Hukum, UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta

Hukum Ekonomi Syariah UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta (Azizah)

Hukum Ekonomi Syariah UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta (Azizah)

Halo sobat intipers! Aku Siti Azizah dari Hukum Ekonomi Syariah UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta angkatan 2020. Kali ini aku ingin sharing pengalaman kuliah ku dan memperkenalkan jurusan/prodi yang aku ambil. Lanjut bacanya ya intipers. Bagi teman-teman yang mau bertanya atau diskusi, bisa komen di bawah artikel ini. Kalau sempat akan dibalas ya, jawabannya akan masuk ke email kalian kok. Pastikan kalian baca sampe beres dulu artikel ini sebelum bertanya.

Bagaimana gambaran umum program studi Hukum Ekonomi Syariah UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta?

Secara garis besar sebenarnya Hukum Ekonomi Syariah mempelajari 3 aspek mulai dari hukum positif, ekonomi hingga bisnisnya. Secara umum dalam studi ini kita akan belajar berfokus pada hukum perekonomian, perbankan dan muamalah lainnya. Prodi ini merupakan prodi yang peluangnya sangat besar dimasyarakat karena banyak sangkut pautnya kan masyarakat dengan objek-objek hukum dan ekonomi, misalnya perdata, pertanahan, agraria dan perceraian (tapi lebih berfokus kepada hukum keluarga).

Bagi kalian yang ingin mendapatkan info live jurusan tiap minggu, TO Online, konsultasi jurusan, dan info seputar kuliah bisa gabung ke grup wa.

Apa alasan memilih jurusan Hukum Ekonomi Syariah?

Aku pribadi dulu memilih jurusan ini karena minatku ke Ekonomi. Kemudian ada rekomendasi dari guru ekonomi ku, kalau kita masuk ke jurusan ekonomi syariah itu prospeknya luas. Seiring berjalannya waktu aku tau nih bahwa ada hukum ekonomi syariah. Karena menurutku jurusan ini menarik, maka aku memilih jurusan ini.

Kebanyakan orang membandingkan prodi hukum ekonomi syariah dengan ekonomi syariah. Biasanya stigma orang menganggap bahwa lulusan ini mengurus lembaga amil zakat dan bekerja di perbankan. Stigma ini memang benar, namun prospeknya lebih luas dari itu. Kita bisa menjadi praktisi dibidang hukumnya maupun ekonominya. Prodi ini cukup kompleks.

intipkuliah-web1

Apa mata kuliah dan tugas serta praktikum yang ada di Hukum Ekonomi Syariah?

Untuk mata kuliah dan tugas khas yang ada disini akan aku bagi jadi 2 sisi, mata kuliah dan praktikum aja ya atau PKL. Untuk mata kuliahnya yang jarang ada dijurusan lain itu seperti hukum investasi, pasar modal syariah. Kemudian ada hukum perusahaan, hukum perlindungan konsumen, hukum ketenagakerjaan dan hukum bisnis internasional. Kemudian karena memang basic kita adalah hukum, maka ada kaitan dan harus ada perspektif dari hukum positif maupun keislamannya. Kedua ada PKL atau magang. Kita gacuma masuk ke ranah hukum, namun kita juga akan praktikum dibidang ekonomi seperti lembaga jaringan masyarakat berkeadilan, Ombudsman, lembaga perbankan, lembaga zakat, badan pengawas keuangan syariah dan masih banyak lagi. Ada juga notaris maupun pengadilan. Namun untuk pengadilan umum maupun negeri masih jarang, banyaknya ke pengadilan agama.

Apa saja konsentrasi dan keahlian di Hukum Ekonomi Syariah UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta?

Kalau konsentrasi yang sudah tadi aku sampaikan. Namun akan aku bagi lagi disini supaya lebih jelas. Ada advokasi bahkan kenotariatan. Kemudian legal officer dan tenaga pendidik.

Apa saja jalur masuk yang ada dijurusan ini?

Jalur masuk yang ada dijurusan ini ada banyak. Ada SPAN-PTKIN yang merupakan jalur rapor. Lalu ada UM-PTKIN yang sama seperti SBMPTN. Ada jalur mandiri prestasi dan jalur mandiri portofolio. Kebetulan aku kurang paham juga mekanisme untuk jalur Mandiri, karena aku masuk melalui jalur SPAN-PTKIN.

Adakah tips untuk mahasiswa baru?

Untuk tipsnya sendiri kayanya cuma satu deh, banyak mencari relasi dan channel dari sekarang. Prospek kerja yang luas itu peminatnya juga banyak. Untuk menjadi hakim, notaris dan pekerja lainnya mungkin akan lebih mudah apabila kita memiliki jaringan juga ya. Kalau kita gapunya relasi akan agak sulit. Aku sih prefer mendekati kakak tingkat atau alumni. Ketika mereka ada lowongan kerja yang dipanggil itu pasti adik tingkat yang sejurusan dan dekat dengan dia.

Prospek kerja dan alumni jurusan Hukum Ekonomi Syariah UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta seperti apa?

Untuk prospek kerjanya sudah aku bocorin di awal saking bersemangatnya ya. Prospek kerjanya secara teori bisa masuk ranah hukum, ekonomi dan bisnis. Prodi ini cukup luas cakupannya. Ada identitas syariah disini. Kita gacuma masuk ke ranah hukum, namun kita juga akan praktikum dibidang ekonomi seperti lembaga jaringan masyarakat berkeadilan, Ombudsman, lembaga perbankan, lembaga zakat, badan pengawas keuangan syariah dan masih banyak lagi. Ada juga notaris maupun pengadilan. Namun untuk pengadilan umum maupun negeri masih jarang, banyaknya ke pengadilan agama.

Rencana dan harapan setelah lulus?

Rencana sendiri aku belum ada sih karena aku baru semester 4 dan masih berproses mencoba banyak hal. Harapannya semoga bisa bekerja sesuai dengan fokus jurusan saat ini. Aku juga berharap agar tidak dibandingkan dengan jurusan ekonomi syariah maupun hukum syariah karena kami berbeda.

 

Kode konten: C980

Jawaban dari penulis akan masuk email kamu.

Your email address will not be published.