Hukum, Universitas Indonesia

Hukum UI (Fadhil)

Hukum UI (Fadhil)

Halo teman-teman, perkenalkan saya Muhammad Fadhil Pratomo, mahasiswa program sarjana di Fakultas Hukum UI / Universitas Indonesia angkatan 2018. Disini saya ingin berbagi pengalaman kuliah yang telah saya lalui sampai semester 5 di Fakultas Hukum Universitas Indonesia dengan konsentrasi peminatan Hukum Pidana. Bagi teman-teman yang mau bertanya atau diskusi, bisa komen di bawah artikel ini. Kalau sempat akan dibalas ya, jawabannya akan masuk ke email kalian kok. Pastikan kalian baca sampe beres dulu artikel ini sebelum bertanya. Kalian juga bisa nonton versi videonya melalui link berikut. Klik Disini

Mengenal lebih dekat Fakultas Hukum Universitas Indonesia

Berusia 95 tahun, Fakultas Hukum Universitas Indonesia adalah Fakultas Hukum pertama dan tertua yang ada di Indonesia, sekaligus menjadi salah satu fakultas pendiri dari Universitas Indonesia. Selain itu, FH UI merupakan Induk dari Fakultas Ilmu Sosial dan Politik UI serta Fakultas Ilmu Administrasi UI yang merupakan hasil pengembangan dari ilmu hukum. Lambang makara berwarna merah darah adalah identitas FH UI. Ini yang menjadi kebanggaan dan mencerminkan jiwa kesatria para civitas akademika dan alumni FH UI.

Apa istimewanya kuliah di Fakultas Hukum UI?

Pertama, berkuliah di FH UI menjadikan kamu dapat belajar langsung dari sumbernya. Ini karena statusnya sebagai Fakultas Hukum tertua di Indonesia dengan para guru besar dan dosen pengajar merupakan tokoh-tokoh nasional. Kedua, Hukum sebagai salah satu jurusan yang prestisius di UI dan Indonesia. FH UI memiliki fasilitas penunjang pembelajaran yang lengkap dan mewah untuk tingkatan  PTN. Ketiga, mata kuliah yang tersedia sangat menarik. Contohnya Tindak Pidana Korupsi. Akuntansi untuk ahli hukum, Ilmu kedokteran forensik dan medikolegal, Lembaga Negara Indonesia, Hukum Pajak, Hukum Agraria, Hukum Kesehatan, Hukum Telematika, Hukum Perjanjian Internasional, Hukum Diplomatik, dll. Selain mata kuliah yang sifatnya teoritis tersebut, ada mata kuliah yang sifatnya praktik dalam bentuk simulasi sidang. Seperti mata kuliah praktik acara pidana, praktik acara perdata, praktik acara peradilan tata usaha negara, dan arbitrase.

Slide3

Konsentrasi Peminatan di Fakultas Hukum UI

Terdapat 14 konsentrasi peminatan yang bisa kalian pilih di luar mata kuliah wajib. Dipilih sesuai kemampuan, minat, dan bakat masing-masing. Peminatannya antara lain ada Hukum Perdata, Hukum Ekonomi, Hukum Islam, Hukum Pidana, Hukum Tata Negara, Hukum Administrasi Negara, Sub-Peminatan Hukum Agraria-Administrasi Negara, Hukum Perburuhan, Hukum Lingkungan dan Pengelolaan SDA, Hukum Perdata Internasional, Hukum Internasional Publik, Hukum, Masyarakat, dan Pembangunan, Hukum Acara dan Peminatan Hukum Lainnya.

Setiap peminatan memiliki keunikan masing-masing. Dalam pemilihannya, biasanya disesuaikan dengan topik skripsi yang akan dibuat.

Tips dan Trik untuk bisa masuk dan survive di Fakultas Hukum UI

Untuk adik-adik kelas 12, baik SMA/K/MA semua memiliki kesempatan yang sama untuk masuk FH UI. Belajar di Fakultas Hukum tidak melulu soal menghafal peraturan perundang-undangan. Disini lebih sering mengutamakan penalaran logika. Fakultas Hukum juga bukan tempat yang tepat bagi kalian yang mencari pelarian dari “pelajaran hitung-hitungan”. Disini kalian akan menemui hukum waris, akuntasi untuk ahli hukum, dan perdata islam yang menggunakan kemampuan berhitung. Akan tetapi tidak perlu berkecil hati bagi yang lemah dalam kemampuan berhitung dan hafalan, karena semua ketika masuk FH UI mulai belajar dai 0 bersama. Dalam pengembangan berikutnya tergantung pada tekad, semangat, dan konsistensi masing-masing mahasiswa.

