Hubungan Masyarakat, UPN Veteran

Hubungan Masyarakat UPN Yogyakarta (Ayu)

Hubungan Masyarakat UPN Yogyakarta (Ayu)

Hallo sobat intip kuliah ! perkenalkan namaku Ayu Larasati mahasiswi Universitas Pembangunan Nasional “Veteran” Yogyakarta program studi Hubungan Masyarakat angkatan 2018. Disini saya akan berbagi cerita pengalaman saya berkuliah di program studi hubungan masyarakat UPN “Veteran” Yogyakarta. Yuk simak pengalaman saya.

Apa itu jurusan Hubungan Masyarakat UPN Yogyakarta?

Nah, hubungan masyarakat atau yang sering disebut sebagai public relations (PR) merupakan program studi baru di UPN “Veteran” Yogyakarta. Dimana program studi Hubungan Masyarakat baru menerima mahasiswa pada tahun ajaran 2018/2019. Jadi saat ini program studi tersebut masih memiliki dua angkatan dan akan memasuki tiga angkatan yang akan berjalan ini. Pada awalnya program studi Hubungan Masyarakat di UPN “Veteran” Yogyakarta ini merupakan salah satu konsentrasi dari jurusan Ilmu Komunikasi. Namun, karena adanya permintaan perusahaan terkait profesi Humas atau Public Relations dan banyaknya animo mahasiswa  pada saat menjadi konsentrasi barulah dibuka program studi Sarjana Satu Hubungan Masyarakat dan satu-satunya yang ada di Yogyakarta. Program studi tersebut masih di bawah naungan jurusan Ilmu Komunikasi dan Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik.

Bagi kalian yang ingin mendapatkan info jurusan dan masuk perguruan tinggi follow Instagram @intipkuliah. Akan ada live lebih dari 60 jurusan per bulan. Klik Disini

Mata kuliah di Humas UPN Yogyakarta

Mata kuliah di program studi hubungan masyarakat ada banyak sekali, secara umum meliputi pengantar ilmu komunikasi, dasar-dasar hubungan masyarakat, manajemen hubungan masyarakat, metodologi penelitian komunikasi, kampanye hubungan masyarakat, community relations, etika dasar humas, audit komunikasi, psikologi komunikasi, stakeholder engagement, studi kasus humas, marketing public relations, customer relations, produksi media humas, dan masih banyak lagi. Selain itu, program studi hubungan masyarakat juga mengajarkan mata kuliah berbasis skill seperti bahasa inggris, public speaking, penulisan naskah humas, negosiasi dan fotografi. Kemudian mata kuliah yang menurut penulis menarik adalah kampanye hubungan masyarakat, manajemen humas dan community relations.

Menurut penulis di mata kuliah kampanye hubungan masyarakat diajarkan berfikir kreatif dalam menyusun rancangan komunikasi kampanye yang menarik. Sebelum praktik membuat kampanye, mahasiswa ditugaskan untuk observasi di perusahaan atau organisasi untuk melakukan wawancara ke bagian humas atau PR mengenai kampanye yang telah mereka lakukan. Pada momen ini sangat berkesan karena mahasiswa belajar mengenai kampanye yang baik ke praktisi atau ahlinya secara langsung. Selanjutnya mata kuliah yang menarik adalah manajemen hubungan masyarakat. Di mata kuliah tersebut diajarkan mengenai peran seorang humas atau PR ketika kelak bekerja di suatu organisasi atau perusahaan. Serta community relations, pada mata kuliah tersebut, mahasiswa diajarkan mengenai bagaimana menggait dan memberdayakan komunitas atau masyarakat dalam program perusahaan seperti CSR (Corporate Social Responsibility). Dalam memahami konsep mata kuliah tersebut, mahasiswa diajak ke suatu tempat tepatnya di perusahaan swasta kemudian mahasiswa melakukan pemetaan stakeholder.

Dosen favorit

Dosen favorit menurut penulis adalah ibu Siti Fatonah. Beliau mengajar mata kuliah dasar-dasar hubungan masyarakat, pengembangan kepribadian, public speaking, dan beberapa mata kuliah lain. Beliau juga sering sharing mengenai pengamalan menarik dan sangat mendukung semua progress yang dilakukan oleh mahasiswa . Selain itu, dosen favorit selanjutnya yaitu bapak Prayudi. Beliau mengampu mata kuliah manajemen hubungan masyarakat, negosiasi dan presentasi. Wawasan beliau sangat luas, sehingga materi yang diajarkan menjadi mudah dipahami oleh mahasiswa. Kemudian ibu Dewi Novianti, beliau mengampu berbagai macam mata kuliah seperti pengantar pemasaran, sosiologi komunikasi, penulisan naskah humas, dan kampanye humas. Wawasan beliau juga sangat luas dan cara mengajar yang tidak monoton sehingga materi yang dijelaskan menjadi menarik.

