Administrasi Bisnis, Universitas Brawijaya

Ilmu Administrasi Bisnis UNBRAW (Mella)

Ilmu Administrasi Bisnis UNBRAW (Mella)

Halo Sobat Intipers. Kenalin namaku Aullya Melati Sucma, biasa dipanggil Aullya/Mella, seorang mahasiswi program studi Ilmu Administrasi Bisnis UNBRAW atau Universitas Brawijaya, angkatan 2017. Pada artikel berikut, aku bakal sharing ke temen-temen sedikit ulasan mengenai program studi yang kutempuh berdasarkan pengalaman pribadi sejak awal menduduki bangku perkuliahan sampai saat ini memasuki semester ke 7. Bagi temen-temen pembaca yang nantinya ingin bertanya seputar prodi Ilmu Administrasi Bisnis (atau lebih kerennya biasa disebut AdBis) lebih rincinya bisa tanya-tanya melalui Dirrect Message instagramku @aullyamelati yaa. Salam kenal!

ADMINISTRASI BISNIS VS MANAJEMEN BISNIS, SAMA ATAU BEDA?

For Your Information, jurusan S1 Administrasi Bisnis di UB terdiri dari prodi pariwisata, prodi perpajakan, dan prodi Ilmu Administrasi Bisnis. Pembahasan kali ini mengenai Ilmu Administrasi Bisnis, ya. Jadi disini aku tidak mengkaitkan dengan unsur perpajakan maupun pariwisata sama sekali. Atau next, semoga ada mentor baru yang juga bakal menulis mengenai prodi perpajakan dan prodi pariwisata di laman ini untuk mengobati rasa penasaran kalian terhadap seluruh prodi yang termasuk ke dalam lingkup Jurusan Administrasi Bisnis UB.

Nah, sebelumnya perlu sobat Intipers ketahui, nih, Asumsi sebagian orang mengatakan bahwa prodi Administrasi Bisnis sama hal nya dengan Manajemen Bisnis. Padahal secara mendasar saja, keduanya sangat berbeda. Administrasi Bisnis merupakan cabang ilmu yang mempelajari tentang proses menciptakan konsep dan menjalankan bisnis hingga mencapai titik suksesnya. Sedangkan Manajemen Bisnis yaitu ilmu yang mempelajari tentang manajemen serta operasional pengelolaan personel bisnis. Singkatnya, Administrasi Bisnis lebih spesialis (khusus), sedangkan Manajemen Bisnis lebih generalisasi (umum). Tidak hanya itu, dari segi ruang lingkup ilmu yang dipelajari, tanggung jawab dalam dunia kerja, serta karier diantara keduanya pun memiliki perbedaan. Tetapi (administrasi dan manajemen) sebenarnya saling membutuhkan antar keduanya untuk mencapai tujuan bersama mencapai kesuksesan sebuah bisnis.

Dan, ada satu stigma lagi yang orang sering katakan bahwa mahasiswa yang masuk jurusan Administrasi Bisnis hanyalah orang yang menginginkan pekerjaan di sebuah perusahaan (korporasi). Padahal ngga melulu soal perusahaan, tadi di awal aku sudah menjelaskan bahwa Administrasi Bisnis adalah “proses menciptakan dan menjalankan”. Jadi, banyak sekali para alumni jurusan ini yang memiliki usaha/bisnis sendiri sebagai entrepreneur atau menciptakan lapangan kerja  pada organisasi nirlaba atau startup berbekal ilmu bisnis yang sudah dipelajari.