Untuk adik-adik angkatan 2020 yang sudah diterima di FH UI, tips dan trik untuk bisa survive adalah selalu menanamkan kejujuran dalam setiap perbuatan. Biasakan membaca buku karena kuliah ilmu hukum cakupannya luas. Tidak bisa jika hanya membaca 1-2 buku apalagi jika tidak pernah membaca. Jangan menyerah ketika gagal, serta menjaga relasi baik dengan dosen, teman, kating, dan alumni FH UI.

Lulusan Sarjana Hukum Universitas Indonesia bisa jadi apa?

Pasal 1 ayat 3 UUD 1945 berbunyi “Indonesia adala negara hukum” maknanya segala sesuatu yang ada di Indonesia harus berlandaskan hukum. Untuk memastikan segala hal yang dilakukan tidak bertentangan dengan hukum, maka diperlukan peran seorang ahli hukum. Setiap bidang pekerjaan baik berstatus negeri maupun swasta memerlukan ahli hukum. Sebagai PNS bisa menjadi Hakim, Jaksa, Diplomat, Polisi, TNI, pegawai KPK, ataupun staf ahli hukum di semua kementerian dan lembaga negara baik di tingkat pusat dan daerah. Sementara untuk swasta bisa menjadi Notaris, Jurnalis, PPAT, Advokat, ataupun staff ahli hukum di perusahaan seperti PT. KAI, PT. PLN, PT. Angkasa Pura, PT. Pertamina, dll. Sehingga menurut saya, seorang Sarjana Hukum apalagi lulusan FH UI tidak perlu khawatir mengenai pekerjaan di masa depan karena selain lulusan FH UI memiliki kualitas dan kapasitas yang mumpuni untuk bersaing, juga memiliki jejaring alumni yang kuat di berbagai institusi dan bidang pekerjaan.

Rencana Saya Kedepannya?

Saya berharap dapat menyelesaikan kuliah dengan tepat waktu. Setelah lulus saya berkeinginan untuk mengikuti seleksi masuk Kejaksaan ataupun seleksi Perwira Polri Sumber Sarjana tentu dengan harapan bisa diterima karena saya memang memiliki minat di bidang hukum pidana. Baru kemudian ketika sudah diterima bekerja dan memiliki kesempatan dan kemampuan secara finansial, saya siap untuk melanjutkan pendidikan strata 2 atau magister.

Sekian sedikit pengalaman yang bisa saya bagikan. Semoga apa yang saya tulis ini dapat bermanfaat bagi para pembaca. Bagi kalian yang bercita-cita menjadi penegak hukum, Terus gigih dalam belajar dan tanamkan kejujuran dalam setiap perbuatan. Selamat berjuang mewujudkan mimpi teman-teman untuk menjadi penegak hukum, saya berharap bisa bertemu dan menyambut kalian sebagai bagian dari Keluarga Besar Fakultas Hukum Universitas Indonesia. Viva Iustitia !

Kode konten: X436

muhammad-fadhil83
Undergraduated law student at Universitas Indonesia

Komen dibawah! 7

  1. Naura Lutfiandra

    Assalamualaikum, ka fadhil saya Naura kelas 11 SMA saya ingin tanya. Saya bukan dari anak yang terbilang pintar bahkan jauh dari kata pintar tapi saya sangat ingin masuk FH UI, bisa tau ga rata-rata untuk nilai bagaimana dan semacamnya. Terimakasih, wassalamualaikum.

    • muhammad-fadhil83

      Halo Naura, salam kenal ya. Setiap orang terlahir dengan bakat yang berbeda, tapi yang menentukan itu bukan cuma bakat, tapi juga usaha dan kemampuan berstrategi melihat peluang yang ada. Kalau mau belajar di FHUI harus punya mental kuat, semangat tinggi, dan konsistensi, jangan biasakan self-judge “kurang pintar”. Harusnya jadikan itu motivasi untuk terus belajar, tidak cuma pelajaran di SMA tapi juga coba baca buku-buku yang sifatnya wawasan umum, belajar bahasa asing non-inggris, dan ikuti perkembangan berita nasional, karena itu akan berguna ketika kamu kuliah di FHUI. Jangan terpaku pada nilai untuk masuk, lebih penting adalah memikirkan bagaimana berproses jika diterima dan bagaimana rencana jika gagal. Lolos ujian masuk jangan dijadikan target, cukup terus belajar dengan maksimal dan menggunakan logika dalam menjawab setiap soal, maka hasil yang didapat akan sesuai dengan apa yang kamu usahakan. Selagi masih kelas 11 persiapkan secara perlahan tapi pasti, passing grade FH UI memang yang tertinggi diantara FH se-Indonesia, tapi kalau usahamu maksimal pasti bisa. Kalau usaha belajar temanmu 10 kamu lakukan 15, kalau temanmu 15 kamu 20. Effort belajarnya harus lebih dibandingkan teman-temanmu di sekolah karena nanti sainganmu 1 indonesia dan hanya sedikit orang terpilih masuk FH UI, semangat terus Naura!

