Hukum, Universitas Islam Negeri

Hukum Tata Negara UIN Sunan Kalijaga (Dikri)

Hukum Tata Negara UIN Sunan Kalijaga (Dikri)

Halo sobat intipers! Aku DIkri Ilham Husaini  dari jurusan Hukum Tata Negara UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta. Kali ini aku ingin sharing pengalaman kuliah ku dan memperkenalkan jurusan/prodi yang aku ambil. Bagi teman-teman yang mau bertanya atau diskusi, bisa komen di bawah artikel ini. Kalau sempat akan dibalas ya, jawabannya akan masuk ke email kalian kok. Pastikan kalian baca sampe beres dulu artikel ini sebelum bertanya.

Secara umum, jurusan Hukum Tata Negara UIN Sunan Kalijaga itu seperti apa?

Hukum tata negara di UIN itu unik karena ada sisi hukum islamnya (siyasah). Kita gak hanya belajar tentang hukum positif di Indonesia, tapi gimana caranya kita punya sudut pandang lain dari hukum islam itu sendiri. Jadi kita bisa membandingkan lah dua dasar hukum itu.

Belajarnya bisa dibilang sama kaya waktu kita belajar PKn di sekolah dulu, ada sistem pemerintahan, lembaga negara, dan lainnya.

Slide5

Apa yang jadi alasan masuk jurusan Hukum Tata Negara UIN Sunan Kalijaga?

Intinya karena jurusan ini nanti prospek kerjanya setelah nanti lulus itu bagus, jadi termotivasi juga dan karena dari sekolah suka belajar tentang ketatanegaraan dan materi lain yang sejenis.

Apa mata kuliah dan tugas yang khas dari Hukum Tata Negara UIN Sunan Kalijaga?

Mata kuliahnya kita ada belajar tentang hukum tata negara, lembaga negara, hukum konstitusi, hukum pemerintah daerah. Khasnya di jurusan ini kita belajar fiqih tentang ketatanegaraan dalam islam. Politik islam, kepemimpinan dalam islam dan syarat menjadi pejabat publik. Uniknya ya itu kalau di jurusan ini. Kalau tugas-tugasnya itu ada membuat makalah, riset penelitian, presentasi dsb. Bareng sama temen pun kita sering diskusi.

Kita juga ada praktik di beberapa lembaga negara, seperti di Kementrian Hukum dan HAM, DPRD, Pengadilan Agama Yogyakarta, dsb.

Adakah konsentrasi atau kelompok keahlian di jurusan ini?

Sebenernya memang dari awal kita udah mengkonsentrasikan diri karena nama jurusannya juga udah hukum tata negara. Berbeda dengan jurusan ilmu hukum yang mengambil konsentrasi di semester 5.

Apa saja jalur masuk untuk jurusan ini?

Jalur masuknya itu ada SPANPTKIN, UMPTKIN sama jalur mandiri. Informasi lebih lanjut bisa cari link website UIN Sunan Kalijaga.

Ada tips buat mahasiswa baru jurusan ini?

Kalau mau sukses studi dan organisasi penting untuk bisa manajemen waktu dan harus bisa memprioritaskan hal yang seharusnya diprioritaskan. Banyak baca buku, liat realita dan banyak diskusi itu penting, biar bisa jago debat dan riset sama penelitian nanti.

Kalau untuk calon mahasiswa baru yang mau masuk jurusan ini, coba lah membentuk diri jadi orang yang bertanggung jawab, jujur, dsb karena ketika masuk agar bisa bertanggung jawab dan jujur. Profesi di bidang hukum kan penuh bertanggung jawab, kejujuran, tanggung jawab, disiplin juga dan integritas. Jaga sikap, jaga nama baik juga penting meskipun belum masuk ke jurusan ini, sebagai persiapan kalau mau berprofesi di bidang jukum.

Bagaimana prospek kerja dari alumni jurusan ini?

Prospek kerjanya seperti halnya jurusan hukum lain, bisa jadi praktisi hukum dengan menjadi hakim, jaksa, panitera, atau jadi staf ahli di kementrian atau lembaga negara. Jadi akademisi, seorang peneliti juga bisa. Kalau memang mumpuni bisa masuk partai politik, jadi pejabat negara juga bisa kan memang perlu basic di hukum.

Harapan dan rencana ke depannya?

Untuk saya sendiri, saya lagi pengen sibuk menulis, untuk bisa lanjut kuliah ke jenjang yang lebih tinggi.

Kode konten: C211

Jawaban dari penulis akan masuk email kamu.

Your email address will not be published. Required fields are marked *