Hubungan Internasional

Hubungan Internasional Universitas Kristen Satya Wacana (Shelly)

Hubungan Internasional Universitas Kristen Satya Wacana (Shelly)

Halo intipkuliah lovers. Perkenalkan saya Shelly Christiani Saputri, mahasiswa jurusan Hubungan Internasional Universitas Kristen Satya Wacana angkatan 2018. Disini saya akan membagikan pengalaman kuliah yang telah saya lalui setelah 5 semester di jurusan Hubungan Internasional. Yuk, simak pengalaman saya. Bagi teman-teman yang mau bertanya atau diskusi bisa komen di bawah artikel ini. Kalau sempat aku balas ya , jawabannya akan masuk ke email kalian kok. Kalian juga bisa nonton versi videonya melalui link berikut. Klik Disini

Apa yang dipelajari di Hubungan Internasional Universitas Kristen Satya Wacana?

Kita akan diajarkan banyak hal mulai dari analisa studi kasus yang sedang terjadi di dunia, ekonomi internasional, hukum internasional, politik internasional, sampai dengan praktek diplomasi seperti simulasi sidang PBB. Kita juga akan diajarkan  menyusun dasar-dasar sebuah penelitian yang baik dan benar. Kemudian akan dipresentasikan layaknya seperti seminar proposal atau ujian akhir.

unisa

Menariknya hubungan internasional UKSW selalu melakukan praktek table manner (tata cara makan) setiap setahun sekali. Hal ini dilakukan guna mahasiswa hubungan internasional bisa belajar mempersiapkan diri untuk kedepannya serta praktek table manner yang baik dan benar. Terdapat sebuah stigma yang sering dikatakan oleh orang lain, bahwa mahasiswa hubungan internasional adalah mahasiswa yang eksklusif, sombong, cuek dan lain sebagainya. Stigma ini sebenarnya tidak benar. Jika kalian sudah mengenal mahasiswa hubungan internasional UKSW pasti sangat ramah, baik, cenderung kritis dengan pemikirannya, sangat friendly. Jadi jangan melihat mahasiswa hubungan internasional terkhususnya UKSW dari covernya saja.

Mata kuliah di Hubungan Internasional Universitas Kristen Satya Wacana dan Dosen favorit?

Kita belajar banyak sekali mata kuliah. Seperti Teori Internasional, Ekonomi Politik Internasional, Humanitarian Law, Indonesian Foreign Policy, Diplomacy, Gender in International Relations, Dasar-Dasar Penelitian dan masih banyak lagi. Mata kuliah favorit saya ada dua, yang pertama mata kuliah Diplomacy dan Ekonomi Politik Internasional. Hal menarik yang dipelajari di mata kuliah Diplomacy ini adalah saya bisa mengikuti praktek simulasi sidang seperti PBB dimana saya dapat mewakili negara lain dalam sidang dan mengetahui alur sidang serta saya dapat mengetahui tugas dan tanggung jawab seorang diplomat. Praktek simulasi sidang PBB ini juga saya belajar untuk bisa berbahasa inggris dengan formal saat sidang berlangsung, dan tidak lupa juga mata kuliah Diplomacy ini selalu disertai dengan acara table manner (tata cara makan) yang biasanya dilaksanakan di hotel terbaik yang ada di kota kami.

Mata kuliah yang kedua, yaitu Ekonomi Politik Internasional. Di mata kuliah ini saya diajarkan mengenai bagaimana negara menambah kekayaannya, dan juga membahas interaksi-interaksi yang dilakukan antara negara-negara politik internasional dan pasar internasional. Selain itu Ekonomi Politik Internasional juga membahas metode-metode untuk memperoleh kepentingan nasional suatu negara, relasi interdependensi serta rezim-rezim internasional. Sementara dosen favorit saya adalah Kak Thomas dan Kak Ulo, kami selalu memanggil dosen dengan sebutan kakak, mba, dan mas khususnya di fakultas kami. Menurut saya mereka bisa menyampaikan materi dengan sederhana sehingga mudah dicerna oleh mahasiswa serta mereka dapat membuat suasana belajar semakin santai karena mereka sering memberikan kuis ringan, dan candaan yang lucu.

pmb2-min

Tips-tips untuk MABA dijurusan Hubungan Internasional UKSW

Mata kuliah di jurusan hubungan internasional ini banyak berkaitan dengan analisis, berita, teori serta sejarah. Maka diusahakanlah bagi para MABA untuk rajin membaca berita baik di TV, Koran, Radio, Internet dan lain-lain, kuasai teori-teori hubungan internasional ini sangat wajib untuk diingat serta kuasai sejarah perang dunia dan peristiwa-peristiwa penting dalam sejarah. Banyak dosen kami yang sering sekali menanyakan tentang sejarah, berita terbaru baik dalam negeri maupun luar negeri. Tips lainnya juga jangan pernah menunda tugas yang diberikan dosen karena biasanya mereka selalu memberikan tugas dalam bentuk makalah, paper, bahkan jurnal dan dikumpulkan dalam waktu yang sangat singkat.

