Ilmu Tafsir, Universitas Islam Negeri

Ilmu Al Quran dan Tafsir UIN Jakarta (Annisa)

Ilmu Al Quran dan Tafsir UIN Jakarta (Annisa)

Hello teman – teman Intipers!, saya Annisa Nur Indriyant. Teman – teman saya biasa memanggil saya dengan nama panggilan Annisa atau Nisa. Kuliah di Jurusan Ilmu Al Quran dan Tafsir UIN Jakarta Syarif Hidayatullah angkatan 2016. Saya berasal dari Tangerang. Aktivitas saya sekarang adalah mengerjakan tugas akhir dan aktif menulis di media.

Apa aja yang dipelajari di Ilmu Al-Quran dan Tafsir UIN Jakarta

Jurusan saya biasanya sering disingkat IQTAF atau IAT dan termasuk baru, karena awalnya adalah jurusan tafsir Hadis. Semenjak tahun 2016 dipisah menjadi dua bidang, Ilmu Al-Quran dan Tafsir dan Ilmu Hadis. Umumnya kita belajar agama seperti, Fiqih, Hadis, Ilmu Al-Quran, Filsafat, Ilmu Kalam, Bahasa Arab. Mata kuliah yang menjurus dengan jurusan itu seperti, kaidah tafsir, Ulum Al-Qur’an, Metode Tafsir, Metode Istinbath Hukum, Literatur Tafsir Indonesia, Tahfidz Al-Quran dan Hadis. Namun, selain itu masih banyak mata kuliah yang memiliki fokus dengan jurusan lain, apabila merasa salah jurusan seperti:

unisa
  • Public Speaking yang memiliki fokus di bidang komunikasi.
  • Perencanaan dan Strategi Pembelajaran yang memiliki fokus di dunia pendidikan.
  • Filologi dan semiotika yang memiliki fokus di bidang sastra.
  • Kesehatan Mental yang memiliki fokus di bidang Psikologi.

Bagi kalian yang ingin mendapatkan info jurusan dan masuk perguruan tinggi follow Instagram @intipkuliah. Akan ada live lebih dari 60 jurusan per bulan. Klik Disini

Tugas khas jurusan ini

Jujur di jurusan ini kalian gak bakal ngerasain yang namanya “praktikum”, dan tugas – tugas ribet lainnya seperti yang ada di jurusan lain. Alias kalian jarang banget dapet tugas, bahkan bisa keitung ada berapa tugas dalam satu semester. Namun, hal yang paling mentrigger dari jurusan ini, ketika membuat makalah kita harus hectic, karena terkadang ada dosen yang mewajibkan untuk menulis makalah dalam Bahasa Arab atau mencari referensi dari kitab asli atau biasa disebut kitab kuning. Tapi tenang, untuk hal seperti itu biasanya didapati dengan dosen yang killer, jadi semisalnya gak mau kaya gitu, kalian bisa milih sejak awal dosen – dosen yang gak terlalu over ketika isi KRS atau draft matkul ketika awal masuk kuliah.

Apa mata kuliah favorit aku?

Mata kuliah favoritku sebenernya banyak, namun yang paling saya suka yaitu Hermeneutika dan Semiotika. Dengan mempelajari ilmu tersebut, saya bisa banyak mengintegrasi pelbagai bidang ilmu lainnya seperti, Sains, Kedokteran, Psikologi, Komunikasi dengan ilmu Tafsir. Terlebih karena saya suka menulis maka saya suka menganalisa teks melalui semiotika.

Tips kuliah jurusan dan tantangan

Banyak yang bilang kalau mau jadi anak Tafsir harus hafal Al-Quran 30 Juz, bisa berbahasa Arab fasih, bisa membaca kitab kuning. Ternyata semuanya tidak harus dikuasai secara mendalam. Contoh kalian harus bisa menguasai bahasa Arab yang dasar seperti menguasai kosa kata dan kalimat SPOK ( Subjek Predikat Objek dan Keterangan) dalam bahasa Arab. Untuk hafalan tidak harus hafal semua Al-Quran, minimal hafal juz 30. Syarat membaca kitab pun tidak harus membaca kitab – kitab tafsir, akan tetapi menggunakan kitab yang masih tergolong mudah seperti kitab Fathul Qorib.

pmb2-min

Tantangan yang akan dihadapi dalam jurusan ini ialah membaca kitab kuning. Kenapa? Karena kita mempelajari agama dan sumber asli agama adalah Al-Qur’an dan Bahasanya adalah Bahasa Arab. Tentu bahasa Arab menjadi tantangan besar bagi mahasiswa Tafsir, karena nantinya bakal banyak berinteraksi langsung dengan kitab – kitab dan naskah yang berbahasa Arab tanpa harakat. Eitss, tapi kalian jangan takut, karena semuanya bisa dihadapi dengan belajar Bahasa Arab otodidak melalui kursus atau mengikuti ngaji di pondok mahasiswa di kampus.

