Hubungan Masyarakat, Universitas Brawijaya

Hubungan Masyarakat Universitas Brawijaya (Hilda)

Hubungan Masyarakat Universitas Brawijaya (Hilda)

Halo sobat intipers! Aku Ruce Anastasia Hilda P dari Prodi Hubungan Masyarakat Universitas Brawijaya. Kali ini aku ingin sharing pengalaman kuliah ku dan memperkenalkan jurusan/prodi yang aku ambil. Lanjut bacanya ya intipers. Bagi teman-teman yang mau bertanya atau diskusi bisa komen di bawah artikel ini. Kalau sempat aku balas ya, jawabannya akan masuk ke email kalian kok, pastikan kalian baca sampe beres dulu artikel ini sebelum bertanya.

Secara umum, jurusan Hubungan Masyarakat Universitas Brawijaya itu seperti apa?

Banyak orang yang pemikirannya masih sempit soal jurusan Humas atau Public Relation. Banyak orang berpikir kalau Humas itu Cuma belajar tentang cara ngomong atau komunikasi, padahal humas juga belajar tentang internal perusahaan, cara membangun relasi, branding. Sebenernya PR itu luas banget gitu.

Apa yang jadi alasan masuk jurusan Hubungan Masyarakat Universitas Brawijaya?

Karena suka sosialisasi, suka ngobrol sama orang. Kedua, karena PR ini banyak dibutuhkan di perusahaan.

Bagi kalian yang ingin mendapatkan info jurusan dan masuk perguruan tinggi follow Instagram @intipkuliah. Akan ada live lebih dari 60 jurusan per bulan. Klik Disini

Apa mata kuliah dan tugas yang khas dari jurusan ini?

Mata kuliahnya itu banyak ya, cuma aku mau sebutin 2 yang paling menarik menurutku. Pertama, itu ada public speaking. Kita belajar tentang cara ngomong di depan banyak orang, cara membentuk suara supaya enak didenger orang, gesture tubuh yang bener, pemilihan bahasa dan intonasi.

Ada juga matkul Manajemen PR, di sini kita diajari untuk membuat event untuk dijalankan. Kemudian ketika ada masalah, di situ peran kita sebagai PR untuk menyelesaikan masalah yang ada. Kita juga bealjar cyber PR, digital, fotografi juga.

Karena sekarang aku di semester 4, jadi aku sedang magang. Magang ini tugasnya buat berita humas kalau misalnya ada event di perusahaan, terus kita liput dan jadikan berita dan diupload di web perusahaan. Ada mata kuliah public speaking kadang bisa jadi MC, dll.

Kalau praktikum di PR beda universitas beda tugas juga. Rata-rata kita diajarkan untuk membuat event, dibuat kelompok2. Misalnya kita tertarik sama dunia sosial, kita bisa melaksanakan kegiatan di panti asuhan, kita diajarkan untuk merancang, budgeting, ketika ada masalah kita diajarkan mengkotak-kotakan masalah hingga ketemu solusinya terus dieksekusi dan evaluasi. Kalau untuk praktikum individu sih jarang, tapi bisa dialami ketika magang.

Adakah konsentrasi atau kelompok keahlian di jurusan ini?

Di UB, Humas masuk ke vokasi atau diploma, jadi gak ada konsentrasi karena Humas itu udah jadi konsentrasi di Ilmu Komunikasi di S1.

Apa saja jalur ke jurusan Hubungan Masyarakat Universitas Brawijaya?

Jalurnya itu ada 2, mandiri dan prestasi. Jalur mandiri ini bisa dipahami kaya tes tulis, modelnya sama kaya SBMPTN tapi soalnya lebih sederhana dan umum, jadi gak ada pembedaan antara IPA dan IPS. Jalur prestasi ini bisa dimasuki apa temen-temen yang punya prestasi akademik maupun non akademik. Untuk info lebih lengkap bisa akses web vokasi UB.

Kuota penerimaan seangakatan tiap tahun berbeda tapi sekitar 100 orang.

Ada tips buat mahasiswa baru jurusan ini?

Tipsnya, kalian harus mempersiapkan Bahasa Inggris karena sangat penting di dunia pekerjaan. Kalian juga harus belajar percaya diri jadi nanti bisa berhasil di dunia kuliah sama kerja nanti.

Lihat vlog dari ribuan mahasiswa di seluruh Indonesia di Youtube Intip Kuliah. Klik Disini

Bagaimana prospek kerja dari alumni jurusan ini?

PR itu prospek kerjanya luas, dimana aja bisa. Di berbagai perusahaan bisa, misalnya di Gudang Garam, Gresik atau mau di per-tv-an itu juga bisa kaya CNN, dll. Kalau gak mau di perusahaan kalian juga bisa kerja di universitas, itu juga bisa. Aku juga sekarang lagi magang di universitas. Alumni juga banyak yang kerja di radio, kepolisian, kantor rumah sakit juga bisa. Luas banget.

Apa rencana dan harapan kamu setelah lulus?

Aku pengen jadi event organizer karena itu berkaitan banget dengan PR. Event organizer ini kan butuh berhubungan dengan banyak pihak ya, ya pokoknya pengen bisa menerapkan ilmu PR gitu.

Kode Konten: C122

Komen dibawah! 8

  1. Cahyo Zhorif Haryadi

    Permisi kak, mau tanya apakah jurusan hubungan masyarakat ada hitung hitungannya atau tidak ya??? Karena saya lemah di hitungan

  2. Ulfah

    Halo kak, saya kan mau ambil pr, nah itu fakultas nya fakultas ilmu sosial dan politik yah? Nanti prodi nya ambil ilmu komunikasi, begitu kah kak? Atau ada prodi humas sendiri? Bingung saya, mohon bantuan nya.

    • anastasiahylda

      Halo Ulfah ? kalau di UB, PR masuk vokasi ya di bawah prodi Administrasi Publik. Jadi kalau Ulfah mau ambil PR, nanti dari D3 biasanya akan dibuka ekstensi menuju S1 (2 tahun). Maaf baru membalas, semoga membantu

  3. Nadya Mariska

    Hai kak, saya mau nanya nih. Hmm pr itu ada jurusan tersendiri atau masuk ke ilmu komunikasi? Terus itu lulus D3 atau S1? Mohon bantuannya ya kakk, terimakasihh.

    • anastasiahylda

      Halo Nadya, PR itu bagian dari Ilmu Komunikasi ya. Jadi di UB kalau khusus untuk PR saja masuk ke Vokasi (Jenjang D3). Kalau mau S1, bisa ambil Ilmu Komunikasi di UB. Nah, nanti akan ada peminatan, diantaranya ada PR, Broadcasting, dan lainnya sesuai dengan kurikulum terbaru. Maaf baru membalas, semoga membantu ya

  4. Vania

    Halo kak, berarti kalau aku mau ambil Humas tapi yang S1 harus ambil jurusan Ilmu Komunikasi ya? Oh iya, kalau lewat jalur SNMPTN mau masuk Ilmu Komunikasi bisa nggak?

Jawaban dari penulis akan masuk email kamu.

Your email address will not be published. Required fields are marked *