  2. Elsa

    Assalamu’alaikum, halo, kak Fadhil. Saya Elsa, maba FH tahun ini di salah satu PTN. In syaa Allah, tahun depan saya ingin ikut SBM lagi untuk mendaftar di FH UI, tapi saya orangnya pemalu dan tidak pandai berbicara, lebih prefer ke menulis, Kak. Sedangkan, yang saya lihat mahasiswa UI itu berani-berani entah itu berbicara, berpendapat, pun terlihat percaya diri. Kalau menurut, kak Fadhil, bagaimana? Oh iya, Kak, menurut pandangan kakak karakteristik mahasiswa FH UI itu seperti apa? Terima kasih.🙏

    • muhammad-fadhil83

      Halo Elsa, salam kenal ya.. btw kamu sekarang di FH mana nih? Menurutku setiap orang itu punya karakteristik & kepribadian masing2, jadi bukan berarti kalau sekolah hukum wajib jago argumen, kamu keren udah bisa identifikasi bakatmu nulis, tinggal kamu kembangin itu biar gimana tulisanmu itu bisa argumentatif dan jadi argumen kritis pas kamu sampaikan.
      Gimana caranya? Baca buku, aku buat bisa survive di FH UI juga udah gatau berapa banyak buku yang aku baca, itu bakal tambah wawasanmu, terus kamu kembangin wawasan itu dengan coba ikut organisasi biar ngelatih skill bicaramu, jadilah berani elsa!
      Mmm.. kalau karakteristik temen2ku di FH UI sih jelas beragam ya, karena latbel kita jelas dari berbagai daerah berbeda agama, suku, budaya, adatistiadat, but the different isn’t a problem. Justru perbedaan2 itu nyatuin kita lewat diskusi2 kecil, debat2 di dalam atau luar kelas, dan jadi candaan2 kita. Kalau dari cara belajar sendiri aku dan temen2ku bukan tipe yang strict belajar, kita lebih sering ngobrol2 diluar kelas obrolin hal2 menarik yg nyerempet ke materi2 perkuliahan, menurutku cara santai begitu lebih menarik dan efektif buat belajar. Tapi walaupun santai, kita mahasiswa FH UI tetep komitmen untuk tetap jadi yang terdepan secara intelektual, terbukti kok kemarin FHUI jadi FH terbaik di Indo versi THE World Univ. Rank tahun 2021. Semangat SBM lagi, jangan lelah usaha dan doa, pakai waktumu sekarang buat tambah pengalamanmu di dunia kuliah, semoga kamu berhasil dan janlup sapa aku kalo kamu berhasil masuk FH UI tahun depan ! Sampai ketemu di kampus Makara Merah Darah, Elsa 🙂

  3. Adinda

    Hai Kak! Aku Adinda kelas XII di salah satu SMA di Jakarta Timur. Niatnya aku pengen apply untuk kelas internasional (KKI) jurusan hukum lewat talent scouting. Kalau boleh tau, perbedaan yang kelas reguler dan KKI itu apa aja yaa? Dan untuk sistem fast track itu gimana ya kak? Thank u banget ya kakk kalau mau jawab hehe

  4. Zaviera

    Halo kak! Nama saya Zaviera, saya berencana untuk ikut program FH UI KKI. Dengar-dengar tidak semua mata kuliah peminatan di program reguler tersedia untuk yang KKI? Apa benar kak? Lalu seberapa penting sih kak mata kuliah peminatan? Terima kasih, kak.

  5. Amanda

    Assalamualaikum. Kak Fadhil, saya siswi SMK kelas XII, saya ingin bertanya tentang jurusan Ilmu Hukum di UI kak. Saya optimis sekali untuk memilih jurusan Ilmu Hukum, tapi ada ragu tentang ketentuan nilai yang mungkin ada di Universitas Indonesia. Dan juga saya berasal dari SMK apa bisa kak memilih jurusan Ilmu Hukum? Selain itu, alumni dari Sekolah saya belum ada yang berkesempatan kuliah di UI, apakah itu berpengaruh besar juga kak?
    Terimakasih kak, mohon dijawab

Jawaban dari penulis akan masuk email kamu.

Your email address will not be published. Required fields are marked *