Hubungan Internasional, Universitas Islam Negeri

Hubungan Internasional UIN Alauddin Makassar (Fathurahman)

Hubungan Internasional UIN Alauddin Makassar (Fathurahman)

Hallo, Salam Pendidikan Indonesia. Kenalin saya Muhammad Fathurahman Pratama, mahasiswa Program Studi Hubungan Internasional UIN Alauddin Makassar, angkatan 2018. Pada kesempatan yang berbahagia ini, saya ingin berbagi informasi dan pengalaman saya selama berkuliah di Program Studi Hubungan Internasional. Tentunya dalam tulisan ini ditujukan kepada teman-teman yang akan melanjutkan pendidikannya dibangku Perguruan Tinggi dan mengambil Program Studi Hubungan Internasional.

Ohiya tak lupa pula, bagi teman-teman yang ingin bertanya atau ingin mengetahui informasi yang lebih lanjut mengenai Program Studi Hubungan Internasional dapat berkomentar dibawah artikel ini, yang tentunya jawabannya nanti akan masuk ke email teman-teman. Pastikan teman-teman membaca artikel ini sampai tuntas yah, agar informasi-informasi dalam artikel ini tak ada yang tertinggal.

unisa

Hubungan Internasional UIN Alauddin Makassar belajar apa aja sih?

Umumnya Ilmu Hubungan Internasional mempelajari bagaimana relasi atau hubungan kerjasama yang dijalin oleh tiap-tiap negara dan bagaimana fungsi negara dalam menyelesaikan konflik yang terjadi didunia. Hubungan Internasional lebih cenderung membahas bagaimana perpolitikan internasional yang terjadi antar negara, misalnya pada kawasan ASEAN, Timur Tengah, dll. Tentunya dalam hubungan internasional terdapat dua aktor atau pemain didalam perpolitikan internasional yakni negara dan aktor non negara. Aktor non negara dapat meliputi individu, institusi/organisasi maupun kelompok-kelompok lainnya.

Bagi kalian yang ingin mendapatkan info jurusan dan masuk perguruan tinggi follow Instagram @intipkuliah. Akan ada live lebih dari 60 jurusan per bulan. Klik Disini

Mitos dalam Prodi Hubungan Internasional

Sering dikaitkan bahwa mereka yang mau masuk dalam program studi ini, harus lancar berbahasa inggris atau berbahasa asing lainnya. Iya memang benar kita harus bisa berbahasa asing. Terutama berbahasa inggris, karena ilmu hubungan internasional masih banyak literatur atau buku bacaannya menggunakan bahasa inggris. Bagi kalian yang tidak mahir berbahasa asing dengan lancar khususnya berbahasa inggris, kalian jangan takut. Kalian perlu lakukan ialah minimal tau arti bahasa dibuku tersebut. Soal berbicara dengan lancar itu adalah nilai plus bagi kalian, karena di Hubungan Internasional sangat jarang menggunakan bahasa inggris dalam proses perkuliahannya.

Mata Kuliah Hubungan Internasional UIN Alauddin Makassar

Sering dikatakan bahwa mahasiswa HI sama dengan mahasiswa ilmu politik. Tapi nyatanya sangat berbeda. Hubungan internasional lebih menekankan kepada negosiasi atau penyelesaian sengketa yang terjadi dalam kancah dunia perpolitikan internasional pasca perang dingin. Sedangkan ilmu politik lebih menekankan kepada kebijakan dalam negeri. Dalam penjelasan ini tentunya mata kuliah yang terdapat dalam HI meliputi, mata kuliah dasar: pengantar hubungan internasional, hukum, ekonomi, antropologi, sosiologi ditambah dengan mata kuliah wajib lainnya yang tiap-tiap perguruan tinggi berbeda. Adapun mata kuliah lanjutan seperti teori-teori hubungan internasional, politik luar negeri, geografi politik, komunikasi dan media global, hukum internasional, ekonomi politik internasional, diplomasi dll. Kemudian berlanjut kepada permasalahan-permasalahan muktahir ditiap kawasan, dan sebagainya.

pmb2-min

Workshop Literature review HI UIN Alauddin Makassar

Ciri Khas dari Prodi Hubungan Internasional UIN Alauddin Makassar

Yang membedakan mahasiswa HI dengan mahasiswa lainnya ialah dari segi tugas. HI lebih banyak mendapat tugas dari dosen berupa paper. Didalamnya selalu berisikan argumentatif kita mengenai isu-isu yang kita angkat, misalnya permasalahan HAM, terorisme, dan sebagainya. Hal ini  membuat kita terbiasa menyelesaikan suatu masalah atau menghadapi tantangan yang ada ditiap institusi. Ohiya umumnya tugas paper ini diberikan pada tiap mata kuliah yang terdapat dalam Hubungan Internasional.

Lihat vlog dari ribuan mahasiswa di seluruh Indonesia di Youtube Intip Kuliah. Klik Disini

Tips untuk Maba HI

Mulai dari sekarang sering-seringlah membiasakan diri untuk membaca buku, artikel maupun berita-berita. Ketika kalian rajin membaca tentunya kalian akan terbantu ketika membahas studi kasus pada setiap mata kuliah yang terdapat dalam HI serta tidak kurang update dalam membahas isu terkini.

Prospek Karir Lulusan Hubungan Internasional

Kalau jadi lulusan hubungan internasional pasti akan menjadi diplomat? Belum tentu! Banyak dari lulusan HI bekerja menjadi pengusaha internasional, menjadi analis kebijakan pada pemerintahan, menjadi ASN, menjadi Menteri Pendidikan dan Kebudayaan seperti Bapak Nadiem Makarim yang dari lulusan Hubungan Internasional, maupun menjadi dosen pada perguruan tinggi.

Kode konten: X391

Komen dibawah! 3

  1. Aliza Rahmi

    Kak saya mau bertanya di UIN Alauddin jurusan Hubungan Internasionalnya terakreditasi apa yah kak?

    • fathurahman

      Pada tahun pertama setelah dibukanya prodi HI UIN Makassar mendapat akreditas c, kemudian sekarang sudah tidak berlaku lagi, tahun ini prodi HI UIN Makasar mengajukan re-akreditas yang tentunnya ditargetkan tahun ini A. melihat aspek prodi HI UIN Makassar telah banyak memiliki prestasi.

  2. Andi marwah nut

    Kk sya mau tanya, dari yang saya baca prospek kerja di jurusan HI lumayan sdikit kk, ap bener kk
    Tahun ini saya mau masuk jurusan HI tpi masih ragu sm prospek kerjanya yg sepertinya sempit dan sulit

Jawaban dari penulis akan masuk email kamu.

Your email address will not be published. Required fields are marked *