dari 60 jurusan per bulan. Klik Disini

Di jurusan higiene gigi itu belajar apa aja sih?

Sistem kuliah dijurusan ini menggunakan sistem SKS (Sistem Kredit Semester) yang terdiri dari 8 semester. Terdiri dari kuliah biasa dikelas dan praktikum dilaboratorium dental. Mata kuliah yang dipelajari sangat beragam seperti Higiene Gigi Klinis, Anatomi, Kebijakan Kesehatan, Promosi Kesehatan, Epidemiologi, Management Kesehatan dan lain sebagainya. Mata kuliah favorit aku adalah higiene gigi klinis. Pada mata kuliah ini akan terdiri dari beberapa tahapan mulai dari pengenalan sampai pembelajaran yang mendeskripsikan kegiatan saat di klinik maupun rumah sakit gigi dan mulut nantinya.

Dosen favorit aku adalah Bu Leni, dia adalah salah satu dosen yang dekat dengan aku dan sering menghubungi aku jika ada keperluan untuk beberapa kegiatan yang membutuhkan mahasiswa. Jurusan ini sama halnya dengan jurusan kesehatan lainya tidak akan indah tanpa adanya praktikum. Biasanya dalam seminggu praktikum bisa dilakukan 4-5 kali dengan melakukan praktik langsung di laboratorium dental yang dimiliki fakultas. Nah setiap mahasiswa akan berpasangan dan menempati satu kursi dental. Pada semester 8 perkuliahan akan dilalui dengan kegiatan rotasi klinik. Nah hal ini dilakukan di RSGM (Rumah Sakit Gigi dan Mulut) atau Rumah sakit akademik UGM jadi disemester ini akan dilakukan full praktik dan pembuatan laporan kasus.

Beberapa tips untuk mahasiswa baru di jurusan Higiene Gigi UGM

Matakuliah jurusan ini banyak mengenai anatomi tubuh khususnya anatomi rongga mulut sehingga harus banyak membaca buku salah satunya buku yang berjudul “Sobotta Anatomy” sebagai modal awal perkuliahan. Selain itu jurusan ini juga berkaitan dengan komunikasi  kepada klien sehingga belajar komunikasi yang efektif sedari dini akan sangat menguntungkan. Setelah semester 4 berlalu nanti akan lebih banyak belajar cara mempraktikkan materi yang didapatkan di kelas sehingga harus mempersiapkan mental dan kesehatan tubuh karna akan cukup melelahkan saat proses kegiatan praktikum dilakukan. Selanjutnya harus membiasakan hidup bersih selagi sekarang karna tenaga kesehatan wajib membiasakan hal tersebut. Tugas akan lebih sering diberikan namun hal yang harus dilakukan adalah membuat skala prioritas.

Selain hal yang diatas bagi mahasiswa baru harus mencoba mengikuti kegiatan organisasi di kampus. Hal ini sangat memberikan banyak manfaat baik dalam bidang komunikasi, kerjasama dan time management yang akan sangat berguna untuk memasuki dunia kerja dimasa yang akan datang. Jalan-jalan juga menjadikan hal yang sangat penting, dikarnakan jumlah mahasiswa yang tidak terlalu banyak memudahkan untuk menjalin keakraban sesama. Hal ini juga turut harus dilakukan untuk menenangkan diri disela-sela jadwal kuliah yang padat. Dalam menjalaninya jangan pernah berfikir untuk berhenti ditengan jalan apalagi kebanyakan mahasiswa semester awal akan sangat kaget dan tidak siap dengan pembelajaran sangat padat , namun ingat semua waktu akan tetap dilalui, manis akan terasa setelah kita merasakan pahit, bukan begitu? Selain hal tersebut biasanya para mahasiwa baru akan sangat bingung untuk mengikuti kegiatan-kegiatan dikampus namun bagi mahasiswa baru UGM akan menyedia expo ( gelanggang expo) yang akan menampilkkan berbagai kegiatan ekstrakulikuler yang bisa diiktu oleh mahasiswa baru.

Prospek kerja dan alumni biasanya kerja dimana?

Alumni bisa melanjutkan S2 didalam atau luar negeri dan menjadi dosen di fakultas sendiri atau lainnya. Sebanyak 75% alumni hampir bekerja di klinik atau rumah sakit, layanan kesehatan pemerintah. Sisanya menjadi peneliti atau entrepreneur , namun tidak menutup kemungkinan alumni-alumni akan bekerja sesuai dengan bidang yang lebih diminati. Tindakan promotif dan preventif ini sangat dibutuhkan oleh indonesia untuk mencapainya target-target taraf kesehatan masyarakat di Indonesia. Maka dari itu, akan sangat dibutuhkan tenaga higiene gigi untuk melakukan penyuluhan terkait hal tersebut. Apalagi diera BPJS saat ini. Intinya tidak ada yang perlu dicemaskan karna sesuatu hal tersebut akan slalu ada jalan keluarnya.

