Hubungan Internasional

Hubungan Internasional Universitas Udayana (Jessica)

Hubungan Internasional Universitas Udayana (Jessica)

Halo teman-teman intip kuliah, intipers! Perkenalkan nama aku Jessica Victorina, untuk lebih akrab kalian bisa banget panggil aku Jeje. Sekarang aku berkuliah di jurusan Hubungan Internasional Universitas Udayana dan sedang berada di tahun kedua. Disini aku akan berbagi pengalaman aku bagaimana sih jadi anak HI itu, yang mungkin pengalaman aku dapat membantu kalian mempertimbangkan apakah kalian berminat kuliah di jurusan Hubungan Internasional atau tidak. Yuk langsung aja!

Bagi teman-teman yang mau bertanya atau diskusi, bisa komen di bawah artikel ini. Kalau sempat aku balas ya, jawabannya akan masuk ke email kalian kok. Pastikan kalian baca sampe beres dulu artikel ini sebelum bertanya.

Kuliah di Hubungan Internasional Universitas Udayana, belajar apa sih?

Aku sering banget nih dapat pertanyaan gini. Jadi Hubungan Internasional merupakan ilmu yang mempelajari hubungan/interaksi antarnegara.  Ilmu hubungan internasional ini adalah ilmu multidisiplin, artinya pembahasan dalam jurusan HI itu bukan hanya berfokus pada satu materi, tetapi kita belajar banyak disiplin ilmu, contohnya kita akan mendapat mata kuliah dasar-dasar ilmu politik, hukum, sosiologi, antropologi, filsafat, dan ekonomi. Disamping itu, kita juga akan mendapat mata kuliah hubungan internasional, diplomasi dan bahasa.  Karena fokusnya belajar mengenai hubungan antarnegara, jadi isu-isu internasional ataupun domestik itu akan menjadi bahan pembahasan sehari-hari kalau kalian memutuskan jadi anak HI, hehe.

Oh iya! Banyak nih yang bilang kalau masuk HI tuh harus jago Bahasa Inggris, tentunya bisa bahasa inggris adalah nilai plus, tapi kalian jangan ragu untuk ambil HI hanya karena kalian gabisa Bahasa Inggris yaa! Challenge yourself guys! Kita pasti bisa asalkan kita berusaha!

Bagi kalian yang ingin mendapatkan info jurusan dan masuk perguruan tinggi follow Instagram @intipkuliah. Akan ada live lebih dari 60 jurusan per bulan. Klik Disini

Ciri khas anak HI: Paper

Kalau kalian punya teman/saudara anak HI, pasti sering banget dengar dia ngomongin paper. Jadi apasih paper itu sebenarnya? Nah, paper adalah tugas yang jadi makanan sehari-hari anak HI, kalau di SMA kalian pasti kenal dengan Karya Tulis Ilmiah kan? Kurang lebih paper seperti itu. Tapi kita ga selalu dapat tugas paper kok, masih ada tugas-tugas lain seperti jurnal, makalah, presentasi, dan lain sebagainya (tergantung dosen kasihnya tugas apa).

Konsentrasi di Hubungan Internasional Universitas Udayana

Nah, di HI Udayana ada 3 konsentrasi yang ditawarkan yaitu: sosial-budaya, ekonomi, dan studi keamanan. Kalian bisa memilih salah satu dari ketiga konsentrasi ini pada semester ke-5. Sesuaikan dengan minat dan keinginan kalian ya!

Ini salah satu dokumentasi kegiatan short diplomatic course udayana

Tantangan dan Tips Menghadapinya

Berdasarkan pengalaman pribadi aku, banyak banget mahasiswa HI yang memutuskan untuk berhenti kuliah di awal semester karena merasa salah memilih jurusan. Sebelum menjadi mahasiswa HI, mereka berpikir bahwa jurusan HI tidak akan membahas mengenai politik, hukum dan sebagainya, tapi kenyataannya saat menjadi mahasiswa HI, kita akan selalu dihadapkan pada isu-isu politik, baik domestik ataupun internasional. Jadi tips dari aku sebelum memutuskan untuk menjadi mahasiswa HI, ada baiknya kalian cari tau terlebih dahulu apa-apa saja yang akan kalian pelajari kedepannya dan sesuaikan apakah kalian cocok dengan mata kuliah tersebut atau tidak. Jangan sampai kalian salah jurusan karena kurang informasi. ^^

Kegiatan MUN

Nah, tantangan kedua yaitu komunikasi dan diplomasi. Kenapa kedua hal ini menjadi tantangan menurut aku? karena dalam perjalanan kalian menjadi mahasiswa HI, kalian pasti akan menemui event-event yang udah ga asing di telinga anak HI, yaitu seperti MUN (Model United Nation). Kalian bisa mencari tau lebih lanjut mengenai MUN di google atau tanya-tanya dikolom komentar ya!. Tentunya sebenarnya mengikuti event seperti ini adalah opsional, tapi tidak klop dong kalau sebagai anak HI kalian belum mencoba mengikuti simulasi sidang PBB ini hehe. (Tapi tenang aja sobat intipers, di Udayana sendiri ada pelatihannya untuk kalian yang sama sekali belum pernah mengikuti MUN lho, namanya SDC (Short Diplomatic Course) .

Aku mau menyampaikan juga kalau pada dasarnya, bisa berkomunikasi dengan baik dan benar itu penting dalam kehidupan sehari-hari terlepas dari apa jurusan kalian. Untuk ini, tips dari aku yaitu jangan ragu untuk datang ke diskusi,seminar atau apapun yang bisa menambah kemampuan public speaking, komunikasi atau diplomasi kalian.

