Hukum, Universitas Islam Negeri

Hukum Tata Negara UIN Sunan Gunung Djati (Zaky)

Hukum Tata Negara UIN Sunan Gunung Djati (Zaky)

Halo! Kenalin aku Zaky Badruzaman dari jurusan Hukum Tata Negara UIN Sunan Gunung Djati Bandung. Yuk, disimak pengalamanku intipers.

Apa aja yang dipelajari di jurusan Hukum Tata Negara UIN SGD?

Kita gak hanya belajar tentang ilmu dan sistem hukum yang ada di Indonesi tapi juga belajar hukum Syariah. Jadi selain belajar tentang hukum perdata, hukum tata negara, hukum pidana bahkan sampek hukum internasional dipelajari, plusnya belajar hukum islamnya juga. Nah itu yang membedakan dengan ilmu hukum di universitas lain.

Pasti banyak yang ngira kalau mahasiswa jurusan hukum harus hafal undang-undang. Sebenernya enggak ya, jadi lebih kepada paham undang undang. Bagaimana undang undang dibentuk, landasan filosofisnya, landasan sosiologisnya. Jadi bedalah antara hafal dan paham. Kita juga gak hanya belajar hukum, tapi juga filsafat, logika, dan sejarahnya. Itu saling berkaitan karena kalau mau analisis hukum itu harus tau sejarahnya bagaimana, landasannya apa. Jadi perlu pemikiran mendalam terkait hukum itu belajarnya di filsafat. Untuk mengkonstruksi pikiran itu belajarnya di logika. Jadi, ada pisau analisisnya gitu.

Mungkin banyak juga yang bingung perbedaan hukum tata  negara dan ilmu hukum. Kalau hukum tata negara islam ini kita belajar tentang negara dan berkaitan erat dengan politik. Oh ya gak ada konsentrasi ya di jurusan ini.

[Tonton versi videonya di bawah ini. Klik tombol play]

hukum tata negara uin

Bagi kalian yang ingin mendapatkan info jurusan dan masuk perguruan tinggi follow Instagram @intipkuliah. Akan ada live lebih dari 60 jurusan per bulan. Klik Disini

Tugas kuliahnya kaya gimana?

Ada tugas kelompok dan diskusi. Kita sering diskusi, sharing, dengan atmosfer berdebat lah istilahnya. Kita dikonstruk memang seperti itu jadi kita terbiasa berdebat. Ada juga tugas analisis kasus atau undang undang tertentu. Ada tugas praktisi juga. Kita biasa kunjungan ke pengadilan negeri atau kantor law firma. Kadang kita juga praktisi di lab itu lembaga peradilan semu. Karena di hukum tidak hanya ilmu teori tapi praktiknya gitu kaya simulasi.

Apa mata kuliah dan dosen favorit aku?

Mata kuliah favorit itu filsafat yang diampu Dr. Beni, karena kalau belajar hukum tapi gak belajar filsafat itu kaya kurang. Filsafat ini jadi pisau analisis hukum, bagaimana kita belajar hakikat hukum, cara mempelajari hukum dan untuk apa mempelajari hukum itu dipelajari di filsafat. Saya juga suka dosen matkul politik itu Prof. Izam. Politik ini erat dengan Hukum Tata Negara.

Apa tantangan terbesar kuliah di jurusan ini menurutku?

Tantangan yang paling kerasa di semester 5 karena hectic. Karena mata kuliah semakin mengerucut banyak tugas dan praktikum, terus bagi waktu juga sama organisasi.

Prospek kerja Hukum Tata Negara UIN / alumni kerja dimana aja?

Alumni banyak yang bekerja di Pengadilan Agama, advokat, akademisi. Ada juga yang jadi praktisi.

Lihat vlog dari ratusan mahasiswa di seluruh Indonesia di Youtube Intip Kuliah. Klik Disini

Tips buat kamu yang udah masuk jurusan Hukum Tata Negara UIN?

Tipsnya jangan males baca, harus punya buku referensi wajib. Kaya pengantar ilmu hukum, pengantar ilmu manusia. Banyak banget referensi yang harus digali. Kemudian, harus gaul, harus supel dengan orang lain, ikut organisasi juga. dengan itu kita belajar komunikasi karena nanti akan berguna di pekerjaan nanti.

Harapan dan rencana setelah lulus.

Saya ingin jadi akademisi, buat jurnal, buat buku, terus ngajar. Jadi bakal lanjut S2.

Kode Konten: Y159

Komen dibawah! 5

  1. Ahmad tegar

    Kak saya maaih bingung dengan hukum tata negara (siyasah) dan ilmu hukum, perbedaanya apa ya K.
    Dan kalau sudah lulus gelar dari hukum tatanegara apa ya ka… .
    Dan banyak alumni yg jadi advokat, akademisi dan d pengadilan agama, apakah bisa anak hukum tatanegara menjadi hakim?

  2. Riziq

    Kak saya dari jurusan ipa apa peluang saya masuk ke jurusan ini besar dengan jalur ptn?

  3. Bestyaoktasari

    Haii kak, aku masih bingung antara hukum tata negara sma hukum pidana. Lebih enak ambil jurusan yg mana yaa kak menurut kk
    Terimakasih:)

  4. Anggya Nurmala

    Ka saya ingin bertanya kalo kuliah di jurusan tatanegara Islam , apa belajarnya lebih dominana tentang hukum Islam trus atau tidak kaa

  5. Inez

    Ka saya anaknya kurang bisa dalam berkomunikasi di depan umum, apakah sebaiknya saya tidak mengambil hulum tata negara?

Jawaban dari penulis akan masuk email kamu.

Your email address will not be published. Required fields are marked *