Tips kuliah

Tips untuk mahasiswa baru program studi hubungan masyarakat. Saya sarankan untuk menjadi mahasiswa yang aktif, kritis, kreatif dan inovatif. Karena berbagai mata kuliah yang diterapkan menuntut mahasiswa untuk berfikir aktif, kritis, kreatif, dan inovatif. Disarankan juga untuk mengambil kesempatan magang dan mengikuti berbagai organisasi internal kampus. Seperti BEM (Badan Eksekutif Mahasiswa) tingkat universitas atau fakultas, Himpunan Mahasiswa, Unit Kegiatan Mahasiswa, Kelompok Studi Mahasiswa seperti Lembaga Pers Mahasiswa Sikap Pers dan UPN TV Jogja.

Selain itu, apabila berkeinginan untuk mengasah skill lebih mendalam terkait humas ada juga organisasi di luar kampus berbasis kehumasan yaitu PERHUMAS (Perhimpunan Hubungan Masyarakat) Muda Yogyakarta. Disarankan untuk berpartisipasi dalam kompetisi yang berbasis humas. Seperti lomba PR Campaign, lomba Manajemen Krisis, lomba fotografi dan masih banyak lagi. Namun, harus selektif dan menyesuaikannya dengan passion agar tidak keteteran antara akademik maupun non akademik. Dengan mengikuti organisasi maupun kompetisi tersebut sangat bermanfaat untuk diterapkan kelak nanti saat bekerja. Karena dunia kerja bidang public relations dituntut memiliki skill yang mumpuni.

Berbagai tantangan saat menjadi mahasiswa program studi hubungan masyarakat adalah biasanya merasa tidak cocok dan salah masuk jurusan. Hal tersebut wajar karena mahasiswa baru masih memasuki fase adaptasi di perkuliahan. Saran penulis buat siswa-siswi yang akan mendaftar kuliah lebih baik riset dan mencari tahu tentang jurusan yang akan diambil terlebih dahulu agar tidak merasa salah jurusan.

Prospek Pekerjaan Jurusan Humas

Prospek kerja dari program studi hubungan masyarakat ini sangat luas sekali, karena lulusan hubungan masyarakat bisa fleksibel bekerja di berbagai sektor. Lulusan hubungan masyarakat kelak bisa bekerja di sektor pemerintahan, perusahaan swasta, perusahaan berbasis profit maupun non-profit, akademisi, praktisi, PNS dan bahkan bisa menjadi entrepreneur. Saat ini prodi hubungan masyarakat UPN “Veteran” Yogyakarta masih baru oleh karena itu belum memiliki alumni. Namun, apabila menilik alumni jurusan ilmu komunikasi konsentrasi public relations (hubungan masyarakat) berbagai alumni tersebut bekerja sebagai dosen, praktisi public relations, marketing communication di hotel, marketing communication dan public relations di bank, PR di perusahaan pertambangan, bekerja di berbagai media, dan masih banyak lagi.

Lihat vlog dari ribuan mahasiswa di seluruh Indonesia di Youtube Intip Kuliah. Klik Disini

Harapan setelah lulus

Kelak setelah lulus dari program studi hubungan masyarakat UPN “Veteran” Yogyakarta saya ingin bekerja menjadi bagian PR (public relations) di sektor pemerintahan. Sebelumnya, saya juga berencana untuk mengambil magang di pemerintah daerah. Namun, saya juga ingin meningkatkan skill kehumasan dengan mengikuti berbagai pelatihan dan workshop karena saat ini banyak tuntutan untuk menjadi PR yang profesional.

Kode Konten: X189

Komen dibawah! 2

  1. Jesika Exsperanza

    Assalamualaikum, kak.. Wahh makasih byk atas info ttg jurusan humas di upn veteran. Jujur saya lagi bingung banget buat milih jurusan kuliah nnti. Saya terpikir untuk ngepoin jurusan humas ini dan lumayan tertarik kak. Nah, aku mau nanya, biasanya anak humas kalau magang/pkl itu dimana kak? Trs klo udh lulus nnti kira2 sulit gak utk langsung dpt pekerjaan?
    Makasih :))
    Mohon di respon ya kak… Aku berharap ada kenalan dari kakak2 yg udh kuliah terutama dijurusan ini.. :))

  2. Asshifa

    assalamualaikum kak, sebelumnya terima kasih atas informasinya jurusan humas ini, yang awalnya bingung mau jurusan dimana, kebetulan saya tau jurusan dari alumni sekolah saya yang masuk jurusan humas di UPNVY ini, jadi saya juga kepo dan lumayan tertarik dengan dengan jurusan ini setelah membaca artikel kakak. saya ada pertanyaan nih kak anak humas PKL/magang biasanya dimana ya kak? lalu kalau lulus nanti kalau mau kerja di bidang apa ya kak? apakah mencari pekerjaan sulit/tidak kak?
    terima kasih…
    mohon responnya ya kak, semoga informasi ini bisa menambah wawasan saya nanti kedepannya:))

Jawaban dari penulis akan masuk email kamu.

Your email address will not be published. Required fields are marked *