Cukup menjadi tantangan besar apabila teman – teman mendapatkan dosen yang asli dari Timur Tengah. Karena kalian akan merasakan yang namanya perbedaan Bahasa yang dipakai, karena Bahasa Arab yang dipelajari orang Indonesia adalah bahasa resmi Arab atau kalau di Indonesia Bahasa KBBI, sedangkan dosen tersebut memakai Bahasa sehari – hari yang tidak resmi. Pelafalan intonasi Bahasa cenderung lebih cepat dan kental makharijul hurufnya atau biasa disebut dengan fasih. Dosen yang dari timur tengah biasanya lebih santai, dibanding dosen yang asli dari Indonesia atau lulusan kampus itu sendiri.

Lihat vlog dari ribuan mahasiswa di seluruh Indonesia di Youtube Intip Kuliah. Klik Disini

Prospek kerja ilmu Al-Quran dan Tafsir

Prospek kerja adalah bagian yang paling dibenci dengan mahasiswa Tafsir, karena orang – orang di luar sana banyak yang menyepelekan jurusan ini, alias dibilang masa depan kita suram dan gak bakal ada perusahaan atau orang yang mencari. Namun, faktanya semuanya itu tidak benar. Kalian bisa menjadi seorang penulis, karena kebanyakan alumni jurusan ini menjadi, Guru, penulis, dosen, peneliti, Ulama dan Menteri. Biasanya jurusan lain sering mengolok kalau lulusan Tafsir bakal jadi Nabi, karena seringnya mempelajari wahyu dan hadis. Namun itu semua hanya dijadikan guyon saja oleh para mahasiswa Tafsir.

Harapan saya lulus dari jurusan ini

Semoga saya bisa selalu menjadi orang yang dapat menebarkan banyak manfaat kepada orang lain dalam kehidupan. Saya selalu yakin, lulus dari jurusan ini saya bakal sukses dalam hidup. Karena sejatinya belajar agama adalah belajar hidup. Di tengah hiruk pikuk era digitalisasi yang sering melahirkan banyak hoax tentang agama, berharap sekali para lulusan Tafsir menjadi garda terdepan, agar umat tidak gila karena tidak mengerti agama.

Kode Konten: X117

Komen dibawah! 28

  1. rasyid

    bagus nih artikelnya

  2. Siti rohmah (siroh)

    Assalamualaikum ka nisa☺nama ku siroh,,suka pas baca artikel kaka. Ada sedikit dekdekan sih ka pas baca tentang tugas2 yg di kasih sama dosen2nya nanti?..karna dari aku sendiri aku blum sepenuh nya menguasai bahasa arab dan cara membaca kitab kuning..sekilas2 mungkin faham ka.tpi aku pengen bngt masuk IAT tpi dekdekan jga pas baca artikel kaka?

    • Ilham

      Setelah sy baca artikel kk, sya jadi lebih PD untuk ambil prodi IAT, tapi ada yang msh saya cemaskan untuk ngambil jurusan IAT, yaitu tentang bahasa arab, krna saya kurang atau bisa di bilang tidak fasih dalam berbahasa arab, lalu yg saya tanyakan ke kk apakah saya akan kesulitan untuk mengikuti pembelajaan dlm prodi IAT ini, dgn keterbasan saya dlm berbahasa arab kak?
      Dan sya mau tau lebih, gimn aja sih biasanya tugas² yg di ksh sam doaen nya kak di prodi IAT ini?
      Tolong masukan sama motivasinya ya kak, soalnya sya lgi bimbamg mau ambil jurusan ini kk.

  3. Muhammad Farrel Ramadhani Febrizkhi

    Saya mau bertanya kak,
    Di UIN dalam hal mengenai ilmu Al-Quran apakah kita bisa untuk membaca Al-Quran dengan suara yang indah dan merdu seperti Qori?

    Terima kasih kak sebelumnya ???

