Administrasi Negara, Universitas Islam Negeri

Administrasi Negara Universitas Islam Syekh Yusuf (Aramita)

Administrasi Negara Universitas Islam Syekh Yusuf (Aramita)

Assalamu’alaikum, Hallo intipers! Perkenalkan nama saya Aramita Dinah Idelia, biasa dipanggil Aramita. Saya seorang mahasiswi jurusan Ilmu Administrasi Negara, Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik di Universitas Islam Syekh Yusuf, angkatan 2017. Saya sudah menempuh jurusan Ilmu Administrasi Negara hampir 6 semester. Nah, dengan pengalaman dan pembelajaran yang sudah saya lalui, saya ingin membagikannya untuk kalian. Yuk, simak pengalaman saya..

Apa yang Dipelajari di Administrasi Negara Universitas Islam Syekh Yusuf?

Karena terdapat kata ‘administrasi’, banyak yang menganggap jurusan ilmu administrasi negara ini hanya mempelajari tentang surat-menyurat atau catat-mencatat dalam negara. Tapi, ternyata.. di jurusan ini kita mempelajari hampir semua aspek, lho. Masa iya? iya.. betul. Jadi, di awal perkuliahan ilmu administrasi negara mempelajari pengantar atau pengenalan dasar-dasar ilmu yang berkaitan dengan jurusan ini. Kita akan mempelajari tentang pengantar ilmu administrasi negara, pengantar antropologi sosial budaya, pengantar ilmu hukum, pengantar ekonomi, pengantar politik, psikologi sosial, filsafat ilmu dan lainnya. Tetapi, untuk mata kuliah seperti pengantar antropologi sosial budaya, pengantar ekonomi, psikologi sosial dan lainnya itu tidak terlalu mendalami kok. Hanya dasar-dasarnya saja karena memang dalam kehidupan bernegara terdapat aspek tersebut jadi kita tetap harus mengetahui dasar-dasar itu.

Jurusan ini mempelajari keseluruhan komponen dalam bernegara. Seluruh proses yang dilakukan organisasi yang berkaitan dengan penerapan atau pelaksanaan kebijakan yang dikeluarkan oleh badan legislatif, eksekutif serta yudikatif. Juga, manajemen sumber daya manusia, kepemimpinan, administrasi keuangan pusat dan daerah, administrasi pembangunan, administrasi pengetahuan pajak, ekonomi politik dan lainnya.

Slide3

Contoh konkrit

Wah, susah gak sih? Awalnya mungkin akan berpikir ini susah tetapi sebenarnya tidak sesusah itu kok! Karena dalam administrasi negara kita akan dibawa untuk berpikir menggunakan logika. Saya beri contoh ya, misalnya di Indonesia diberlakukan penerapan kebijakan pemerintah tentang dana desa yang ditetapkan badan perwakilan politik dalam Undang-Undang No. 6 Tahun 2014. Nah, hal ini membuat perubahan baru dalam pembangunan nasional, lho karena dalam UU ini desa mendapatkan perhatian serius untuk melaksanakan pembangunan, pembinaan dan pemberdayaan masyarakat. Logika yang digunakan adalah saat pemerintah membuat kebijakan terkait dana desa dampaknya itu terjadinya pembangunan dalam desa. Hasilnya pun dapat dirasakan langsung dan digunakan secara optimal untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat desa.

Saya beri contoh lainnya ya, misalnya tentang kebijakan pemerintah dalam hal pajak. Ternyata, dalam pajak ada hubungan antara unsur ekonomi dan politik. Unsur ekonomi meliputi uang yang disetor untuk pajak dan kemudian uang tersebut dijadikan sebagai sumber ekonomi pembangunan negara seperti infrastruktur untuk nantinya dapat dirasakan oleh rakyat dan unsur politiknya berupa regulasi atau kebijakan yang dibuat oleh pemerintah yang mewajibkan pembayaran pajak. Jadi, dalam ilmu administrasi negara kita akan dibawa menuju logika dimana setiap perbuatan atau tindakan berhubungan atau berdampak dengan perbuatan atau tindakan lain.

Selain hal-hal yang sudah disebutkan, ilmu administrasi negara juga mempelajari bagaimana memanfaatkan dan menggunakan kecanggihan teknologi karena dalam ilmu administrasi negara terdapat mata kuliah pengetahuan komputer dan sistem informasi manajemen. Terdapat juga mata kuliah perencanaan karir dengan analisis swot “strengths, weaknesses, opportunities and threats” untuk mengetahui kelebihan, kelemahan, tanggung jawab dan ancaman yang ada dalam diri sehingga kita bisa mengetahui seberapa jauh kita memahami diri sendiri yang akan berdampak baik pada kehidupan pribadi maupun karir, lho.

Gimana Tugas Kuliah di Ilmu Administrasi Negara?

