Hukum, Universitas Muhammadiyah

Hukum Universitas Muhamamdiyah Magelang (Totok)

Hukum Universitas Muhamamdiyah Magelang (Totok)

Halo intipers. Perkanalkan saya Totok Priyo Husodo, mahasiswa jurusan Hukum Universitas Muhamamdiyah Magelang angkatan 2016. Disini saya ingin membagikan pengalaman kuliah yang telah saya lalui setelah 7 semester di jurusan Ilmu Hukum. Yuk, simak pengalaman saya. Bagi teman-teman yang mau bertanya atau diskusi bisa komen di bawah artikel ini. Kalau sempat saya balas ya, jawabannya akan masuk ke email kalian kok, pastikan kalian baca sampe beres dulu artikel ini sebelum bertanya.

Apa sih yang diperlajari di Ilmu Hukum Universitas Muhamamdiyah Magelang?

Sesuai namanya, yang dipelajari di dalam Prodi Ilmu Hukum Muhamamdiyah Magelang yaitu membicarakan dunia hukum baik privat maupun publik. Ilmu hukum dibagi lagi dalam beberapa karakteristik seperti hukum perdata, hukum pidana, hukum ekonomi,hukum internasional, hukum tata Negara, hukum administarsi Negara, hukum islam, hukum kesehatan dsb. Ketika di kelas, dosen mengharapkan mahasiswa untuk lebih aktif melalui diskusi atau debat pendapat. Diskusi yang dimaksud tidak hanya sekedar diskusi lho… tapi kita diwajibkan untuk mencatumkan teori, dasar hukum dan pendapat ahli hukum.

unisa

Kalian dituntut untuk mengikuti perkembangan hukum terkini, karena ketika di kelas pasti akan berkaitan dengan mata kuliah yang diambil. Apakah jadi anak hukum wajib hafal pasal? Menurutku sih enggak, karena hakim aja saat persidangan membuka buku. Namun yang terpenting jadi anak hukum harus sering membaca buku.Terutama, buku-buku yang berisi teori-teori dasar terkait dengan ilmu hukum. Misalnya untuk buku pidana, ada buku teori karangan Pak Wirjono. Atau hukum perdata, bisa baca teori karangan Pak Subekti.

Mata kuliah dan Dosen favorit di Hukum Universitas Muhamamdiyah Magelang  ?

Di Prodi Ilmu Hukum Fakultas Hukum Universitas Muhammadiyah Magelang terdapat sekitar 60 mata kuliah. Mata kuliah yang saya sukai yaitu mata kuliah hukum tata Negara, intinya berkaitan dengan negara dan politik. Alhamdulillah selama ini, mata kuliah yang saya sukai mayoritas mendapatkan nilai yang memuaskan, meskipun sulit.

Dosen favorit saya yaitu dosen yang selalu memberikan nilai baik. Di kelas dosen menuntut mahasiswa untuk aktif. Jangan sampai minta nilai bagus tapi masuk kuliah aja telat apalagi tidak sama sekali aktif di perkuliahan. Disamping itu, dosen favorit saya selalu mengajak saya penelitian dosen, pengabdian bahkan lomba. Dan disitulah saya mendapatkan banyak pengalaman yang tak didapatkan mahasiswa lain

pmb2-min

Konsentrasi di Ilmu Hukum UM Magelang?

Konsentrasi di jurusan Ilmu Hukum UMMagelang terdiri dari :

  1. Hukum Perdata

Konsentrasi inilah yang harus dipilih jika kamu ingin jadi notaris. Yup, disinilah kamu belajar tentang hukum yang mengikat kontrak dan perjanjian.

  1. Hukum Pidana

Jika cita-citamu adalah menjadi seorang advokat, oditur militer, polisi, atau jaksa, pilihlah konsentrasi Hukum Pidana di Fakultas Hukum. Meskipun pasal-pasal KUHP-nya berderet tak habis-habis, disinilah kamu belajar tentang penanganan kasus-kasus kriminal.