Bagi kalian yang ingin mendapatkan info jurusan dan masuk perguruan tinggi follow Instagram @intipkuliah. Akan ada live lebih dari 60 jurusan per bulan. Klik Disini

MY FAVORIT LESSON

Mata kuliah yang dipelajari di prodi AdBis sendiri pun sangat beragam. Kalau aku pribadi menyukai mata kuliah Bisnis Internasional, Manajemen Strategi, dan Permodelan Bisnis. Ketiganya kutempuh pada saat semester 4. Kena-why aku menyukai matkul-matkul ini?

schooters
  1. Dari Bisnis Internasional, kita dapat mengetahui perkembangan bisnis Negara lain, mengenal kebijakan perdagangan, memperluas jaringan, dan juga mengenal aktivitas Bisnis Internasional seperti Invisible Trade, Visible Trade dan Investasi Internasional.
  2. Manajemen Strategi, mata kuliah ini memandu kita untuk dapat memberi arahan pada organisasi atau perusahaan mencapai kinerja yang diinginkan, dan juga memastikan perusahaan terus berjalan dalam jangka panjang, mengenal pesaing, serta meningkatkan kinerja kearah yang lebih baik. Selain itu, Manajemen Strategi merupakan sebuah kerangka kerja yang digunakan perusahaan mengatasi masalah strategi yang timbul di dalamnya.
  3. Mata kuliah Permodelan Bisnis, membantu kita mendeteksi kelemahan produk dan menemukan solusi untuk mengatasi kelemahan tersebut. Metode ini fokus dalam melakukan modifikasi model bisnis yang cocok dan selalu beradaptasi dengan kondisi bisnis yang terjadi setiap saat.

Dari ulasan mengenai ketiga mata kuliah favoritku, pastinya tidak tertinggal juga mata kuliah peminatan yang harus ditempuh dalam konsentrasi keuangan, yakni Akuntansi Keuangan I dan II, Akuntansi Intermediate I dan II, Akuntansi Biaya I dan II, Akuntansi Manajerial, Sistem Akuntansi, Pemeriksaan Akuntansi, Manajemen Keuangan I dan II, Manajemen Investasi, Penganggaran, dan Seminar Akuntansi Keuangan.

Oh ya, buat kalian yang SMA-nya lulusan IPA dan tidak memiliki dasar sama sekali di bidang akuntansi, jangan khawatir karena pada Akuntansi Keuangan I, kalian akal diajarin tentang Dasar-Dasar Akuntansi Keuangan.

Sejauh yang kutempuh selama 6 semester ini, AdBis belum pernah melakukan sejenis praktikum dan ujian praktikum. Namun lebih sering berlatih pada peningkatan softskill kinerja organisasi seperti presentasi yang baik, dll.

UPS, ILMU ADMINISTRASI BISNIS UNBRAW NGGA MELULU SOAL PELAJARAN ADMINISTRASI DAN BISNIS DOANG, LHO!

Nah, sobat Intipers. Menurut website resmi www.fia.ub.ac.id, Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi Republik Indonesia berdasarkan Keputusan BAN-PT No. 0112/BAN-PT/Akred/S/III/2015, menyatakan bahwa Program Studi Sarjana Ilmu Administrasi Bisnis, Jurusan Administrasi Bisnis, Universitas Brawijaya, terakreditasi dengan peringkat Akreditasi A, dengan memiliki empat konsentrasi utama peminat terbanyak yakni Keuangan, Sumber Daya Manusia, Pemasaran, serta Sistem Informasi Manajemen. Mahasiswa Administrasi Bisnis dibekali oleh dasar-dasar dari berbagai konsentrasi. Seperti halnya aku pribadi mengambil konsentrasi keuangan, ngga melulu setiap satu semester sekali bertemu dengan soal-soal akuntansi maupun keuangan, guys. Aku pun menempuh mata kuliah Pemasaran, Sumber Daya Manusia, maupun Sistem Informasi, namun lebih memperdalam pada konsentrasi keuangan. Sehingga saat skripsi nanti, arahnya akan dituntun untuk membuat judul skripsi yang berkaitan dengan keuangan.

Yakin deh, Adbis ngga bakal bikin kalian bosan dengan mata kuliah peminatan pada konsentrasi itu saja. Bukan berarti karena mengambil konsentrasi keuangan, jadi tiap hari bertemu dengan angka-angka. Tidak seperti itu, ya. Hehe.

TERUNTUK KAMU YANG TERJEBAK DISINI, SELAMAT YAA!

