Hubungan Masyarakat, Universitas Brawijaya

Hubungan Masyarakat Universitas Brawijaya (Renatha)

Hubungan Masyarakat Universitas Brawijaya (Renatha)

Halo sobat intipers! Aku Renatha Juwita Puspaningtyas dari Prodi Hubungan Masyarakat Universitas Brawijaya angkatan 2018. Kali ini aku ingin sharing pengalaman kuliah ku dan memperkenalkan jurusan/prodi yang aku ambil. Lanjut bacanya ya intipers. Bagi teman-teman yang mau bertanya atau diskusi bisa komen di bawah artikel ini. Kalau sempat aku balas ya, jawabannya akan masuk ke email kalian kok, pastikan kalian baca sampe beres dulu artikel ini sebelum bertanya.

Secara umum, jurusan Hubungan Masyarakat Universitas Brawijaya itu seperti apa?

Jurusan ini bisa dibilang konsentrasi dari prodi ilmu komunikasi. Jadi bisa dibilang humas dan ilkom itu hampir sama. Bedanya, kalau humas ini langsung ke tindakannya gitu. Misalnya kita bekerja di perusahaan, terus ada masalah, nah Humas ini jadi yang pertama dalam halmengatasi masalah, misalnya dengan membuat press release atau berita. Memang humas ini diutamakan untuk menangani krisis yang terjadi, tapi banyak juga yang ke bidang media kreatif atau periklanan. Kita di sini diajarin untuk buat berita, iklan terus membuat kalimat yang berpromosi gitu.

Oh ya di semester 4 itu ada magang. Temen-temen gak boleh ngeremehin magang karena itu kaya gambaran dunia kerja sesungguhnya dan mempersiapkan diri untuk magang dengan kuliah sebaik-baiknya. Untuk tempat magangnya itu bebas, kita tinggal laporan aja ke dosen tentang tempat magangnya.

promo-web

Apa yang jadi alasan masuk jurusan Hubungan Masyarakat Universitas Brawijaya?

Dulu awalnya aku pengen ke Akuntansi karena pas SMA nilai Akuntansi ku bagus gitu. Tapi pas daftar di jurusan Akuntansi itu ketolak terus, terus aku diarahin juga sama tante ku. Nah, pas liat beberapa jurusan ada yang menarik, nah public relations salah satunya. Dulu aku orangnya introvert, susah banget untuk ngomong di depan umum dan terbuka ke orang lain. Jadi aku ambil jurusan ini, siapa tahu aku bisa mulai perlahan bisa bicara di depan umum gitu.

Apa mata kuliah dan tugas yang khas dari jurusan ini?

Kalau mata kuliah itu banyak, mulai dari komunikasi antar pribadi dan massa, public speaking, teknik produksi, fotografi juga ada. Banyak sih sebenernya.

Tugasnya itu karena D3 jadi diutamain untuk praktik, lebih dominan itu presentasi. Kita dilatih buat presentasi, cara berbicara dengan baik, cara ambil foto yang baik, membuat video marketing, cara menulis berita dan bisa ngomong di depan umum dengan baik.

Praktik public speaking itu yang paling berkesan karena susah banget apalagi untuk aku yang pendiem ini terus ditantang untuk maju di depan umum. Dulu praktiknya bicara di depan kelas, misal dosenku itu ngasih tugas membuat berita terus dosenku minta kita untuk membacakan berita di depan kelas dengan baik dan benar.

Adakah konsentrasi atau kelompok keahlian di jurusan ini?

Untuk di angkatan aku ga ada konsentrasi, tapi di maba tahun 2020 ini denger-denger bakal ada konsentrasi.

 

Apa saja jalur masuk untuk jurusan ini?

Vokasi kan punya fakultas sendiri, untuk tesnya ada jalur tersendiri, gak ikut ke SNMPTN, SBMPTN, atau tes mandiri. Kalau di angkatan aku ada jalur tes tulis aja. Materi tesnya kaya pengetahuan umum dan pelajaran dasar aja kalau pas waktu aku di 2018. Biasanya tes ini setelah jalur mandiri selesai. Mulai tahun kemarin ada 2 jalur, jalur prestasi sama jalur tes.  Info lebih lengkap bisa diakes di selmaub.ac.id.

Oh ya, angkatan aku ada 58 orang, tahun 2019 kuota dinaikin gitu.

Ada tips buat mahasiswa baru Hubungan Masyarakat Universitas Brawijaya ?

Kalau kalian mau masuk jurusan ini harus belajar kreatif biar gak susah ngikutin tugas-tugasnya. Jangan ragu untuk memperluas relasi karena anak-anak di jurusan ini biasanya pada humble dan gampang banget untuk akrab.

Bagaimana prospek kerja dari alumni jurusan ini?

Secara umum untuk alumni banyak yang kerja di walking space, tapi banyak juga yang masuk ke instansi pemerintahan, kaya di Pemkot, bahkan Istana Bogor.

Apa rencana dan harapan kamu setelah lulus?

Rencananya aku mau lanjut S1 atau gak aku mau kerja gitu.

Q&A

  1. Suka duka selama di jurusan ini?

Susahnya karena aku tipe orang yang susah ngomong dan masuk jurusan ini harus bisa berani ngomong. Sering juga kalau besoknya ada presentasi aku dari malemnya udah deg-degan sendiri. Kalau senengnya sih rata-rata anak di jurusan ini gampang banget sama orang lain, dan karena aku diajarin untuk komunikasi dengan baik jadi aku bisa memperluas relasi bahkan sampai ke univ lain.

Kode Konten: C116

Jawaban dari penulis akan masuk email kamu.

Your email address will not be published. Required fields are marked *