Lihat vlog dari ribuan mahasiswa di seluruh Indonesia di Youtube Intip Kuliah. Klik Disini

Harapan dan rencana setelah lulus

Ada beberapa opsi. Aku pikirkan adalah akan bekerja dulu baik di klinik ataupun tempat pelayanan kesehatan dan mengasah keterampilan. Setelah dirasa mempunyai cukup pengalaman aku akan melanjutkan S2 dengan cara mencari beasiswa. Setelah lulus aku akan mencari pekerjaan yang mempunyai tingkatan yang lebih tinggi sesuai dengan apa yang aku inginkan. Tidak banyak hal yang aku pikirkan pada saat awal setelah lulus kuliah dan mendapat gelar S1. Karna yang aku ingin pada saat itu adalah dapatkan pengalaman dunia kerja yang sesungguhnya, pengalaman dikehidupan bermasyarakatan dan pengalaman yang akan membentuk diri aku kedepannya. Hal terpenting jangan lupa bersykur dan  bahagia dengan apa yang didapat.

Kode Konten: X328

Komen dibawah! 16

  1. Atikah

    Kak, lulusan S1 higiene gigi itu dapat gelarnya apa ya? Terima kasih

  2. Annin

    Kak mau tanya, kalo lulusan higiene yg bekerja di klinik dan rumah sakit itu, sebagai apa ya??

  3. Muhammad Ridani

    Kak mau nanya
    Apakah lulusan program D3 Kesehatan Gigi( Jurusan keperawatan gigi) bisa melanjutkan ke S1 Higiene Gigi ?

  4. Sarah Devina

    Kak, biasanya sarjana higiene gigi lanjut S2 kemana kak?

  5. husnun

    Kak aku juga mau tanya yg ini, kalo lulusan higiene yg bekerja di klinik dan rumah sakit itu, sebagai apa ya??

  6. Fadzila

    Kak mau tanya berapa nilai aman buat masuk prodi higiene gigi
    Nilai snmptn dan sbmptn

  7. Salsabillah Hoerun Nisa

    1. Kak mau tanya, lulusan higiene gigi yang bekerja di rumah sakit atau klinik sebagai apa?
    2. Apakah lulusan higiene gigi bisa membuka praktek dirumah sendiri?
    3. Nilai untuk masuk di higiene gigi dijalur SNMPTN itu berapa ya kak?

    Terimakasih ?

  8. widy

    kak saya dari smks farmasi dapat kuota snmptn , nilai aman untuk masuk higiene gigi snmptn berapa ya kak

  9. widy

    kalo smks farmasi masuk higiene gigi apakah ada peluangnya kak dan untuk nilai minimal snmptn masuk higiene gigi berapa kk

  10. anonym

    kak mau tanya, kalau boleh tau dulu kakak masuk jurusan higiene gigi ugm jalur apa?
    lalu, nilai untuk masuk higiene gigi jalur SNMPTN berapa ya kak?
    makasih kak sebelumnya 🙂

  11. Widya Wulandari

    KK mau tanya kalo lulusan higiene Gigi dapet gelar apa KK??
    Terus kalo kita kerja di rumah sakit atau klinik itu dibagian apa KK??
    Trimakasih

  12. Annisah

    Kak lulusan S1 higiene gigi kalau bekerja di RS/klinik biasanya ditempatkan di bagian apa ya?
    Terus kalau lulus dapet gelar apa kak?
    Banyak hitungannya gak sih kak?

  13. Farachdina

    1. Untuk minimal skor utbk nya brpa ya kak?
    2. Kerja di klinik atau RS sebagai apa?

  14. anisa

    kak, masuk higiene gigi selain bayar ukt pastinya ada biaya lain misal untuk praktek dan kegiatan lain. klo boleh tau itu mahal nggak ya biayanya?

  15. Maharani Dyah

    Untuk lulusan higiene gigi jika bekerja di klinik atau rumah sakit menjadi apa ya kak? Dan nilai yang diperhitungkan banyak mata pelajaran apa ya kak untuk masuk ke jurusannya?

  16. Nur Fauziah

    Halo kak, mau tanya , kalau aku kan skrg D3 kesehatan gigi, pengen lanjut ke S1 higiene gigi ini nanti berapa tahun ya pendidikannya

Jawaban dari penulis akan masuk email kamu.

Your email address will not be published. Required fields are marked *