Hubungan Internasional

Hubungan International Universitas Katolik Parahyangan (Vero)

Hubungan International Universitas Katolik Parahyangan (Vero)

Halo sobat intipers! Aku Veronika Ruth Angelia dari Hubungan International Universitas Katolik Parahyangan Bandung angkatan 2019. Kali ini aku ingin sharing pengalaman kuliah ku dan memperkenalkan jurusan/prodi yang aku ambil. Lanjut bacanya ya intipers. Bagi teman-teman yang mau bertanya atau diskusi, bisa komen di bawah artikel ini. Kalau sempat akan dibalas ya, jawabannya akan masuk ke email kalian kok. Pastikan kalian baca sampe beres dulu artikel ini sebelum bertanya.

Secara umum, jurusan Hubungan International Universitas Katolik Parahyangan Bandung seperti apa?

Banyak orang yang menilai HI lebih mempelajari hubungan antar bangsa negara, misalnya antara negara A dengan negara B, padahal ga sama sekali, maksudnya emang itu topik utamanya, tapi HI itu cakupannya luas banget, mulai dari globalisasi, organisasi internasional, ekonomi politik internasional, keamana global, keamanan dan konflik, terus kami belajar teori-teori besar, seperti realisme, liberalisme, jadi kami memahami bagaiaman suatu negara, kenapa negara bertindak seperti ini. 

Bagi kalian yang ingin mendapatkan info jurusan dan masuk perguruan tinggi follow Instagram @intipkuliah. Akan ada live lebih dari 60 jurusan per bulan. Klik Disini 

Apa yang jadi alasan masuk jurusan Hubungan International Universitas Katolik Parahyangan Bandung?

Sebenarnya saya dari IPA, nyebrang jurusan gitu, kenapa pilih HI, dulu cita-cita saya pengen jadi miss universe, pengen jadi salah satu putri indonesia, dan dirasa masuk hubungan internasional itu bsa ke situ, karena ada alumni UNPAR tahun 2015 kalo ga salah, dia menang miss grand internasional indonesia itu, jadi saya tertarik dan masuk. Terus cakupannya HI ini luas, dari dulu emang saya mempelajari apa yang dipelajari HI. Setelah masuk ke jurusannya, jadi beda pandangannya, meskipun dulu udah cari-cari tapi setelah terjun ke lapanagn langsung, kuliahnya seperti apa, jadi fokusnya bercabang, banayk hal yang baru saya tahu, jadi pandangannya sekarang jadi politikus.

Apa mata kuliah dan tugas yang khas dari jurusan ini?

Mata kuliah yang khas banyak, tapi aku bakal bahas 3 mata kulaih favorit aku aja. Yang pertama matkul HI kawasan, matkul di semester awal yang nantinya akan nyambung juga ke semester selanjutnya, lebih spesifik, dari 8 kawasan hanya milih 2 kawasan saja, aku milihnya HI kawasan Asia Tenggara sama HI kawasan Amerika, karena jujur seu banget belajar ini, jadi  kaya Asia Tenggara yang aku tahu cuma ASEAN aja, ternyata ga cuma itu, terus Amerika kaya yang besar itu, tapi ada juga Amerika kecil yang perlu saya perhatikan.

Kedua, ada internasional politik. Ini benar-benar seru banget apalgi buat yang kalian yang suka mempelajari crime transasional. Itu tentang gimana sih suatu negara mengelola power mereka? Kenapa negara melakukan misalnya Korea Utara sama Amerika yang baru kemarin pas Donald Trump ngajuin perang dagang? Kenapa Amerika ngelakuin ini, kenapa Korea Utara ngelakuin itu. Terus yang ketiga diplomasi, karena di UNPAR sendiri ada praktek gitu. Disini bisa mengetahui praktek diplomasi sebenarnya, lebih kaya sidang gitu lebih formal. Kaya aku dari kementerian Indonesia, temen ku dari kementerian Zimbabwe terus dalam PBB, kita harus kasih interes negara masing-masing, apa yang harus di bantu, kita negosisasi antar negara, ada misalnya yang memberi investasi ke negara saya berapa banyak.

schooters

Adakah konsentrasi atau kelompok keahlian di jurusan ini?

Masuk semester 4 dan baru bisa milih 4 konsentrasi di UNPAR, yang pertama itu ada KBI 1 Keamanan Internasional, KBI 2 Ekonomi Internasional, KBI 3 Organisasi Internasional, dan KBI 4 Media dan Komunikasi Internasional. Saya kebetulan milih media dan komunikasi internasional, karena saya melihat ke masa depan, orang-orang lebih membutuhkan media dan komunikasi, dan kemudian saya melihat diplomasi bisa di ambil media dan komunikasi juga, jaman sekarang itu kan media dan komunikasi udah besar juga. Kalo KBI 1 fokusnya ke keamanan, mereka bisa masuk kementrian pertahanan, lebih mengkaji sebuah negara, lebih fokus ke negara-negara yang perang. Terus yang KBI 2, mereka IMF, kemetrian keuangan. KBI 3, bisa masuk ke UN women, lebih fokus bagaiamana cara masuk ke organisasi internasional. Nah kalo KBI 4 lebih ke kita mempelajari ilmu-ilmu komunikasi. 

Apa jalur masuk yang ada di jurusan kamu?

Ada 2, bisa jalur PMBK sama USM. PMBK ini jalur raport, USM itu tes mandiri, ada USM 1, 2 3, 4, USM ini lewat online karena covid, untuk USM 4 mau masuk negeri tapi tidak sampai kami menerima USM 4 menerima dengan nilai UTBK. Sekarang udah USM 2, udah jalan 3 bulan dari mulai PMDK kemudian USM rentang waktu 1 bulan. Bisa di instagram unpar official atau di website resminya untuk informasi lebih lanjut.

Ada tips buat mahasiswa baru Hubungan International Universitas Katolik Parahyangan Bandung?

Aku kaget banget pas masuk HI, karena aku kurang suka baca, tapi tantangannya kita harus suka baca, mau ga mau harus baca, karena kita haru memahami, kebanyakn tugasnya paper, harus improve bahasa inggris karena itu hal yang utama, kayanya semua jurusan HI harus bisa, karena semua buku kita bahasa inggris, baca, belajar bahasa inggris dan jangan males.

Bagaimana prospek kerja dari alumni jurusan ini?

Karena cakupan HI luas, kita ga kerja sebagai diplomat aja, memang fokus utamanya kemenlu, kuta bisa masuk kementrian keuangan, kementrian pertahanan, perbankan, jurnalis, lulusan UNPAR banyak yang media jadi jurnalis, kementrian keuangan, banyak prospek kerjanya.

Lihat vlog dari ratusan mahasiswa di seluruh Indonesia di Youtube Intip Kuliah. Klik Disini

Apa rencana dan harapan kamu setelah lulus?

Pengen kerja dulu, pengen masuk ke NET TV atau media jurnalistik yang bahasnya kaya tim Mata Najwa, kemudian harapannya lanjutin S2.

Q&A

  • Suka dukanya di hubungan internasional itu apa?

Jawaban: Banyak sih, tapi banyak suka nya kalo kamu masuk di jurusan yang kamu suka. Kalo aku sendiri sukanya banyak berorganisasi, banyak praktik dari teori, organisai banyak, acaranya banyak, terus banyak lebih open minded, dukanya tugasnya banyak, karena paper dan harus baca, masalahnya aku kurang suka baca.

Kode konten: C439

Jawaban dari penulis akan masuk email kamu.

Your email address will not be published. Required fields are marked *