Hubungan Internasional

Hubungan Internasional Universitas Pertamina (Firmansyah)

Hubungan Internasional Universitas Pertamina (Firmansyah)

Hallo Intiepers. Apakabar hari ini? Semoga semuanya dalam keadaan sehat dan tetap semangat walaupun ditengah keterbatasan pada masa pandemi ini. Perkenalkan nama saya Muhamad Firmansyah biasa dipanggil Firman, mahasiswa semester 7 Program Studi Hubungan Internasional Universitas Pertamina. Pada kesempatan ini saya akan membagikan mengenai pengalaman perkuliahan saya sebagai seorang mahasiswa di jurusan Hubungan Internasional (HI). Mau tau bagaimana keseruannya menjadi mahasiswa HI? Yuk kita simak bersama-sama.

Bagi teman-teman yang mau bertanya atau diskusi, bisa komen di bawah artikel ini. Kalau sempat akan dibalas ya, jawabannya akan masuk ke email kalian kok. Pastikan kalian baca sampe beres dulu artikel ini sebelum bertanya.

Apa Sih Bedanya Hubungan Internasional Universitas Pertamina dengan Kampus Lain?

Kita mempelajari mengenai dinamika dan interaksi politik internasional, ekonomi internasional, diplomasi dan negosiasi, teori dan pendekatan dalam studi HI, kebijakan luar negeri, hingga sejarah dunia modern. Semuanya akan selalu berkaitan erat dengan interaksi antar negara baik dalam ranah kerjasama maupun konflik loh. Oleh sebab itu, mahasiswa HI pada dasarnya dituntut untuk selalu update mengenai isu-isu baru di ranah politik internasional. Contohnya konflik Korea Selatan-Korea Utara, Konflik Laut China Selatan, hingga kerjasama yang dilakukan China melalui gagasan kerjasama Belt Road Initiative (BRI). Gimana udah kebayang serunya dong? Tapi ada bedanya loh Intipers, antara HI Universitas Pertamina dengan HI pada umumnya. Mau tau bedanya?

Slide5

Perbedaan yang paling utama antara HI Universitas Pertamina dengan HI pada umumnya terletak pada fokus bidang studinya.  HI Universitas Pertamina menjadi satu-satunya program studi Hubungan Internasional di Indonesia yang memiliki fokus studi pada energi. Selain itu program studi hubungan internasional Universitas Pertamina dirancang untuk lulus dalam waktu 3,5 tahun. Sebenarnya susah tidak kuliah di jurusan HI dan bagaimana prospek kerjanya di jurusan HI? Saya mau berbagi tips untuk tetap survive di jurusan HI. Tipsnya sederhana, yaitu pada kemauan kita untuk banyak belajar mengetahu isu-isu terkini. Terutama dalam situasi politik internasional. Sehingga kita sebagai mahasiswa jurusan HI setidaknya dituntut untuk rajin membaca, berdiskusi, dan menulis”. HI Universitas Pertamina juga memiliki kegiatan aktif tahunan, yaitu Model ASEAN Meeting (MAM-UP) yang sudah bertaraf internasional.

Tugas dan Mata Kuliah Khas di Program Studi Hubungan Internasional Universitas Pertamina

Kami memiliki beberapa mata kuliah yang mungkin tidak dimiliki oleh jurusan HI di Universitas lain. Jurusan HI di Universitas Pertamina mempelajari beberapa studi dan mata kuliah yang terfokus pada energi. Seperti mata kuliah energi dan pembangunan di semester 5. Ekonomi Politik dan Energi, Bisnis Energi dan Konflik, Diplomasi Energi, Negara dan Keamanan Energi, Rezim Energi Global, hingga Kebijakan Energi Indonesia di semester 6. Tugas yang khas dari jurusan HI, bisa dikatakan hampir 80% lebih tugas kami  adalah membuat paper, sedangkan sisanya akan ada tugas simulai diplomasi dan negosiasi, hingga membuat proyek penelitian. Namun banyak tugas paper di jurusan HI, justru bisa menjadi added value bagi kita untuk berlatih menulis dan mempublikasikan penelitian di jurnal-jurnal yang berstandar nasional hingga internasional.

Mata kuliah yang paling saya sukai selama menjadi mahasiswa HI Universitas Pertamina saya sangat menyukai mata kuliah Diplomasi Energi. Hal ini dikarenakan dari sini saya dapat belajar banyak hal bagaimana proses diplomasi energi yang dilakukan oleh satu negara di tingkat internasional untuk menjaga keamanan dan ketahanan energinya. Dalam mata kuliah diplomasi energi banyak sekali kegiatan diskusi dan simulasi yang membuat suasan kelas semakin mencair dan berjalan aktif. Selain itu topik penelitian skripsi saya juga tidak terlepas dari adanya diplomasi energi, yaitu saya mengambil tema penelitian “Kepentingan Energi China Terhadap Kerjasama Energi China-Rusia di Masa Presiden Xi Jinping”.