  1. Hukum Tata Negara

Bila ingin jadi anggota DPR atau menjadi ketua Mahkamah Konstitusi, konsentrasi Hukum Tata Negara wajib kamu pilih. Disini kamu belajar tentang pokok-pokok aturan kenegaraan, lembaga kenegaraan, termasuk pembuatan undang-undang. Matakuliah dalam konsentrasi Hukum Tata Negara antara lain Perbandingan Hukum Tata Negara, Hukum Konstitusi, Kapita Selekta Hukum Tata Negara, Hukum Kewarganegaraan dan Keimigrasian, Hukum Acara Mahkamah Konstitusi, dan lain-lain.

  1. Hukum Administrasi Negara

Masih saudaraan sama Hukum Tata Negara, Hukum Administrasi Negara juga mengatur tentang seluk beluk negara. Sebagai saudara jauh, Hukum Tata Negara lebih terfokus pada administrasi dan birokrasi aparatur negara, termasuk juga pembangunan atau pelayanan publik

  1. Hukum Internasional

Ya, kamu bisa belajar tentang Hukum Internasional meskipun bukan di jurusan Hubungan Internasional. Justru saat ini penting banget untuk mengetahui aspek hukum antar wilayah negara disebabkan oleh pengaruh globalisasi. Hukum Internasinal juga yang bicara saat terjadi kasus ekstradisi, deportasi, bahkan suaka.

Tips-tips untuk Maba 

Tips untuk menjadi maba sebagai berikut :

  1. Aktiflah dalam perkuliahan
  2. Seringlah membaca buku agar tidak kebingungan saat perkuliahan
  3. Update informasi mengenai berita hukum di Indonesia
  4. Seringlah ikut seminar atau perlombaan agar kamu dapat menemukan konsentrasi tentang hukum di semester berikutnya

Ikuti organisasi/magang yang kita banget!

Selain itu, tips selanjutnya adalah ikuti organisasi/magang yang kita banget. Di Fakultas Hukum UMMagelang ada Badan Eksekutif Mahasiswa tingkat Fakultas maupun Dewan Perwakilan Mahasiswa tingkat fakultas serta Ikatan Mahasiswa Muhammadiyah tingkat Fakultas. Ketika kamu mengikuti berbagai organisasi, kamu akan belajar mengenai organisasi bahkan kritis mengenai isu hukum yang terjadi di Indonesia maupun masyarakat. Disamping itu, Fakultas Hukum UMMagelang ada namanya program magang seperti di kepolisian, pengadilan, pengacara, lapas dsb. Segala apapun kegiatan yang berkait dengan dunia hukum, wajib diikuti untuk bekal di semester berikutnya. Intinya pesan saya, jangan ada kata mager di dalam hidupmu. Sekali mager, akan timbul mager-mager berikutnya.

Prospek Kerja dan Alumni Hukum Universitas Muhamamdiyah Magelang biasanya kerja dimana?

Sepengetahuan saya, sebagian besar alumni lulusan Ilmu Hukum Muhamamdiyah Magelang bekerja di kepolisian, pengadilan, kejaksaan, pejabat public, pengacara, akademisi bahkan menjadi tokoh politik nasional. Yang terpenting saat kamu masih kuliah, carilah bekal sebanyak-banyaknya,. Nanti saat wisuda dapat gelar S. H.

Harapan dan rencana setelah lulus  ?

Jujur, setelah lulus saya belum mempunyai keinginan untuk menjadi apa. Namun harapan kelak saya dapat bekerja di pemerintahan atau menjadi pejabat publik. Disamping itu, disaat wabah seperti ini saya fokus sekripsi dan menambah ilmu dan bekal untuk lulus nanti. Harapan kedepannya saya dapat menjadi lulusan terbaik dan mengharap mendapatkan tawaran untuk bekerja agar dapat meringankan beban orang tua.

Kode Konten: X173

Jawaban dari penulis akan masuk email kamu.

Your email address will not be published. Required fields are marked *