Aktuaria, Universitas Padjadjaran

Ilmu Aktuaria Unpad (Azka)

Halo! Kenalin, aku Azka Fadhilah dari Jurusan Ilmu Aktuaria Unpad / Universitas Padjadjaran Angkatan 2018. Aku biasa dipanggil Azka, tapi kalau mau panggil sayang, boleh juga sih.

Aktuaria tuh ilmu air gitu kan? Kelautan ya?’

‘Pertanahan bukan sih? Notaris kan bikin akte?’

‘Hah, jurusan apa itu? Emang ada ya?’

Sebagai bagian dari Angkatan pertama Aktuaria di kampusku, tiga pertanyaan itu yang sering aku dengar kalau ketemu sama orang—seringnya sih, temen ortu atau tante om—dan jawab pertanyaan sekarang-kuliah-dimana.

Aku yakin, kebanyakan dari kalian sudah pernah denger jurusan Aktuaria. Soalnya, memang jurusanku sekarang sudah dibuka di banyak Universitas. Tapi mungkin kalian masih bertanya-tanya, sebenernya Aktuaria itu apaan?

Di artikel ini, aku akan menjelaskan sedikit supaya kalian yang tertarik untuk jadi mahasiswa Aktuaria bisa tahu gimana cara jawab pertanyaan umum dari om-tante tentang Aktuaria. Atau bagi kalian yang belum tertarik, kalian bisa baca ini buat persiapan kalau mau bantuin anak Aktuaria jelasin jurusannya! Hehe.

Bagi kalian yang ingin mendapatkan info jurusan dan masuk perguruan tinggi follow Instagram @intipkuliah. Akan ada live lebih dari 60 jurusan per bulan. Klik Disini

Apa tuh Aktuaria?

Kalau aku ambil pengertian dari website PAI (Persatuan Aktuaris Indonesia), Aktuaris adalah seorang ahli yang dapat mengaplikasikan teori matematika, probabilita dan statistika, serta ilmu ekonomi dan keuangan untuk menyelesaikan persoalan-persoalan aktual pada sebuah bisnis khususnya yang berhubungan dengan risiko. Aktuaris adalah profesinya, sedangkan Aktuaria adalah ilmunya.

Kalau lagi males jelasin rinci (please, jangan ditiru!), aku biasanya jawab pertanyaan ini dengan: Statistika Asuransi.

Kok statistika? Seperti yang sudah disebutkan di definisi PAI di atas, Aktuaria berkaitan erat dengan matematika dan statistika. Di beberapa kampus, Aktuaria memang masuk ke dalam departemen matematika, tapi kebetulan di kampusku, prodi Ilmu Aktuaria masuk ke departemen statistika. Aku merasa lebih dekat dengan statistika, karena dari kurikulumku pun banyak mata kuliah yang sama dengan statistika. Maka aku merasa lebih tepat jika mengaitkan Aktuaria lebih erat dengan statistika.

Tapi pada dasarnya, ketiganya point out hal yang sama, yaitu angka! Serius deh. Di Aktuaria, kamu akan melihat gimana kerennya angka-angka bisa jadi pertimbangan utama dalam membuat keputusan.

Aktuaria ilmu asuransi?

Terus, kenapa asuransi? Meski seorang lulusan aktuaria bisa berkerja dimanapun, aktuaria seringkali dikaitkan dengan ilmu asuransi. Di kurikulumku pun banyak mata kuliah yang spesifik membahas perhitungan asuransi.

Have you ever wondering, Asuransi punya uang sebanyak apa sih sampe bisa menjamin hidup atau harta benda orang sebanyak itu? Nah, aktuaria ini adalah ilmu untuk memperhitungkan segala resiko yang muncul. Berapa premi yang harus dibayarkan supaya perusahaan bisa menanggung semua resiko nasabah? Produk apa yang sekarang lagi dibutuhkan masyarakat? Nah, aktuaris akan menjawab semua pertanyaan itu.

Ngomongin tentang aktuaris, ada beberapa ujian yang harus dilalui kalau kamu mau jadi Aktuaris. Ada 7 ujian untuk mendapat gelar FSAI (Fellow), dan 3 ujian+1 seminar untuk mendapat gelar ASAI (Associate). Ujian ini bisa diambil tidak terbatas usia dan tingkat Pendidikan, jadi sangat bisa kalau kamu mau ikut ujian selagi kuliah. Malah, kalau kamu kuliah di jurusan Aktuaria bakal ada beberapa mata ujian yang disetarakan dengan mata kuliah. Jadi, kalau kamu dapet nilai tertentu, kamu bisa dianggap sudah memenuhi kriteria untuk lulus ujian!

Terus, di Aktuaria Unpad belajar apaan?

Seperti yang sudah aku bilang sebelumnya, Aktuaria berkaitan dengan angka. So, pastinya di Aktuaria kita bakal belajar berhitung! Berhitung ini di bermacam-macam mata kuliah tentunya.

Sebagai gambaran, di semester 1, selain TPB (iya, di kampusku ada TPB: Bahasa Indonesia, Bahasa Inggris, PKn, Agama dan Olahraga Kesenian Kewirausahaan) aku dapat tiga mata kuliah yang berkaitan dengan Aktuaria. Kalkulus Aktuaria, Analisis Data dan Pengantar Mikroekonomi. Matkul Kalkulus Aktuaria ini yang jadi salah satu hal special dari Aktuaria Unpad. Kalkulus Aktuaria Unpad sudah difokuskan ke materi yang memang tepat akan digunakan oleh Aktuaris, say goodbye to trigonometry! (Aku asli happy banget waktu pertama kali denger ini). Nah, Analisis Data juga jadi salah satu mata kuliah favorit aku. Analisis Data sebenarnya 11-12 dengan statistika yang ada di matematika SMA, tapi bakal dieksplor lebih mendalam. Sedangkan Pengantar Mikroekonomi, yang bikin serunya adalah di Aktuaria Unpad kita bakal belajar langsung di FEB (Fakultas Ekonomi dan Bisnis) bareng sama mahasiswa baru FEB.