Ada beberapa tugas dalam ilmu administrasi negara yaitu ditugaskan untuk membuat laporan tentang bagaimana kinerja, pelayanan publik dan kebijakan yang ada di instansi pemerintah tetapi harus terjun langsung ke lapangan untuk memperoleh informasi yang akurat. Selama ini, biasanya kami ditugaskan ke beberapa kelurahan, kecamatan, dan dinas-dinas di Kota Tangerang. Tugas selanjutnya membuat makalah, jurnal atau essay. Misalnya, pada mata kuliah administrasi pembangunan, tugasnya adalah membuat essay tentang analisa kita terkait penerapan administrasi pembangunan di segala sektor di Indonesia serta solusi yang dapat digunakan jika terdapat permasalahan. Disini kita diminta untuk berpikir secara kritis dan rasional dalam menanggapinya. Dan terakhir, dalam ilmu administrasi negara, kita dilatih untuk terbiasa public speaking, mempresentasikan hasil dari tugas yang telah kita kerjakan.

Oh iya, terkait mata kuliah yang menurut saya terdapat pembelajaran yang menarik adalah Sistem Administrasi Negara Kesatuan Republik Indonesia. Kenapa? Karena di mata kuliah ini saya bisa mengetahui secara detail bagaimana pelaksanaan sistem administrasi negara dan penyelenggaraan pemerintahan negara, saya juga dilatih membuat rancangan peraturan pemerintah dengan teknik penyusunan yang baik. Mata kuliah selanjutnya adalah Studi Kependudukan. Kenapa? Karena di mata kuliah ini saya dapat melihat bahwa terdapat hubungan antara kita sebagai penduduk dengan seluruh bidang sosial, pendidikan, ekonomi, politik, biologi, genetika, geografi dan lingkungan yang kemudian oleh pemerintah dapat dibuat perencanaan pembangunan.

Tips untuk Maba Ilmu Administrasi Negara

Kalian harus lebih rajin membaca berita untuk mengetahui banyak informasi yang ada di Indonesia karena mata kuliah jurusan ilmu administrasi negara ini sangat terkait dengan kehidupan bernegara. Selain itu, kalian mulai belajar untuk menganalisa permasalahan-permasalahan publik yang ada serta solusi apa yang sekiranya harus dilakukan. Dengan rajin mencari informasi atau berita sendiri maka, kalian akan dapat memahami ilmu administrasi negara dengan lebih mudah.

Kemampuan yang Dimiliki Seorang Lulusan Ilmu Administrasi Negara

Dengan semua pengalaman dan pembelajaran yang ada dalam ilmu administrasi negara tentu saja lulusan ilmu administrasi negara ini sangat menguasai kemampuan, keterampilan, etika, dan pengetahuan tentang komponen dalam bernegara. Selain itu, mahasiswa jurusan ilmu administrasi negara juga mempunyai keterampilan untuk mengelola organisasi, mengambil keputusan strategis dan menganalisa suatu permasalahan. Bahkan lulusan ilmu administrasi negara, mampu membuat inovasi-inovasi melalui pemikiran kreatif dalam rangka memberdayakan peran masyarakat untuk pemenuhan keinginan masyarakat dan mampu mengikuti setiap perkembangan di bidang administrasi negara untuk melaksanakan penelitian. Jadi, lulusan ilmu administrasi negara mampu berdaya saing tinggi secara akademis maupun moral.

Prospek Kerja Lulusan Ilmu Administrasi Negara Bukan Hanya PNS, Lho!

Banyak yang berfikir kalau lulusan ilmu administrasi negara hanya bisa bekerja sebagai PNS. Namun, prospek kerja jurusan ilmu administrasi negara selain menjadi aparat pemerintah pengurus pusat atau daerah baik di kecamatan, kelurahan, kabupaten, ataupun menteri anggota legislatif pusat maupun daerah juga sangat tepat karena lulusan ilmu administrasi negara ini sudah mengetahui strategi khusus untuk membentuk pemerintahan yang efektif dan sejahtera dalam membangun rakyatnya. Dosen maupun asisten peneliti pun sangat cocok karena telah dibekali teori – teori pemerintahan yang baik. Lalu, Anggota partai politik yang terlibat aktif mewujudkan visi dan misi kebangsaan melalui partai politik. Jurnalis pemerintahan atau politik dan konsultan pemerintahan juga, lho karena lulusan ilmu administrasi negara juga menguasai fenomena politik ataupun fenomena pemerintahan yang akan diliputnya.

Bagaimana intipers? Sudah tertarik menjadi bagian dari jurusan ilmu administrasi negara? Semoga tulisan ini bermanfaat.

Salam sukses!

Kode Konten: X205

Jawaban dari penulis akan masuk email kamu.

Your email address will not be published. Required fields are marked *