Teman-teman Mahasiswa Baru Prodi AdBis. Sebelumnya, aku ucapkan selamat bergabung dalam prodi ini. Semoga kedepannya kalian tidak akan pernah terbesit sedikitpun untuk berkeluh kesah atau menyesal karena memilih jurusan ini. Kalian sangat beruntung dan tepat sasaran, karena di prodi ini kalian mendapatkan bekal dari berbagai bidang keilmuan bisnis. Saranku, dari sekarang, alangkah baiknya pikirkan matang-matang konsentrasi apa yang sesuai dengan passion dan tujuan kalian kedepannya. Jangan salah pilih. Walaupun lingkup prodi AdBis saling mempelajari seluruh konsentrasi, namun ketika magang dan skripsi nanti, kalian lebih diarahkan untuk melakukan penelitian sesuai dengan konsentrasi minat masing-masing.

So, ketika nantinya kamu merasakan berada di titik jenuh menjadi seorang mahasiswa, jangan pantang menyerah! Memang begitulah prosesnya. Rasa jenuh itu pasti ada. Namun, ingatlah sekali lagi bahwa pesaingmu diluar sana sangat banyak yang menginginkan posisimu. Harapannya, segala sesuatu lakukan yang tebaik ya disertai dengan doa, restu orangtua, dan kerja kerasmu!

PELUANG KERJA ILMU ILMU ADMINISTRASI BISNIS UNBRAW SANGAT LUAS DAN PASTI DIBUTUHKAN

Mengapa setiap tahunnya prodi AdBis seringkali menjadi peminat terbanyak di universitas-universitas yang ada di Indonesia maupun luar negeri? Salah satu faktornya adalah peluang atau prospek kerja AdBis masih sangat terbuka dan beragam. Lulusan prodi AdBis dapat berkesempatan untuk bekerja sebagai Staff HRD, Konsultan Bisnis, Staff Pemasaran, Manajemen Perusahaan, Pegawai Bank, Pegawai Negeri Sipil, Staff Administrasi, dan tentunya sangat bisa untuk menjadi seorang pengusaha atau entrepreneur.

Lihat vlog dari ribuan mahasiswa di seluruh Indonesia di Youtube Intip Kuliah. Klik Disini

SETELAH LULUS S1 ILMU ADMINISTRASI BISNIS UNBRAW MAU NGAPAIN?

Namanya insan manusia pasti selalu punya keinginan yang sempurna untuk mencapai titik suksesnya. Nantinya, aku pribadi setelah lulus S1 dengan meraih gelar (S.AB), berkeinginan untuk bekerja di sebuah perusahaan sesuai dengan bidang keilmuan yang pernah kutempuh di bangku perkuliahan. Keinginanku selanjutnya adalah ingin membangun sebuah bisnis Event Organizer (EO) & Wedding Organizer (WO) bersama dengan beberapa orang rekan yang kebetulan memiliki hobi yang sama untuk mengkonsep sebuah acara. Disisi lain, peluang bisnis EO & WO saat ini cukup menjanjikan karena orang-orang lebih memilih menggunakan jasa EO & WO untuk mempersiapkan acara mereka tanpa harus ribet untuk mengatur segalanya.  Sangat worth it untuk dijalankan dengan tidak lupa mempelajari strategi bisnis dan menghadapi pesaing yang ada. Jadi, menurutku tidak salah kalau bekerja di kantoran, tetapi juga memiliki bisnis sampingan.

Untuk melanjutkan pendidikan ke jenjang S2, aku ingin menempuhnya dengan biaya hasil kerja keras sendiri tanpa merepotkan orangtua. Doakan saja ya, jikalau nantinya benar melanjutkan S2, keinginanku ingin berfokus pada bidang entrepreneurship.