Ikuti organisasi 

Selain itu, tips selanjutnya adalah ikuti organisasi yang kita banget. Ada banyak kegiatan yang ditawarkan diantaranya mengikuti kegiatan himpunan jurusan hubungan internasional yaitu IRSA (International Relations Student Association). Bisa juga ikut Senat Mahasiswa Fakultas, Senat Mahasiswa Universitas, Ekstrakulikuler, Magang, dan lain-lain. Ikuti kegiatan-kegiatan tersebut dan jangan takut untuk keluar dari zona nyaman. Kamu bisa mencoba jadu ketua panitia, koordinator panitia, anggota dan sebagainya yang mengasah soft skill serta menambah pengalaman. Juga, ikuti kegiatan yang menurut kamu sesuai dengan kemampuan yang ingin ditingkatkan. Jangan terlalu banyak mengambil kegiatan! Agar kamu juga bisa membagi waktu dengan perkuliahanmu.

Prospek kerja dan alumni biasanya kerja dimana?

Sepengetahuan saya, sebagaian besar alumni lulusan hubungan internasional kebanyakan menjadi staf di kementrian. Baik dalam negeri maupun luar negeri serta kerja di KBRI. Ada juga yang kerja sebagai dosen di universitas. Prospek kerja jurusan hubungan internasional lebih cenderung ke pemerintahan bahkan bisa juga menjadi diplomat yang mewakili negara Indonesia di negara lain. Sebenarnya jurusan hubungan internasional juga bisa bekerja menjadi politikus, jurnalis (wartawan), konsultan internasional, pebisnis internasional, peneliti, staf kedutaan, dan lain-lain.

Harapan dan rencana setelah lulus?

Jujur, setelah lulus saya ingin sekali bekerja di KBRI Amerika untuk Indonesia pada bidang keamanan. Jika saya bisa dipercayakan saya juga ingin sekali menjadi seorang diplomat (duta besar), rencana saya selama masa kuliah ini saya ingin fokus terus meningkatkan kemampuan saya dengan cara terus belajar hal-hal baru, tidak lupa juga saya ingin mencari pengalaman yang dapat meningkatkan soft skill dan hard skill saya. Sehingga, kedepannya saya bisa menggapai cita-cita saya menjadi seorang diplomat.

Kode Konten: X123

Komen dibawah! 10

  1. Joo

    Hallo kak shelly
    Saya mau bertnya nihh apakah betul selama proses pembelajaran banyak menggunakan bahasa inggris. Atau dibagi rats dalam penggunaan bahasanya.
    Terima kasih kak?

    • shellychristiann

      Hallo juga.
      Kalau di fakultas kami untuk jurusan HI tidak selalu menggunakan bahasa inggirs dalam pembelajaran, hanya saja terkadang dosen menggunakan buku berbahasa inggris, istilah dlm bahasa inggris, presentasi dlm bahasa inggris. Yang terpenting kita tau dan paham berbahasa inggris.

  2. claudia

    hai kak, mau nanya nih akreditasinya hubungan internasional di uksw itu bagaimana ya? untuk tahun ini. makasii kak

  3. Angel

    Halo kak mau tanya ni
    Sebagai mahasiswa hi banyak gak sih kak kesempatan buat belajar ke luar negeri? Hi susah gak sih kak kuliahnya ?
    Terima kasih ya kak

    • shellychristiann

      Hallo Angel, maaf baru balas ya baru liat juga nih heheh..
      kesempatan buat belajar ke luar negeri pasti ada ya tergantung kita mau berusaha gak nih, di UKSW sendiri ada kok kegiatan yang bisa kita ikuti untuk bisa belajar ke luar negeri. Kuliah HI itu bisa dibilang gampang-gampang susah ya tapi kalau kita punya niat belajar pasti bisa kok, jangan takut untuk masuk di HI ya. Semangat untuk kamu Angel 🙂

  4. Amel

    Hai kak, mau tanya. Apakah akreditasi fakultas mempengaruhi pekerjaan?

    • shellychristiann

      Hai Amel, maaf banget baru bisa balas chat kamu ya. Sebenarnya sangat mempengaruhi karena akreditas fakultas itu menentukan mutu, kualitas dan kelayakan sebuah program studi. Minimal ketika kita pilih fakultas atau jurusan akreditasnya itu B klau ada yang akreditasnya A mending pilih akreditas A. Dan bersyukur banget kampus UKSW akreditasnya sudah A, dan Jurusan HI akreditasnya B sedang menuju ke A.

  5. yehezkiel

    halo kak mau nanya basic dan syarat syarat yang mungkin diperlukan untuk masuk jurusan ini tau apa aja ya kak, klo boleh tau?

    • shellychristiann

      Hallo Yehezkiel, kalau di UKSW untuk jurusan HI tidak ada syarat khusus untuk bisa masuk jurusan HI. Jika kamu mendftar melalui jalur pemamik/rapot usahakan saja nilai rapotmu bagus dan ujian kelulusan juga bagus, usahakan juga untuk bisa mengerti bahasa inggris meskipun kamu blm bgt fasih atau kalau sdh fasih bahasa inggris lebih bagus lagi. Jika kamu mendaftar melalui jalur mandiri/test usahakan belajar dan mengerjakan test nya dengan baik. Karena jujur saja saya masuk jurusan HI di UKSW tidak ada syarat dan saya masuk melalui jalur pemamik/rapot. Semoga ini menjawab pertanyaanmu ya 🙂

Jawaban dari penulis akan masuk email kamu.

Your email address will not be published. Required fields are marked *