Hubungan Internasional, Uncategorized, Universitas Jenderal Soedirman

Hubungan Internasional Universitas Jenderal Soedirman (Azil)

Halo sobat intipers! Aku Aziel dari Hubungan Internasional Universitas Jenderal Soedirman angkatan 2020. Kali ini aku ingin sharing pengalaman kuliahku dan memperkenalkan jurusan/prodi yang aku ambil. Lanjut bacanya ya intipers. Bagi teman-teman yang mau bertanya atau berdiskusi, bisa komen di bawah artikel ini. Kalau sempat akan di balas ya, jawabannya akan masuk ke email kalian kok. Pastikan kalian baca sampe beres dulu artikel ini sebelum bertanya.

Secara umum, Hubungan Internasional Universitas Jenderal Soedirman itu seperti apa?

Jadi di jurusan Hubungan Internasional merupakan jurusan yang mempelajari hubungan antar Negara, Organisasi Internasional dan alasan terjadinya hubungan antar Negara. Fakta dari jurusan ini sendiri yaitu banyak sekali pandangan dari masyarakat umum seperti anak yang masuk HI pasti kerjanya jadi diplomat atau duta besar, dan kalau masuk jurusan HI itu jago bahasa inggris, namun nyatanya tidak semua anak HI itu akan menjadi diplomat karena jurusan untuk menjadi diplomat itu tidak hanya dari jurusan HI saja bisa dari hukum, politik dan sakta-sakta yang terkait jadi saingannya lebih banyak. Kebanyakan mahasiswa yang di semester tua akan memilih bekerja di start up atau di perusahaan lainnya.

Apa yang jadi alasan masuk jurusan Hubungan Internasional Universitas Jenderal Soedirman?

Kalau untuk alasan saya sendiri mengambil jurusan Hubungan Internasional sama dengan pandangan orang umum mengenai jurusan ini, yaitu saya bercita-cita untuk menjadi seorang diplomat akan tetapi saya juga memiliki alasan lain yaitu saya pernah mengikuti model united nations di Malaysia pada saat SMA kelas tiga. Ketika mengikuti event tersebut saya langsung jatuh cinta dan saya ingin mempelajari lebih lanjut tentang dunia tersebut.

Apa mata kuliah dan tugas yang khas dari jurusan ini?

Jadi jurusan HI itu merupakan jurusan yang mempelajari banyak mata kuliah sekaligus tidak hanya mempelajari tentang internasional, tetapi di dalam HI sendiri kita belajar mengenai Hukum, Sosiologi dan Budaya. Untuk mata kuliah di setiap universitas itu ada pengantar hubungan internasional, organisasi administrasi internasional, dan juga belajar mengenai Model United Nations (MUN).

Adakah konsentrasi atau kelompok keahlian di jurusan ini?

Untuk konsentrasi yang di jurusan Hubungan Internasional di kampus Jenderal Soedirman ketika teman-teman masuk semester lima maupun semester keatasnya teman-teman bisa memilih konsentrasi berdasarkan wilayah untuk studi wilayah yang disediakan oleh jurusan sendiri ada studi milayah asia, eropa bahkan amerika dan di luar studi wilayah itu bisa memilih beberapa konsentrasi lainnya seperti budaya popular dimana teman-teman akan mempelajari budaya popular yang mungkin berdampak dengan hubungan internasional.

intipkuliah-web1

Bagi kalian yang ingin mendapatkan info live jurusan tiap minggu, TO Online, konsultasi jurusan, dan info seputar kuliah bisa gabung ke grup wa. Klik Disini

Apa saja jalur masuk untuk jurusan ini?

Dikarenakan jurusan Hubungan Internasional UNSOED tidak memiliki kelas internasional jadi jalur masuknya ada tiga jalur SNMPTN terdapat 329 kuota, SBMPTN terdapat 774 kuota, dan Mandiri 24 kuota

Ada tips buat mahasiswa baru jurusan ini?

Untuk tips itu sendiri itu banyak, namun yang aku sampaikan ini juga bisa digunakan teman-teman dari jurusan lainnya. Yang pertama bagi teman-teman yang ingin masuk jurusan Hubungan Internasional pastikan teman-teman suka membaca, karena kedepannya nanti akan mendapatkan tugas untuk membuat jurnal, makalah dan paper yang mengharuskan teman-teman untuk membaca banyak jurnal. Kedua saya bisa menyarankan untuk mempelajari bahasa inggris, karena di jurusan HI sendiri banyak bacaan yang berbahasa inggris dan juga pada saat proses pembelajaran akan melakukan praktikum MUN yang menggunakan bahasa inggris sebagai bahasa wajibnya. Dan yang terakhir teman-teman harus belajar softskill dan hardskill di luar HI seperti Digital Marketing ataupun Microsoft Excel.

Bagaimana prospek kerja dari alumni jurusan ini?

Jurusan HI itu bisa dikerja dimana saja mulai dari sektor pemerintah maupun swasta, untuk prospek pekerjaan yang paling related dengan jurusan Hubungan Internasional itu sendiri adalah orang-orang yang bekerja di Kementerian Luar Negeri, PBB dan juga bisa bekerja di start up.

Apa rencana dan harapan kamu setelah lulus?

Untuk rencana saya ke depan setelah lulus tentunya saya ingin melanjutkan pekerjaan sesuai dengan cita-cita saya yaitu menjadi diplomat, selain itu saya juga ingin melanjutkan studi saya di Luar Negeri.

Kode konten: C889

Jawaban dari penulis akan masuk email kamu.

Your email address will not be published.