Matkul Favorit di Aktuaria Unpad

Mata kuliah favoritku yang lain adalah Matematika Asuransi Jiwa yang aku dapet di semester 3 dan 4. Keliatan dari namanya, kan, kalau mata kuliah ini sudah spesifik banget. Di Matematika Asuransi Jiwa, bakal dibahas secara lebih rinci perhitungan yang umum dipakai dalam perhitungan di asuransi jiwa. Kita bahkan sempet analisis produk asuransi real dan mencocokannya dengan materi yang sudah kita dapat. Seru banget!

Ilmu Aktuaria di Unpad kan masuk ke dalam fakultas MIPA, berarti ada praktikumnya dong? Hmm, jawab ini 50-50 sih. DI Aktuaria Unpad, memang ada praktikum di laboratorium, tapi laboratorium computer, hehe. Ada beberapa mata kuliah yang juga dipelajari cara perhitungannya menggunakan program, salah satunya mata kuliah Matematika Asuransi Jiwa barusan. Tapi tenang aja. Meski ada praktikumnya, sejauh ini aku belum pernah ngerjain laporan praktikum kayak di SMA.

Magang Tematika

Hal seru lainnya di Ilmu Aktuaria Unpad, pada setiap liburan semester genap bakal ada magang tematik. Jadi sebelum magang untuk keperluan skripsi, kita bakal difasilitasi program magang dari program studi. Liburan semester 2 pada tahun lalu, magangku berlokasi di kampus. Pihak program studi mengundang praktisi dari industri asuransi untuk memberikan kuliah umum. Setelah kuliah umum, kami diberi data real dari perusahaan kemudian diminta untuk memberikan analisis secara berkelompok. Di akhir magang, kami mempresentasikan hasilnya di depan dosen-dosen. Magang ini buatku berkesan banget, soalnya aku jadi makin kebayang apa yang bakal kukerjakan nanti setelah lulus dan masuk ke dunia kerja.

Lihat vlog dari ribuan mahasiswa di seluruh Indonesia di Youtube Intip Kuliah. Klik Disini

Di Aktuaria Unpad ada konsentrasinya nggak sih?

Konsentrasi yang dispesifikan oleh program studi, nggak ada. Tapi ada mata kuliah-mata kuliah pilihan yang bebas kamu ambil. Beberapa di antaranya seperti Ekonomi Islam, Matematika Derivatif, Matematika Demografi, Asuransi Syariah, Garansi, dan masih banyak lagi. Kamu bebas memilih, tapi yang perlu diperhatikan, beberapa mata kuliah punya persyaratan harus sudah mengikuti mata kuliah lainnya.

Kalau mau masuk Aktuaria Unpad, apa yang harus disiapin?

Ini satu kalimat yang selalu aku tekankan tiap ada yang nanya pertanyaan ini: Kamu harus suka melihat angka.

Di Aktuaria, kamu beneran bakal ketemu angka tiap hari. Jadi kalau kamu nggak suka, atau malah benci, aku sarankan lebih baik jangan. Nanti kamu nggak bahagia menjalaninya☹

Terus yang kedua, kuatkan tekad! Kalau kamu ingin menjadi aktuaris, kamu bakal butuh tekad yang kuat. Jalan jadi Aktuaris nggak susah, kalau kamu mau bekerja keras. Akupun sekarang sedang dalam perjalanan itu, jadi sebenarnya kalimat-kalimat barusan ditujukan buatku, sih. Hehe.

See you soon di Aktuaria Unpad!

Kode konten: X417

Komen dibawah! 6

  1. adel

    kak, mau nanya kak.. kalau pingin kali masuk aktuaria unpad lewat snmptn kira kira nilai apa cm nilai matem aja yg ditonjolin kak? terus kalau belum ada alumni dari sekolah yg ada di aktuaria unpad, apa masih ada peluang saya buat lolos kak? terimakasih sblmnya kakk..

  2. Sariati habeahan

    Hai ka, aku mau nanya nih, aku pengen kali masuk ke jurusan akturia di UNPAD, tetapi jika kita tidak punya alumni dari sana, apakah saya bisa lolos ka?
    Dan bagaimana sih ka, trik trik untuk bisa lolos ke jurusan akturia di UNPAD?
    Apa aja materi yang mau diujikan ka?

  3. Maulida evy yanti purba

    Hai ka, aku mau nanya , klo aktuaria di Unpad nilai mm yg ditonjolin ?

  4. Julia isani

    Ass Kak Azka..
    Sy dari Ciamis klsX11 ,ingin memilih prodi aktuari jlur snmptn,dàri para alumni belum ada yg masuk prodi tsb,alhmdulillah di sklh mendpt juara 1 sering mengikuti olympiade tpi blum ada kesempatn juara,apakah ada trix untuk bsa lolos?

  5. Heni

    Mau tanya kak… Kl mau mau masuk aktuaria unpad lewat jalur SNMPTN, berapa rata2 nilai sm 1-5 yg diperlukan?

  6. Andini Rafika

    Kak kalau dari smk bisa masuk aktuaria gk? Rata rata nilai yg diperlukan brp?

Jawaban dari penulis akan masuk email kamu.

Your email address will not be published. Required fields are marked *