Kode konten: X361

Komen dibawah! 26

  1. Kadarunyuu

    Nice, ayo kuliah di adbis dijamin seru loh

  2. Nuril Rahmawati

    Bener bangettttt. ajib banget dah pkonya di administrasi bisnis. banyak ilmu yg didapat. akuntansi, pemasaran, sdm, biaya, keuangan, investasi, operasional, strategi, hukum, riset, sim, pajak, dan masi bwanyak lagiiiiiiiiiii pokonya paket lengkap daaaah❤️ FIA JIWAKU BERSATU KITA MAJU!???

    • Kylie Jenner

      Selain kuliah di FIA itu seru, FIA jg punya jululan sendiri lho dari singkatan namanya. Kata orang2 FIA itu Fakultas Ilmu Artis, yapp karena mahasiswanya pada cakeup cakeup hehe. Jadi gimana masih ragu kuliah di FIA??

  3. Niken Dyna

    Ayook kuliah di Adbis dijamin seru lohhh

  4. Fariza Rizqi

    Pas banget nih yang punya impian memiliki bisnis atau usaha sendiri.Bukan hanya belajar tentang administrasi, tapi juga belajar tentang manajemen yang baik,kepemimpinan,perpajakan,mengatur sumber daya sebuah perusahaan,dan banyak hal lainnya.Hal ini lah yang membuat jurusan ini sangat menarik bahkan juga diajarkan bagaimana menjadi seorang entrepreneur yang sukses loh.

  5. Nabilla

    Bener sekali! Emang ngg nyesel deh emang. Prospek kedepannya bisa kerja dimana aja khususnya di administrasi. Atau kalian mau suka berbisnis atau ingin berbisnis , administrasi emang paling cocok dah pokoknya ?

  6. Siariska

    Kak, aku punya keinginan masuk administrasi bisnis tahun ini doakan yaaa

  7. fii3

    Bener bangett kak, paket komplitt nih di Adbis???. Ada banyak aspek yang di pelajari mulai dari keuangan, akuntansi, sdm, pemasaran, strategi bisniss, dan masih banyak lagi.

    Yukkk gabung di Adbis dijamin seruu dehh, mhswnya jugaa cakep2 loh jadi semangat kulyahnya hihiw?

  8. Fauzi

    masuk adm binis fia ub ajaa banyak hal yang dipelajari dan berguna kok

  9. Layly Zulfana

    Wahhhh menarik bgt?

  10. Fathur

    Kayak nya seru ,Kak doakan aku tahun ini masuk administrasi bisnis yaaa?

  11. Hilwa arizahrotul sitta

    Wahh menarik banget

  12. avertho

    luar biasa anda! (jujur belum baca)

  13. Gek Ayu Dwica Saraswati

    Dari dulu suka baca tiap artikelnya kak mella, sukses selalu kak

  14. Im.aldeen

    Cakep amat temen gue! (Fokus foto)

  15. Falen

    Wahh jadi pengen kuliah di Adbis nihh, doain ya kak

  16. MR A'la

    Administrasi bisnis bisa masuk diberbagai bidang pekerjaan ?

  17. Faroqi

    Banyak banget ilmu yang bisa diterapkan dalam kehidupan sehari-hari

  18. Serira Surya Candini

    Wihhh , semangat mela?

  19. Wirana Ecy

    Wah sekilas ternyata menarik juga kuliah jurusan administrasi ??
    Tapi jujur kepanjangan nih kaka memel jadi aku ga baca semua si ??

  20. gheacm

    Sangat bermanfaat, menarikk

  21. AMELA DEWINTA FANI

    Kak, aku pengen banget masuk di adbis ni gmna dong! Doakan yaa ?

  22. Siska yd

    Kak, mau nanya nih.. Dulu kakak masuk jurusan ini melalui jalur apa hehe dan menurut kakak bagaimana trik dan tips supaya bisa masuk jurusan administrasi bisnis
    Sekian terimakasih

  23. ssstm

    hi kak. mau nanya akreditasi bisnis internasional Ub apa ya?

  24. aiieenn

    doakan ya kakak2 dan teman2 sekalian keterima snmptn adbis ub 2021 🙂

Jawaban dari penulis akan masuk email kamu.

Your email address will not be published. Required fields are marked *