Konsentrasi Keahlian Jurusan Hubungan Internasional Universitas Pertamina

Program studi HI Universitas Pertamina memiliki konsentrasi pada bidang energi di dalam kajiannya, sehingga program studi HI Universitas Pertamina memiliki dua konsentrasi fokus kajiannya, yaitu Diplomasi Energi dan Keamanan Energi. Apasih perbedaan keduanya? Jika kita mengambil konsentrasi penjurusan pada Diplomasi Energi, secara garis besar kita akan belajar tentang hubungan kerjasama energi antara negara, keterlibatan aktor-aktor dalam diplomasi energi baik itu aktor negara maupun aktor bisnis kalau di Indonesia, seperti PT. Pertamina Persero. Sedangkan kalau mengambil konsentrasi Keamanan Energi, secara garis besar kita akan mempelajari mengenai konflik energi yang terjadi diberbagai negara, bagaimana upaya negara menjaga keamanan energinya, sehingga secara garis besar kedua konsentrasi keahlian pada jurusan HI Universitas Pertamina akan saling berkesinambungan.

Simulasi diplomasi

Tips Untuk Mahasiswa Baru di Jurusan HI

Ada beberapa tips yang bisa dilakuin oleh para mahasiswa HI untuk tetap survive dan dapat aktif selama berkuliah di Jurusan HI. Tipsnya, yaitu:

  1. Jangan lupa memperbanyak doa dan meminta restu ke orang tua agar kuliahnya lancar, terutama saat mau ujian.
  2. Perbanyak diskusi, membaca, dan menulis materi perkuliahan dengan teman ataupun kakak tingkat.
  3. Harus tampil berani dalam menyampaikan pendapat, tapi harus sopan, lugas dan jelas yah.
  4. Perbanyak diskusi dengan dosen. Terutama di mata kuliah yang kurang kita kuasai, pasti dosen akan dengan sangat senang hati membantu kita.
  5. Berani ambil tantangan. Sseperti penelitian dengan dosen, publikasi jurnal dan sebagainya. Meskipun ini akan membuat kita lelah, tapi percayalah lelahnya akan terbayar kalau kita bisa membuat karya yang bermanfaat untuk orang banyak dan diri kita kedepannya.
  6. Aktif mengikuti kegiatan kemahasiswaan. Seperti UKM ataupun Seminar dan Konferensi yang bisa melatih kita untuk meningkatkan relasi dan jaringan pertemanan kita.
  7. Jangan mengerjakan tugas deadline karena hasilnya tidak akan maksimal. Lebih baik dikerjakan dari jauh-jauh hari dan kedepannya kita bisa santai sembari membaca ulang tugas kita.
  8. Ini yang paling penting, kita harus taruh respect untuk orang lain, seperti dengan Dosen, Teman sekelas, dan orang-orang disekitar kita. Karena dengan kita respect dengan orang lain, maka akan lebih mudah bagi kita untuk bergaul dengan orang lain.

Tips-tips tersebut bisa digunakan bagi teman-taman mahasiswa baru di Jurusan HI untuk mengahdapi berbagai tantangan, seperti tugas paper yang banyak dan dengan deadline waktu yang saling berdekatan, memahami materi perkuliahan dalam bahasa asing yang mungkin kurang kita pahami dan masalah pada prestasi akademik.

Prospek Kerja

Prospek kerja jurusan HI pada umumnya banyak yang mengira, jika anak HI nanti akan menjadi Diplomat atau Duta Besar. Menurut saya ini pandangan yang keliru, jurusan HI belajar tentang multidisiplin ilmu, seperti ekonomi dan manajemen dan hal itulah yang bikin peluang kerja anak-anak HI juga luas dan bukan hanya terfokus pada Diplomat. Banyak anak-anak HI yang bekerja pada sektor bisnis, perbankan, manager, pengamat politik, sampai menjadi dosen atau tenaga pengajar. Sehingga kita jangan takut kalah bersaing dengan jurusan lain di dunia kerja nanti, karena jurusan HI cabang ilmu yang dinamil dan mencakup banyak multidisiplin ilmu. Beberapa alumni HI Universitas Pertamina sudah ada yang bekerja di NGO, Perusahaan startup, Instansi Pemerintahan dan sudah ada yang menerima beasiswa di salah satu perguruan tinggi di UK. Adapun prospek kerja jurusan HI, meliputi:

  1. Instansi Pemerintahan
  2. Diplomat atau Duta Besar
  3. Pengusaha
  4. Perbankan
  5. Perusahaan Asing
  6. Dosen
  7. Reporter dan masih banyak lagi, karena sifat jurusan HI yang multidisiplin ilmu.

Kode konten: X360

Komen dibawah! 2

  1. RESI FITRI PRAMULYA

    Maaf kak mau tanya,kalo ambil jurusan HI harus bisa bahasa inggris ya kak?

    • MUHAMAD FIRMANSYAH

      Hai Resi. Mohon maaf baru sempat membalas. Tidak kok, yang paling terpenting minimal kamu sudah bisa basicnya saja untuk kedepannya bisa sambil belajar meningkatkan skill komunikasi mu dalam bahasa inggris. Jangan takut untuk belajar yah. 😊

Jawaban dari penulis akan masuk email kamu.

Your email address will not be published. Required fields are marked *