Kegiatan Organisasi

Tips terakhir dari aku yaitu ikut organisasi dan kegiatan kepanitiaan. Walau mungkin kalian gapernah ikut organisasi selama SMA, di kuliah ini aku saranin kalian daftar yaa! Gaada ruginya kok! Dengan mengikuti organisasi dan kepanitiaan, kalian bisa secara bertahap menambah softskill dan menambah relasi kalian. Banyak banget manfaatnya! (salah satunya bisa mengisi kekosongan CV juga, hehe). Ada banyak kok organisasi di Universitas, mulai dari BEM Universitas, BEM Fakultas, Himpunan, ataupun UKM. Pilih sesuai minat kamu yaa, semangat intipers!

Lihat vlog dari ribuan mahasiswa di seluruh Indonesia di Youtube Intip Kuliah. Klik Disini

Prospek Kerja: Hubungan Internasional Universitas Udayana

Nah sekarang aku akan membahas singkat mengenai prospek kerja lulusan hubungan internasional. Mungkin kalian sering mendengar bahwa prospek kerja anak HI itu adalah menjadi seorang diplomat atau duta besar. Tentunya tidak salah! tapi ada ga sih prospek kerjanya selain menjadi diplomat?. Tentunya ada dong! anak HI juga memiliki peluang karir yang luas, lho! contohnya saja kalian bisa mendaftar menjadi pejabat negeri sipil (PNS), konsultan, peneliti/dosen, jurnalis, bekerja dalam organisasi internasional ataupun bekerja di perusahaan multinasional. Prospek kerja lulusan HI terbilang cukup luas dan beragam. Tentukan pilihanmu sendiri ya!

Rencana dan Harapan Setelah Lulus

Aku sendiri memiliki beberapa rencana setelah lulus, menyesuaikan dengan situasi dan kondisi. Rencana pertama yaitu melanjutkan pendidikan S2 ke luar negeri. Kedua yaitu membuka bisnis/usaha. Dan rencana lainnya yaitu bekerja sebagai salah satu staff kedutaan/ atau bekerja disalah satu perusahaan multinasional. Tentunya ada banyak rencana cadangan lain yang aku siapkan, tapi untuk sekarang aku berfokus pada rencana pertamaku. Doain ya teman-teman intipers!

Jadi gimana nih? Apa kalian tertarik menjadi bagian dari mahasiswa hubungan internasional?

Kode konten: X372

Komen dibawah! 11

  1. rahmad

    Sangat bermanfaat untuk saya yg belum kuliah

  2. Lee Jong Suk

    Makasih banyak kak infonyaaa… Semoga sehat dan sukses slalu untuk kakak…
    – Upin

  3. zeva

    Mantap infonya Ka sangat berguna.. Btw Maba HI kuluahnya di kampus Sudirman or Bukit Ka?

  4. Ni Luh Putu Centhya Dewi Sandi

    Kak Victorina, saya mau nanya… Apa saja persiapan untuk bisa belajar dan aktif di jurusan HI unud. Nanti saya mau disana kak.

    • jessicavictorina

      Halo! good question ya. Sebelum masuk HI tentunya belajar/persiapan SOSHUM untuk SBMPTN dan mandiri atau bisa melalui jalur SNMPTN. Kalau nanti sudah masuk HI, saran aku selalu update isu-isu internasional, pelajari referensi buku yg diberikan dosen atau buku terkait mata kuliah, dan aktif dikelas juga. Dan untuk aktif di KOMAHI, nanti kamu bisa mendaftar organisasi dan kepanitiaan, di KOMAHI Udayana sendiri nanti ada beberapa divisi, kamu bisa pilih sesuai minat dan bakat kamu. Juga saran tambahan dari aku cari informasi sebanyak-banyaknya terkait event-event/lomba/pelatihan baik dari dalam kampus ataupun luar kampus.

      Untuk tau lebih banyak mengenai HI Udayana dapat mengikuti akun official instagram HI Unud : @hi_udayana

      Semoga bermanfaat ya, kalau ada pertanyaan lain jangan ragu utk ditanyakan^^

  5. Indah

    Kak punya Ig atau wa kak?pengen nanya” lebih lengkap tentang jurusan hi

  6. Manik Sari

    Halo kak. Saya Manik Sari. Salken yaa. Btw saya mau tanya, dulu kakak masuk ke Udayana melalui jalur SBMPTN/SNMPTN/Mandiri ya? Dan tahun berapa? 1 lagi hal yg mau saya tanyakan, apakah anak SAINTEK bisa memilih HI sebagai jurusannya atau hanya anak SOSHUM saja ya? ? terimakasih kak. Semoga bisa terjawab ya ?

  7. Siti faizah

    Mau nanya kak..
    Mana lebih mudah nya daftar lewat mandiri, SNMPTN,SBMPTN sih?
    Jujur juga ya kak…bhs Inggris saya masih dibawah standar sih..hehehe…tapi Kak saya pengeeennn bgt masuk HI…
    Dan ya..biaya masuk kuliah jurusan HI di Udayana brp ya?
    HI di sana udah terakreditasi apa?
    Ada peluang besar ga jadi diplomat bagi Lulusan universitas Udayana?
    Beda nya dengan Unram,UNPAD,apa?
    Itu aja sih kak…nanti kalau kk dah bls…saya nanya yg lain lagi?

Jawaban dari penulis akan masuk email kamu.

Your email address will not be published. Required fields are marked *