Hukum Keluarga, Universitas Islam Negeri

Hukum Keluarga Islam UIN Maliki Malang (Annisa)

Hukum Keluarga Islam UIN Maliki Malang (Annisa)

Halo sobat intipers! Aku Annisa Wijayanti Winarsoputri jurusan Hukum Keluarga Islam UIN Maliki Malang angkatan 2017. Kali ini aku ingin sharing pengalaman kuliah ku dan memperkenalkan jurusan/prodi yang aku ambil. Lanjut bacanya ya intipers. Bagi teman-teman yang mau bertanya atau diskusi, bisa komen di bawah artikel ini. Kalau sempat akan dibalas ya, jawabannya akan masuk ke email kalian kok. Pastikan kalian baca sampe beres dulu artikel ini sebelum bertanya. Kalian juga bisa nonton versi videonya melalui link berikut. Klik Disini

Secara umum, Jurusan Hukum Keluarga Islam UIN Maliki Malang itu seperti apa?

Hukum keluarga islam adalah salah satu jurusan yang berada di rumpun fakultas syariah yang mempelajari mengenai hukum-hukum keluarga seperti perceraian, pernikahan, hak waris, dan jurusan ini sangat kompleks. Di satu sisi juga mempelajari hukum islam, disisi lain mempelajari hukum konvensional jadi di semester awal kita nanti dikasih fondasi-fondasi mengenai hukum islam seperti ushul fiqih, ulumul qur’an, ulumul hadits, baru di semester selanjutnya kita mempelajari hukum-hukum konvensional seperti fakultas hukum yang lainnya. 

Bagi kalian yang ingin mendapatkan info jurusan dan masuk perguruan tinggi follow Instagram @intipkuliah. Akan ada live lebih dari 60 jurusan per bulan. Klik Disini

Apa yang jadi alasan masuk Jurusan Hukum Keluarga Islam UIN Maliki Malang?

Alasan saya yaitu melihat prospek kerja nya itu alhamdulillah banyak di jurusan ini yaitu jadi panitera, mediator, hakim, lalu ada yang kedua saya suka berdiskusi. Di jurusan ini, kita itu banyak bertukar pikiran, berdiskusi, dan ada salah satu mengenai program mengenai minat dan bakat adanya low debate community mengenai bagaimana kita untuk bisa mematahkan lawan dalam debat. 

Slide3

Apa mata kuliah dan tugas yang khas dari jurusan ini?

Mata kuliah dan tugas yang khas itu kita yang pertama ada namanya praktik peradilan, jadi nanti di jurusan itu disediakan tempat sendiri mengenai praktik pengadilan seperti di pengadilan agama karena kita konsentrasinya di pengadilan agama. Lalu yang kedua, nanti ada mata kuliah hukum ekonomi syariah itu ada mengenai mini penelitian jadi kita akan berkunjung ke lembaga-lembaga ekonomi yang syariah apakah pada praktiknya itu berjalan sesuai dengan hukum syariah atau tidak.

Adakah konsentrasi atau kelompok keahlian di jurusan ini?

Konsentrasi jurusan nanti di semester enam itu ada pelajaran pilihan, jadi kita bisa memilih mengenai hukum-hukum konvensional yang belum diajarkan di smester sebelumnya dan konsentrasinya pada semester awal itu nanti kita diajarkan fondasi hukum islam seperti ulumul hadits, itu mempelajari salah satu hadits yang perawinya itu harus bisa sampai Nabi Muhammad SAW.Nanti kita akan diajarkan mengidentifikasi hadits soheh, dhoif, atau palsu.

Ada berapa jalur masuk di jurusan kamu?

Jalur masuknya ada 3, ada SPANPTKIN (undangan), tertulis, ada jalur mandiri yang ketiga. 

Ada tips buat mahasiswa baru Hukum Keluarga Islam UIN Maliki Malang?

Untuk masuk ke hukum keluarga islam harus bisa bertukar pendapat, harus banyak-banyak mengasah pikiran. Kalau begitu kita akan berani untuk mengeluarkan pendapat karena rata-rata kuliahnya itu banyak kita yang harus presentasi. Kita harus banyak upgrade mengenai topik-topik terbaru. Dosen-dosennya itu dapet nilai A itu dilihat dari keaktifan mahasiswa, gak hanya duduk mendengar ceramah, tapi kita harus bisa mengeluarkan pikiran dan pendapat kita. 

Kemudian yang kedua karena di hukum islam ini kuliahnya itu pakai buku-buku arab dan bahasa inggris. Kita itu harus bisa menguasai bahasa arab dan inggris dan terutama mengenai membaca kitab kuning karena kita ada kuliah sendiri mengenai kitab kuning itu. Jadi kita harus menguasai ilmu nahwu sorof.

Lihat vlog dari ratusan mahasiswa di seluruh Indonesia di Youtube Intip Kuliah. Klik Disini

Bagaimana prospek kerja dari alumni jurusan ini?

Prospek kerjanya itu bisa jadi panitera, hakim, mediator, advokat, kemudian kita bisa belajar di KUA, staff legal, karena kita gelarnya S.H jadi kita bisa bersaing dengan lulusan hukum yang lain. 

Apa harapan dan rencana setelah lulus?

Setelah lulus, saya ingin melanjutkan S2, agar kita bisa mengupgrade ilmu dan bisa bermanfaat bagi orang lain. 

Q&A

  • Tips agar diterima di UIN Maliki Malang 

Yang pertama tipsnya harus di geber tirakat-tirakatnya dulu, Allah dulu pokoknya mau apa-apa itu kita harus deketin Allah dulu, setelah itu kita ikhtiarnya seperti banyak-banyak prestasi, soalnya jurusan juga melihat prestasi sebelum masuk

  • Kak Annisa kemarin masuk jalur apa?

Alhamdulillah kemarin jalur undangan atau SPANPTKIN

  • Mata kuliah yang kak Annisa sukai apa?

Mata kuliah yang saya sukai yaitu manajemen dan psikologi keluarga sakinah, soalnya itu mat kuliah yang sangat urgent, karena kita akan berkeluarga kedepannya bagaimana kita bisa meredam konflik antar keluarga, dan bisa mewujudkan keluarga sakinah yang kita idam-idamkan

  • Kasih tips skill apa yang harus dimiliki biar kuliah di hukum keluarga islam lancar?

Kita harus bisa menguasai ilmu nahwi sorof, agar bisa baca kitab kuning, kemudian bahasa inggris. Karena nantinya ada mata kuliah yang kita sumbernya itu dari bahasa internasional gak hanya bahasa indonesia aja. 

Kode konten: C373

Jawaban dari penulis akan masuk email kamu.

Your email address will not be published. Required fields are marked *