Administrasi Negara, Universitas Negeri Surabaya

Ilmu Administrasi Negara UNESA (Hafids)

Ilmu Administrasi Negara UNESA (Hafids)

Halo sobat intipers! Aku Hafids Haryono dari Ilmu Administrasi Negara UNESA / Universitas Negeri Surabaya angkatan 2019. Kali ini aku ingin sharing peng mbalaman kuliah ku dan memperkenalkan jurusan/prodi yang aku ambil. Lanjut bacanya ya intipers. Bagi teman-teman yang mau bertanya atau diskusi, bisa komen di bawah artikel ini. Kalau sempat akan dibalas ya, jawabannya akan masuk ke email kalian kok. Pastikan kalian baca sampe beres dulu artikel ini sebelum bertanya.

Secara umum, jurusan Ilmu Administrasi Negara UNESA seperti apa?

Banyak temen-temen yang mengira kalau jurusan administrasi negara itu tentang surat menyurat, jurusan santai, dan kerjanya di TU atau tata usaha. Padahal administrasi itu tidak selalu berhubungan dengan surat menyurat dan arsip. 

Di jurusan ini kita akan belajar seluk beluk pemerintahan. Mulai dari sistem pemerintahan, kebijakan publik, hingga cara mengkaji birokrasi dan cara mengkaji birokrasi dan seperti apa pembangunan negara yang baik. Singkatnya kita akan mempelajari sistem pemerintahan, pembuatan kebijakan yang baik hingga pengimplementasi, evaluasi, pelayanan masyarakat dan segala hal yang berkaitan dengan birokrasi. 

Bagi kalian yang ingin mendapatkan info jurusan dan masuk perguruan tinggi follow Instagram @intipkuliah. Akan ada live lebih dari 60 jurusan per bulan. Klik Disini

Apa yang jadi alasan masuk jurusan Ilmu Administrasi Negara UNESA?

Sedikit lucu sih, waktu mau buat KTP. Kalau kita bicara tentang administrasi tuh berbelit-belit, lama dan banyak pungli. Dari situ saya berpikir gimana sih caranya bisa ikut membantu sistem administrasi negara di Indonesia biar gak berbelit-belit dan lama. Akhirnya saya tertuju pada prodi ini. 

Apa mata kuliah dan tugas yang khas dari jurusan ini?

Terkait mata kuliah itu cukup banyak. Ada pengantar ilmu administrasi negara, hukum administrasi negara sistem politik Indonesia, teori administrasi negara, pembangunan kapasitas dan kelembagaan sektor publik, teoritik birokrasi dan administrasi. Jadi yang dipelajari banyak, mulai dari hukum, manajemen juga. Lalu ada magangnya, biasanya nanti di semester 6 di Pemda atau BUMN. Kalau di UNESA di semester 2 ada perkuliahan di luar kampus.

Adakah konsentrasi atau kelompok keahlian di jurusan ini?

Ada 3 konsentrasi, yaitu pemerintah daerah, pelayanan publik dan kebijakan publik, administrasi pembanngunan. Kalau konsentrasi pemerintah daerah kita mempelajari tentang pemerintah daerah. Konsentrasi manajemen layanan publik itu kita belajar memberikan layanan yang baik di publik. Kalau saya ambil konsentrasi pemerintah daerah. Sistemnya mahasiswa mulai memilih konsentrasi di semester 4. Baru konsentrasi penelitian itu semester 6 ke atas. 

Jalur masuknya ada apa aja?

Jalur masuk saya dulu masuk lewat SNMPTN itu pilihan kedua. Selain SNMPTN, ada jalur SBMPTN sama SPMB mandiri. Ada banyak jalur mandiri di UNESA itu, ada yang pakai nilai UTBK 2019-2021, prestasi keagamaan, olahraga, kesenian dan kepemimpinan. Prestasi kepemimpinan ini untuk ketua OSIS dan ketua organisasi lainnya. Kalau di administrasi  negara banyaknya yang jalur prestasi keagamaan dan kepemimpinan. Ada juga jalur disabilitas, sarjana, jalur sarjana terapan. 

Lihat vlog dari ribuan mahasiswa di seluruh Indonesia di Youtube Intip Kuliah. Klik Disini

Ada tips buat mahasiswa baru Ilmu Administrasi Negara UNESA?

Tipsnya, kalau masuk jurusan administrasi kan segala bidang membutuhkan, mulai dari sosial, politik, ekonomi, budaya dan semuanya. Mau gak mau kita harus mempelajari semuanya. Jadi kita juga harus teliti, tekun, rasional, kritis, terstruktur, independen, senang menganalisis, memiliki keterampilan interpersonal dan memecahkan masalah itu cocok untuk masuk ke jurusan ini. 

Bagaimana prospek kerja dari alumni jurusan ini?

Prospek kerjanya itu biasanya jadi aparat pemerintah, asisten peneliti, anggota legislatif di partai-partai, aktivis di LSM, jurnalis pemerintah, konsultan pemerintah, dosen, peneliti bahkan bisa jadi HRD. Kalau alumni banyaknya jadi aparat pemerintah. 

Harapan dan rencana setelah lulus?

Ingin jadi konsultan pemerintah atau asisten peneliti. Jalannya roda pemerintahan itu kan mengalami jeni hambatan dan banyak paradigma. Saya ingin jadi peneliti untuk membantu bisa menyelesaikan permasalahan. 

Q&A

  1. Bedanya administrasi negara dan administrasi publik?

Pada intinya sama, namun berdasarkan SK menteri pendidikan nama administrasi negara itu udah gak ada. Namun di beberapa kampus masih dengan nama administrasi negara. Kalau administrasi negara lebih menjurus pada pemerintahan atau negara, sedangkan administrasi publik lebih umum menjurus ke masyarakat. Administrasi negara itu gelaranya S,Sos. Kalau administrasi publik gelarnya S, Ap. 

Kode konten: C588

Hafids Haryonno
Hafids Haryonno (S1 Ilmu Administrasi Negara - Universitas Negeri Surabaya) Instagram : @hafids2710

Jawaban dari penulis akan masuk email kamu.

Your email address will not be published. Required fields are marked *