Hubungan Internasional, Universitas Brawijaya

Hubungan Internasional Universitas Brawijaya (Lydia)

Hubungan Internasional Universitas Brawijaya (Lydia)

Halo sobat intipers! Aku Lydia Grace Florentia dari Hubungan Internasional Universitas Brawijaya angkatan 2018. Kali ini aku ingin sharing pengalaman kuliahku dan memperkenalkan jurusan/prodi yang aku ambil. Lanjut bacanya ya intipers. Bagi teman-teman yang mau bertanya atau diskusi bisa komen di bawah artikel ini. Kalau sempat aku balas ya, jawabannya akan masuk ke email kalian kok, pastikan kalian baca sampe beres dulu artikel ini sebelum bertanya. Kalian juga bisa nonton versi videonya melalui link berikut. Klik Disini

Secara umum, jurusan Hubungan Internasional Universitas Brawijaya seperti apa?

HI di Universitas Brawijaya itu salah satu rumpun Ilmu Sosial dan Ilmu Politik dimana kita belajar hubungan internasional, hubungan antar negara, isu internasional. Hubungan antara organisasi internasional, perilaku politik itu termasuk manusia, pemerintahan, lingkungannya juga dipelajari.

Masuk HI itu gak harus jago banget dalam Bahasa Inggris, pengalamanku sih pas masuk HI juga bahasa Inggris ku gak jago banget hanya level menegah saja. Bahasa Inggris itu memang penting, pas udah masuk kuliah itu nanti akan terbiasa karena bacaannya bahasa Inggris meskipun di kelas pakai bahasa Indonesia.

Bagi kalian yang ingin mendapatkan info jurusan dan masuk perguruan tinggi follow Instagram @intipkuliah. Akan ada live lebih dari 60 jurusan per bulan. Klik Disini

Apa yang jadi alasan masuk jurusan Hubungan Internasional Universitas Brawijaya?

Alasan saya memilih jurusan Hubungan internasional karena saran dari guru SMP saya yang sudah melihat potensi saya dalam dunia kepenulisan dan pembuatan artikel. Selain itu, saya juga menyukai sejarah dan membaca berbagai berita sehingga saya ingin mempelajari lebih lanjut bagaimana isu-isu yang ada. Saya bersyukur bisa masuk HI UB dengan jalur SNMPTN atau jalur undangan tanpa tes dan bayar biaya gedung.

Apa mata kuliah dan tugas yang khas dari jurusan ini?

Dari semester 1 kita belajar pengantar hubungan internasional, kita dikenali sejarah dumi, perang dunia 1 dan 2, ekonomi internasional, keamanan internasional secara garis besar. Semester 2 masuk teori HI itu harus lulus dulu matkul pengantar hubungan internasional. Di teori HI kita belajar perspektif utama dalam HI kaya realisme, liberalisme, konstruktivis, radikal, dll untuk membangun dasar pemikiran di matkul berikutnya karena hampir semua matkul bahasnya pake perspektif itu jadi harus bener-bener paham. Kita juga bealjar diplomasi, hukum internasional. Semester 3 mulai dikenalkan sama mata kuliah ekonomi, politik internasional, keamanan internasional itu diberi pengantarnya dulu sebelum semester 5 penjurusan. Selanjutnya kita belajar globalisasi dan dinamika lokal.

HI itu gak diawang-awang banget, kalau yang di UB kita belajar SDGs dari PBB yang diterapkan ke lokal. Kalau semester 4 udah mulai belajar metodologi HI, kita diajarin buat skripsi supaya gak kaget di semester akhir. Semester 5 belajar antara ekonomi, politik internasional sama keamanan internasional.

Mata kuliah favorit saya adalah Globalisasi karena paling seru karena banyaknya isu internasional yang dibahas setiap minggunya. Selain itu, saya juga suka belajar organisasi internasional. Kalau materi  praktik di HI yang seru ketika mempelajari diplomasi karena disitu kira belajar sidang PBB kecil-kecilan, gimana jadi diplomat yang membawa misi negara tertentu.

Adakah konsentrasi atau kelompok keahlian di jurusan Hubungan Internasional Universitas Brawijaya?

Konsentrasi jurusan di HI UB dibagi menjadi dua yaitu ekonomi politik internasional dan keamanan internasional. Kalau ekonomi politik internasional itu fokusnya ke isu ekonomi internasional kaya perdagangan internasional, sengketa perdagangan, isu globalisasi dalam perspektif ekonomi. Kalau ekonomi internasional itu kaya strategi negara kalau Amerika dan Cina darurat perang seperti mempelajari geopolitik gitu. Semester 5 baru masuk penjurusan.

Sistemnya itu nanti kita dikasih angket untuk pilih konsentrasi, nanti dilihat juga nilainya di mata kuliah ekonomi dan keamanan, nanti diranking dan dibagi dua biar kelasnya tidak timpang jumlah mahasiswanya.

Ketika Citizen Diplomacy

Apa saja jalur masuk untuk jurusan ini?

Sepengetahuan saya ada SNMPTN, SBMPTN sama mandiri. Ujian mandiri informasinya ada di selma.ub.ac.id di sana lengkap banget pengumumannya. Kuota seangkatannya sekitar 180 orang, tapi lihat perkembangannya itu dikurangi kuotanya.

Ada tips buat mahasiswa baru jurusan ini?

Pertama, bener-bener yakini alasan dan tujuan masuk jurusan ini. Harus bener-bener cari tahu tentang jurusan ini, mata kuliahnya apa aja biar gak salah paham tentang jurusan ini. Di HI sendiri ada mata kuliah budaya dalam hubungan internasional, jadi gak full belajar budaya gitu lebih ke politik.