  4. Haidar

    Keren banget ka artikelnya, saya jg mau masuk jurusan ini. Tapi kemungkinan di luar negeri, walaupun sama masih setara kls 2 SMA di pondok hehe, semoga bisa keterima aamiin

  5. Muthoharoh(mahasiswa IQT STAI AL ANWAR )

    Keren makasih pengalamannyaaa hehee

  6. Muthoharoh(mahasiswa IQT STAI AL ANWAR )

    Kaaak bagi pengalaman lebih banyak dong.aku baru semester satu aku butuh gambarang untuk kedepannya makasih

  7. Nurhasanah

    Usia saya 34 th…sudah hampir 17 THN lulus MA dan pesantren…baru THN ini punya kesempatan dan dana untuk bisa kuliah…kira 2 bisa g y mengikuti kuliah jurusan IQt?

  8. Shinta Nur Allyani

    Assalamualaikum ka,ka bisa lebih di jelasin detailnya tentang jurusan ini ? dan mungkin kaka bisa ceritain tentang kaka selama di jurusan ini ? terimakasih

  9. Faha liamiza

    Kak.. kalo misalnya aku belum bisa bahasa arab sama baca kitab kuning gimana?? Kan itu jadi syarat ketentuannya..

  10. Indah sri

    Kak kalau masuk IAT ini langsung pake bahasa arab yah

  11. Indah

    Kak klw msuk jurusan IAT ini bleh apabila blom bisa mnghafal al Qur’an semuanya kk

  12. Reni Safitri

    Terima kasih kak… Atas pengalamannya..?? Pengen banget kuliah jurusan IAT…. Semoga Allah memudahkan jalanku…?? Aamiin…. Sukses selalu kak Annisa….?

  13. Nurul

    Assalamu’alaikum ka…
    Saya masih awam tentang kitab², apalagi bahasa arab saya belom bisa sama sekali.. tapi saya ingin masuk jurusan ini dan belajar

    Jadi apa bisa saya masuk jurusan IAT ini ka?

  14. Eka Lastriana

    Assalamualaikum Kak Mau Nanya.. kalo SeandaiKan Lulusan SMK Tapi Kalo Malam Ikut Ngaji Di Pondok. Bisa Kuliah Jurusan Ini?

  15. Nurmalasari

    Assalamualaikum.. hai Annisa aku udh lulus kuliah jurusan sistem informasi tapi gak tau kenapa hati ingin kuliah lagi untuk jurusan tafsir dan Al-Qur’an bisa dijelaskan lebih detail Lgi agar niat baik saya tetap untuk belajar ilmu agama?

  16. Fitriyah Nurul Fadillah

    Assalamualaikum ka:)
    Ka bisa kasih informasi ga tentang kuliah mana saja yg ada prodi ilmu Quran dan tafsir kalo bisa di daerah Jakarta yah ka dan negri . Terimakasih ka?

  17. Eka Lastriana

    Udah Terlanjur Masuk SMK. Tapi Pengen Kuliah Ke Jurusan Ini ? Nggak Akan Mungkin Bisa Ya Kak. ?

    • annisanurindriyanti

      Bisa ko, asal siap buat otodidak belajar Arab aja

      • Eni mucholifah

        Makasih ya Annisa artikelnya membuat saya semakin mantap buat anak saya yg tahun ini lulus SPAN PTKIN jurusan IAT, karena awalnya saya ragu dng jurusan ini untuk prospek mencari kerja kedepannya, tapi Alhamdulillah setelah membaca artikel ini, saya mulai terbuka pandangan sya. Syukron

  18. annisanurindriyanti

    https://www.instagram.com/p/CNWc9urrXyi/?igshid=17jdg2emrgd9l

    Kabar baik temen” yang mau masuk jurusan IAT dan ingin mendapatkan beasiswa itu linknya ya!

  19. Nurhayati

    * Assalamualaikum kak.
    Aku baru baca artikel kk bagus banget,aku jadi makin yakin untuk ngambil jurusan ini?sebelumnya aku mau nanya, di semester awal kita bakal belajar seperti apa dulu ya kak?apa kita langsung bahas ke kitab-kitab kuning dulu kah? apa
    bahasa arab nahwuu dan shorof dulu kak ? terimakasih ??

  20. annisanurindriyanti

    Halo tmn”, klo aku bahas di youtube setuju gak? Klo setuju bantu subscribe dong!
    https://youtu.be/fXrgwZcB4o4

Jawaban dari penulis akan masuk email kamu.

Your email address will not be published. Required fields are marked *