Hukum Keluarga, Universitas Islam Negeri

Hukum Keluarga Islam UIN Antasari Banjarmasin (Rif’a)

Hukum Keluarga Islam UIN Antasari Banjarmasin (Rif’a)

Assalamualaikum wr wb intipers. Perkenalkan nama saya Rif’a Noor Awalia. Mahasiswi Prodi hukum keluarga Islam UIN Antasari Banjarmasin angakatan 2018. Di sini saya akan membagikan sedikit pengalaman Saya selama berkuliah di jurusan ini yuks disimak! Happy reading teman teman.

Bagi teman-teman yang mau bertanya atau diskusi, bisa komen di bawah artikel ini. Kalau sempat akan dibalas ya, jawabannya akan masuk ke email kalian kok. Pastikan kalian baca sampe beres dulu artikel ini sebelum bertanya.

APA YANG DIPERLAJARI DI PRODI HUKUM KELUARGA ISLAM UIN ANTASARI BANJARMASIN

Hukum keluarga Islam atau Al-Ahwal Al-Syakhsiyah adalah istilah bagi keseluruhan hukum yang menyangkut masalah keluarga dan peradilan Islam. Seperti hukum perkawinan, warisan, wasiat, hibah, dan peradilan agama. Banyak orang mengira di jurusan hukum keluarga Islam ini tidak ada perihal hitung menghitung. Wah stigma seperti harus dihilangkan ya. Pada bagian kewarisan kita diharuskan menghitung waris dan juga ada namanya ilmu Falak termasuk juga dalam pengerjaan melakukan perhitungan.

MATA KULIAH DAN TUGAS DI HUKUM KELUARGA ISLAM UIN ANTASARI

Berbicara mengenai hukum keluarga tentunya kita akan diberi mata kuliah manajemen KUA yang dimana kita akan mempelajari proses orang mendaftarkan nikah sampai menikahnya,dan juga diberikan praktek untuk menjadi penghulu pada saat ada pratikum KUA tidak hanya belajar tentang nikah namun kita akan diberi tau tata cara nya dan hal hal apa saja yang terikat dengan KUA. Tugas nya kita akan menjalani berbagai macam pratikum seperti mengetahui tata cara pendaftaran nikah dll.

Mata kuliah selanjutnya yang berkesan menurut saya ialah Ilmu Falak,Ilmu Falak ini mempelajari tentang Rasdhul kiblat,penentuan waktu sholat,Awal puasa, melihat hilal dengan menggunakan alat modern dan juga praktik dengan menggunakan sistem tradisional.ilmu Falak menjadi tantangan tersendiri bagi mahasiswa yang berkuliah di jurusan ini karna harus betul betul memahami teori dan prakteknya. Tugasnya ialah kita akan menghitung arah kiblat dimana ini sangat menguras kesabaran karna harus di waktu yang tepat.

Juga ada mata kuliah Hukum acara perdata dimana hal ini kita bisa langsung praktek ke pengadilan dan melihat sidang yang terbuka untuk umum.

Praktikum mata kuliah ilmu falak

TIPS BAGI MAHASISWA YANG BERKULIAH DI JURUSAN HUKUM KELUARGA ISLAM 

Bagi temen-temen yang sudah berkuliah atau baru ingin berkuliah di jurusan hukum keluarga Islam jangan hanya mengandalkan Sosial media sebagai sumber informasi namun kita harus memiliki buku pegangan sendiri,baik itu perihal perdata Dan lainnya,karna itu akan menunjang prestasi kalian dan menjadi nilai lebih kalian di Kelas nantinya. Karna akan banyak tantangan yang akan dihadapi seperti mehafal ayat,pasal insha Allah jika kalian memiliki pegangan buku kalian akan mudah untuk melewati ini. Jangan juga menjadi mahasiswa kupu-kupu atau kuliah pulang usahakan menjadi mahasiswa yang aktif baik di akademis maupun non akademis

PROSPEK KERJA

Banyak sekali prospek pekerjaan pada jurusan ini karna sangat berhubungan dengan masyarakat contoh kita bisa mendaftar di KUA,PA,PN, jadi dosen, pegawai kemenag, penghulu, advokat,ahli hukum dan masih banyak lagi. Bahkan kita bisa menjadi konsultan Hukum

RENCANA KE DEPANNYA

Alhamdulillah saya telah menyelesaikan Semester 4 ini dan di semester 5 nanti akan dilaksanakan nya magang di KUA kecamatan,kedepannya saya berharap di saat saya magang sudah bisa mendapatkan judul skripsi dan setelah lulus saya ingin bekerja di pengadilan agama sebagai panitera pendamping hakim,karna bagi saya mengikuti pengadilan dan tau akhir dari sebuah permasalahan ada daya tarik tersendiri bagi saya pribadi.

Kode konten: X244

rifaawalia48gmail-com
Rif'a Noor Awalia Jurusan Hukum keluarga islam Fakultas syariah Universitas islam negeri Antasari Banjarmasin

Komen dibawah! 2

  1. Mariam

    Ka, kalo ngeasrama bisa sambil kerja gak sih, terus mata kuliah yang susahnya apa aja ka?

  2. Annisa

    Ka ,hitung menghitung warisan itu sama kaya yg dipelajari dipesantren gitu kan kak? atau ada yg beda?

Jawaban dari penulis akan masuk email kamu.

Your email address will not be published. Required fields are marked *