Aktuaria, Uncategorized, Universitas Gadjah Mada

Ilmu Aktuaria UGM (Nurrotul)

Ilmu Aktuaria UGM (Nurrotul)

Halo sobat intipers! Aku Nurrotul Ilma dari jurusan Ilmu Aktuaria UGM angkatan 2019. Kali ini aku ingin sharing pengalaman kuliah ku dan memperkenalkan jurusan/prodi yang aku ambil. Lanjut bacanya ya intipers. Bagi teman-teman yang mau bertanya atau diskusi, bisa komen di bawah artikel ini. Kalau sempat akan dibalas ya, jawabannya akan masuk ke email kalian kok. Pastikan kalian baca sampe beres dulu artikel ini sebelum bertanya.

Secara umum, Jurusan Ilmu Aktuaria UGM itu seperti apa?

Ilmu aktuaria itu pasti dikiranya belajar tentang perairan, padahal sama sekali gak ada hubungannya sama perairan. Bahkan mungkin ada yang nyangka belajarnya tentang akuarium gitu, itu sering banget. Padahal gak ada sama sekali hubungannya, bahkan kita belajarnya matematika.

Jadi sebenernya kalau temen-temen buka di internet, ilmu aktuaria itu adalah bidang ilmu yang menerapkan metode matematika dan statistika untuk mengukur resiko dalam produk-produk keuangan seperti asuransi, keuangan, serta industri dalam profesi lain.

Bagi kalian yang ingin mendapatkan info jurusan dan masuk perguruan tinggi follow Instagram @intipkuliah. Akan ada live lebih dari 60 jurusan per bulan. Klik Disini

Kalau secara umum itu belajarnya tentang matematika, statistika, terus belajar ekonomi, bahkan kita belajar pemrograman, karena dalam mangolah datanya itu kita memerlukan software pemrograman. Kalau di UGM itu aktuaria sebenernya udah lama, dia masuk di peminatan program studi statistika, cuman akhirnya karena dorongan pemerintah juga, karena kebutuhan aktuaris profesinya sendiri itu sedang sangat dibutuhkan di Indonesia, jadilah aktuaria itu dibutuhkan dan jadi program studi tersendiri. Kebetulan aku itu angkatan pertama aktuaria di UGM.

Apa yang jadi alasan masuk Jurusan Ilmu Aktuaria UGM?

Kalau dari aku pribadi, dulu tuh biasanya masih bingung milih jurusan apa. Ayah aku itu fokus di akuntansi, karena anak-anaknya belum ada yang meneruskan di bidang akuntansi, jadi aku tertarik untuk meneruskan di akuntansi. Cuman kalau akuntansi itu masuknya di soshum, sedangkan aku SMA nya IPA, setelah aku mencoba belajar sosiologi, geografi, dan pelajaran soshum lainnya itu aku kaya gak mudah menerima materinya.

schooters

Akhirnya pas kelas 11, akan ada program studi baru yang Insya Allah akan dibuka 2019 dan dimana itu tahun aku. Jurusan aktuaria ini kelompok saintek tapi juga belajar akuntansi, terus juga katanya sangat sedang dibutuhkan di Indonesia, dan katanya profesinya nanti gajinya tinggi, ya siapa sih yang gak mau kalau misalkan kerja dan gajihnya tinggi.

Jadi aku coba aktuaria, soalnya kan okelah kalau aku gak suka geografi, sosiologi, tapi aku suka ekonomi, karena peminatan pas di SMA aku ambilnya ekonomi. Jadi aku memutuskan untuk memilih aktuaria, dan alhamdulillah masuk.

Apa mata kuliah dan tugas yang khas dari jurusan ini?

Kalau mata kuliahnya sendiri, jadi aktuaria ini masuknya di fakultas MIPA. Untuk fakultas MIPA, itu di semester satu nanti semua program studi akan mendapatkan mata kuliah ke MIPA an. Kalau misalkan di ITB atau di IPB itu namanya TPB mungkin ya.

Mulai di semester duanya fokus sama program studi masing-masing. Jadi kalau di ilmu aktuaria sendiri sebenernya di semester satu udah ada mata kuliah yang paling enggak menggambarkan anak-anak aktuaria, kalau di UGM ada mata kuliah pengantar profesi aktuaris. Kalau untuk angkatanku ya masih dijelasin aktuaria itu di Indonesia dan dunia itu kaya gimana, kemudian mata kuliah yang berbobot ini ada matematika finansial, itu adalah salah satu mata kuliah yang bisa disetarakan sama ujian profesi aktuaris sendiri. Itu lumayan berat sih, di mata kuliah matematika finansial itu.

Terus semester dua mulai fokus di aktuaria sendiri, jadi mulai dapet mata kuliah akuntansi aktuaria. Sebenernya akuntansi biasa, terus belajar ekonomi mikro, makro. Pokonya ada mata kuliah yang bisa disetarain sama ujian profesi dari aktuaris. Gambaran dari mata kuliahnya sendiri sih misal dari matematika keuangan itu kasarnya tuh kamu memperkirakan nilai uang ditahun depan itu berapa, dengan bunganya berapa, kaya gitu. Sebenernya materinya banyak banget, cuman kalau ke saham itu gak fokus tapi kita menyentuh itu.

