Administrasi Negara

Ilmu Administrasi Publik Universitas Brawijaya (Alfin)

Ilmu Administrasi Publik Universitas Brawijaya (Alfin)

Halo sobat intipers! Aku Alfin Maharani Rosidah dari Ilmu Administrasi Publik Universitas Brawijaya angkatan 2019. Kali ini aku ingin sharing pengalaman kuliah ku dan memperkenalkan jurusan/prodi yang aku ambil. Lanjut bacanya ya intipers. Bagi teman-teman yang mau bertanya atau diskusi, bisa komen di bawah artikel ini. Kalau sempat akan dibalas ya, jawabannya akan masuk ke email kalian kok. Pastikan kalian baca sampe beres dulu artikel ini sebelum bertanya.

Secara umum, jurusan Ilmu Administrasi Publik Universitas Brawijaya itu seperti apa?

Jurusan saya kan administrasi publik, sebenernya banyak yang memandang jurusan ini tuh tentang surat menyurat karena ada kata administrasi. Sebenernya itu salah loh temen-temen. Administrasi publik itu topik besar dari perkuliahannya itu adalah kebijakan pemerintah. Tentang gimana pemerintah membuat kebijakan dan pelayanan kepada publik. Jadi gak melulu soal surat menyurat nih temen-temen. Outputnya bukan menjadi sekretaris. 

Bagi kalian yang ingin mendapatkan info jurusan dan masuk perguruan tinggi follow Instagram @intipkuliah. Akan ada live lebih dari 60 jurusan per bulan. Klik Disini

Apa yang jadi alasan masuk jurusan Ilmu Administrasi Publik Universitas Brawijaya?

Ini agak nyeleweng sih, dulunya aku mau masuk akuntansi. Makin ke sini pas pelaporan SNMPTN tuh aku tiba-tiba mikir apa aku jadi pejabat publik aja gitu karena kayanya enak gitu. Bisa memberikan pelayanan kepada masyarakat gitu. Kalau akuntansi aku mikirnya bantalan tergantikan sama teknologi di masa depan, sedangkan elit pemerintahan kan kita yang mengeksekusi sendiri. Akhirnya aku milih jurusan administrasi publik. 

Awalnya tuh kaya insecure banget karena kayanya ribet ngurusin surat menyurat, dokumen negara gitu. Ternyata enggak, kita diajarin cara melayani masyarakat, etika seorang pejabat melayani masyarakat, membuat kebijakan atau merencanakan pembangunan.  

Apa mata kuliah dan tugas yang khas dari jurusan ini?

Paling suka itu mata kuliah komunikasi, negosiasi sektor publik. Itu dosennya enak banget neranginnya. Kita belajar bahwa dalam berkomunikasi itu ada etikanya. Kalau mau mengajak negosiasi di berbagai negara, kita harus tahu budaya negara tersebut. Misal di Cina dan Amerika itu kan beda budaya. Kita harus mempelajari cara mereka berkomunikasi, orangnya on time atau enggak. 

Ada satu lagi namanya etika publik. Kita belajar tentang etika dalam melayani masyarakat. Sekarang kan banyak pejabat publik yang memandang status masyarakat itu sendiri ketika memberikan pelayanan. Itu gak boleh dalam etika publik. Kita harus menggunakan prinsip keadilan dalam memberikan layanan. 

Adakah konsentrasi atau kelompok keahlian di jurusan ini?

Jurusan administrasi publik ini terdiri dari 3 prodi. Ada administrasi publik, yang membahas kebijakan. Lalu administrasi pendidikan, outputnya nanti menjadi kepala sekolah. Ketiga administrasi perpustakaan. 

Jalur masuknya ada apa aja?

Universitas brawijaya punya 3 jalur masuk, SNMPTN, SBMPTN dan mandiri. Jalur mandiri UB ada 2 yaitu berdasarkan nilai UTBK dan nilai rapot. Kalian bisa search info jalur mandiri di instagram official Universitas Brawijaya.

Lihat vlog dari ribuan mahasiswa di seluruh Indonesia di Youtube Intip Kuliah. Klik Disini

Ada tips buat mahasiswa baru Ilmu Administrasi Publik Universitas Brawijaya?

Sebenernya administrasi publik itu gampang tapi gak boleh digampangin. Kakak tingkat dan bahkan saya sendiri yang ngegampangin mata kuliah malah keok nilainya. Jadi apapun tugasnya dikerjain dengan sepenuh hati agar dapat nilai maksimal. 

Saya bagi waktu juga antara organisasi dan kuliah, caranya dengan membuat to-do-list. Selain itu saya minta temen saya ingetin kalau misalnya jam sekian saya ada rapat organisasi. Kadang saya juga buat alarm sendiri. Terkait tugas itu h-2 saya harus sudah kerjakan, karena saya nyesel sekali ngerjain tugas mepet. Soalnya dulu saya UTS dan soalnya sudah dikerjakan 2 minggu sebelumnya, tapi saya leha-leha. Eh taunya H-1 saya ngandelin the power of kepepet tapi ternyata kebetulan listrik mati akhirnya saya gak lulus. Alhamdulilah dosennya baik dan masih keringanan. 

Bagaimana prospek kerja dari alumni jurusan ini?

Prospek kerja lulusan jurusan ini tuh banyak banget, mulai dari di daerah, provinsi maupun nasional. Kita bisa jadi staf kementrian, lembaga administrasi negara, kedirjenan kementrian manapun. Kalau di provinsi bisa bekerja di pemerintah daerah, atau bahkan jadi bupati dan lurah. Jurusan ini kan membahas tentang pembuatan kebijakan. Jadi gak usah khawatir terkait prospek kerjanya. 

Rencana dan harapan setelah lulus?

Saya inginnya ikut dalam program penelitian dan pemberdayaan masyarakat dan ingin membuat platform buat milineal buat bisa berkolaborasi memberikan dampak pada masyarakat. 

Kode konten: C596

Jawaban dari penulis akan masuk email kamu.

Your email address will not be published. Required fields are marked *