Tips lainnya, harus bener-bener banyak baca. Mungkin bisa dimulai dari baca-baca berita internasional. Karena tugas dan esai kuliah banyak dari situ. Dari membaca itu kita bisa berargumen di kelas.

Lihat vlog dari ribuan mahasiswa di seluruh Indonesia di Youtube Intip Kuliah. Klik Disini

Bagaimana prospek kerja dari alumni jurusan ini?

HI bisa kerja di bidang apapun, tidak hanya diplomat. Banyak anak HI yang bekerja di pemerintahan, perusahaan multinasional, atau bahkan menjadi entrepreneur. Anak HI dapat bekerja dalam bidang Public Relation di perusahaan multinasional, analis data, pejabat pemerintah atau ahli di DPR, dan di badan keamanan negara. Alumni HI  banyak yang berusaha untuk magang di kedutaan besar, tapi ada juga yang kerja di organisasi internasional.

Apa rencana dan harapan setelah lulus?

Aku ingin kerja di perusahaan multinasional dan belajar mempraktikkan ilmu yang sudah dipelajari. Aku juga bercita-cita membangun bisnis sendiri karena saya tidak ingin jadi diplomat karena saya tahu bagaimana prosesnya sangat sulit dan harus melawan para pendahulu atau senior HI yang sudah berlomba untuk mendapatkan jabatan sebagai duta besar, konsulat, bahkan menjadi pegawai di Kementerian Luar Negeri. Namun, jika teman-teman ingin menjadi diplomat, jangan menyerah ya, terus berusaha!

Kode Konten: C160

Komen dibawah! 22

  1. Feby Ago

    Rata2 nilai kk sampai bisa lulus SNMPTN itu berapa kak?
    Spy bisa dibandingkan dengan punya saya agar sy bisa menghitung peluang masuk UB melalui SNMPTN
    Mohon bantuannya kak??

  2. Bintang Damara Dewandana

    Peluang bisa masuk itu berapa persen kak di setiap jalur??…dan kalau kita pake SNMPTN itu apa aja yang harus dipersiapkan

  3. reyza dana hartazia

    apa akreditasi HI UB kak?

  4. sha

    halo kak, kalo boleh tau rata-rata nilai kakak brp ya bisa lolos SNM UB? lalu apa untuk jalu sbm dilihat dari total skornya doang atau dilihat dari salah satu mapelnya juga? terimakasih kak kalau mau jawab

  5. meila

    kak aku smk jurusan tata busana tapi nanti kuliah bener bener pengen banget jurusan hi, boleh ngga sih kak? terus boleh kasih tipsnya ngga kak trus gimana awal masuknya. terimakasih kak

  6. Melly

    Kak, mau tanya untuk mata kuliah agama, apakah hanya ada agama islam? Terima kasih

  7. aisha

    hallo ka! rata2 nilai kaka buat lulus snmptn kira2 berapa ya kak? apakah kakak juga mencantumkan banyak sertifikat dan prestasi?

  8. Ndf

    Halo kak,Boleh tau nggak kak rata rata nilai masuk ke SN UB?

  9. Dfn

    Kak,mau tanya apa akreditasi jurusan Prodi itu mempengaruhi mudah atau tidaknya di terima SN itu benar atau tidak kak? dan bila mencantumkan sertif ekonomi,apa bisa memiliki peluang di terima SN di jurusan HI?

    • Lydia

      Jika pakai sertif prestasi bisa kok, kalau akreditasi si mungkin ga terlalu memengaruhi. Yang penting nilai stabil dan prestasi ya

  10. Nath

    Halo, Kakk!
    Untuk akreditasi HI UB saya lihat di website masih B ya, Kak?
    Sepengetahuan saya, akreditasi prodi akan di-update per 5 tahun sekali.
    HI UB tahun terakhir diakreditasi itu tahun 2017, berarti nanti akan diakreditasi lagi tahun 2022.
    Apakah nanti tahun 2022 sudah pasti berganti akreditasi A, Kak?
    Terima kasih sebelumnya, Kakk

    • Lydia

      Silahkan menunggu update dari web saja, saya bukan pihak kampus/prodi. Hanya mahasiswa.

      Satu hal lagi, meskipun akreditasi B, itu karena jurusan ini masih baru di UB, jika Anda merendahkan kualitas jurusan kami silahkan, coba saja masuk ke dalamnya dan rasakan. Semoga berhasil.

      • Nath

        Perlu saya luruskan, maaf sebelumnya saya tidak sedikit pun merendahkan kualitas jurusan tsb ya kak 🙂 Saya tahu kualitas HI UB bagus, tahun depan, 2022 juga saya akan berencana mendaftar di HI UB sbg pilihan 1 karena memang saya berminat ke prodi dan kampus itu.

        Saya bertanya akreditasi karena tahun depan saya ingin mendaftar dan orang tua saya khawatir jika nanti akreditasi jurusan berpengaruh saat saya lulus dari sana kak, tidak lain dan tidak bukan hanya itu. Tidak ada sedikit pun tendensi untuk merendahkan.

        Terima kasih.

        • Lydia

          Kalau kamu mau mendaftar tahun depan, semoga ketika lulus sudah A ya, karena isunya setelah angkatan saya hi UB bisa naik akreditasinya

Jawaban dari penulis akan masuk email kamu.

Your email address will not be published. Required fields are marked *