Aku semester 4 ini dapet matematika aktuaria, mungkin kalau menurut aku bisa dibilang cukup sulit sih mata kuliahnya, agak berbobot, dan untuk literature nya sendiri perlu tenaga berlebih buat mempelajarinya.

Praktikum di jurusan Ilmu Aktuaria UGM?

Kalau praktikum ada, cuman mungkin kebanyakan orang mikir kalau praktikum nanti nulis laporan praktikum nulis tangan atau gimana. Cuman kalau di aktuari itu, dan mungkin di departemen matematika UGM itu laporan praktikumnya di ketik, karena kita itu praktikumnya pemrograman, bukan praktikum yang kaya di laboratorium yang pake cairan gitu.

Praktikum pemrogramannya itu kita kalau awal-awal tentang C++, terus juga kalau sekarang di semester ini aku belajar program yang namanya R, di mata kuliah analisis data survival. Gimana kita mengetahui pengaruh suatu data terhadap variabel lain, dan pengaruhnya itu sebesar apa, apakah data ini akan survive di suatu kondisi, dan itu kita mengetahuinya dari program R.

Adakah konsentrasi atau kelompok keahlian di jurusan ini?

Kalau konsentrasi biasanya dibilang mata kuliah peminatan gitu. Kalau misalkan konsentrasinya sendiri gak ada, karena aktuaria itu udah khusus lagi, dari pemintan statistika, jadi ilmu aktuaria. Mungkin lebih ke mata kuliah pilihan aja, kalau di ujian itu ada kita milih minatnya kemana, tapi gak memungkinkan kita juga untuk eksplor minat yang lain, jadi gak fokus ke salah satu aja gitu.

Ada berapa jalur masuk di jurusan kamu?

Aku jalur masuk UTUL UGM. Kalau di UGM itu ada 4 pertama SNMPTN, SBMPTN, Mandiri, PBU (enelusuran bibit unggul) nanti calon mahasiswa yang mendaftarkan, nanti PBU itu ada 4 PBUB (juara internasional, nasional, provinsi), PBU tidak mampu, nanti ada syarat-syarat tertentu. Lebih lengkapnya di website UGM.

Ada tips buat mahasiswa baru Ilmu Aktuaria UGM?

Mungkin buat temen-temen yang mau tau ilmu aktuaria, sebenernya walaupun masih jarang cuman banyak banget yang udah sharing-sharing tentang aktuaria sendiri, ada juga instagram ready untuk program 1000 aktuaris kaya gitu kalau gak salah, terus kalau persiapan yang mau masuk perguruan tinggi jurusan ilmu aktuaria, itu gak ada syarat khusus sih, kalau masalah pembobotan kita masih kurang tau, apakah pembobotan itu yang pasti ada atau enggak, yang pasti kita harus memaksimalkan apa yang kita bisa. Kalau mau masuk aktuaria itu, kamu harus suka sama matematikanya, sampai ada saatnya matematikanya itu udah yang gak ada angkanya lagi.

Penutupan PPSMB palapa

Kemudian buat temen-temen yang udah keterima di aktuaria, tips dari aku mulai aja cicil-cicil tanya sama kakak tingkat kalian, daripada diem nunggu kuliah, mending baca aja dikit-dikit, itu lumaya membantu banget, karena kuliah kan beda banget sama SMA, kamu harus tau materinya dulu kalau kamu mau lebih paham didalam kelas nanti. Kalau misalkan temen-temen ada yang belum jodoh sama aktuaria di tahun ini, sebenernya gak harus dari jurusan aktuaria, karena untuk jadi aktuaris itu ada ujiannya sendiri.

Lihat vlog dari ratusan mahasiswa di seluruh Indonesia di Youtube Intip Kuliah. Klik Disini

Bagaimana prospek kerja dari alumni jurusan ini?

Sebenernya kalau aktuaris sendiri itu mengelola asuransi, jadi prospeknya ke perusahaan asuransi. Tapi kalaupun gak mau ke perusahaan asuransi, sebenernya bisa di tempat lain. Pokoknya di perusahaan manapun yang berhubungan dengan mengelola resiko.

Misal kita masuk ke perusahaan pecah belah, kita bisa banget menghitung kalau misalkan barang ini pecah, asuransinya berapa, peluang barang ini pecah berapa, bahan yang kita pakai untuk membuat itu apakah sekuat itu bertahannya, itu bisa banget aktuaris berkolaborasi sama jurusan lain. Kalau ditanya prospek kerja, luas banget. Kalau misalkan pait-paitnya gak mau kerja, sebenernya ilmu yang didapet dari jurusan ilmu aktuaria itu bisa banget digunain buat pribadi gitu.

 Apa harapan dan rencana setelah lulus?

Kalau rencana aku pengennya jadi dosen, kalau misalkan sanggup pengen lanjut S2 dan beasiswa. Kalau bisa aku pengen ada 2 gelar, selain sarjana aktuaria, aku pengen ada gelar profesinya juga.

 

Q&A

  1. Ilmu aktuaria itu rumpun soshum atau saintek?

Kalau ilmu aktuari itu saintek dan di UGM di fakultas MIPA, tapi kita belajar ekonomi juga.

 Kode konten: C626

Jawaban dari penulis akan masuk email kamu.

Your email address will not be published. Required fields are marked *