Tafsir, Universitas Islam Negeri

Ilmu Al-Quran dan Tafsir UIN Sultan Syarif Kasim Riau (Rahmat)

Ilmu Al-Quran dan Tafsir UIN Sultan Syarif Kasim Riau (Rahmat)

Hai sobat intipers, perkenalkan aku Rahmat Ilahi Ramadhan Limbong dari Ilmu Al-Quran dan Tafsir UIN Riau / UIN Suska angkatan 2017. Teman-teman bisa panggil rahmat atau mbong. Yuk, intip pengalaman aku. Bagi teman-teman yang mau bertanya atau diskusi bisa komen di bawah artikel ini. Kalau sempat aku balas ya, jawabannya akan masuk ke email kalian kok, pastikan kalian baca sampe beres dulu artikel ini sebelum bertanya.

Apa aja yang dipelajari di Ilmu Al-Qur’an dan Tafsir UIN Suska Riau ?

Sekilas dari nama prodinya, kebanyakan orang berasumsi bahwa mata kuliah yang dipelajari hanyalah tentang agama. Namun nyatanya tidak, prodi ini juga mempelajari mata kuliah umum, seperti Pancasila, Pendidikan Kewarganegaraan, Bahasa Indonesia, dll. Kebanyakan mata kuliah yang dipelajari memanglah berbasis agama, seperti ilmu al-qur’an, ilmu hadis, ilmu tafsir, aqidah akhlak, fiqh, takhrij hadis, dll. Hal tersebut sudah mata kuliah wajib bagi prodi ini. Selain itu ada 1 program yang menarik menurut saya dari prodi ini, pada semester 6 akan ada mata kuliah pilihan, yaitu ilmu komputer dan kewirausahaan. Kita harus memilih salah satu mata kuliah yang kita minati.

unisa

Apa bedanya dengan Ilmu Hadis ?

Pada tahun 2016 jurusan Tafsir Hadis di bagi menjadi 2 prodi, yaitu Ilmu Al-Qur’an dan Tafsir dan Ilmu Hadis. Prodi Ilmu Hadis di UIN Suska Riau baru ada pada tahun 2017. Mata kuliah di prodi Ilha dan IAT hampir sama, namun yang membedakannya adalah prodi Ilha lebih fokus mengenai Hadis, sedangkan IAT lebih condong kepada problematika yang ada mengenai Al-Qur’an.

Tugas Khusus di Prodi Ilmu Al-Qur’an dan Tafsir UIN Riau / UIN Suska

Tugas pada prodi ini tidaklah seperti bayangan ketika hendak masuk kampus, tugas, praktikum, dll. Pada prodi ini tugas yang diberikan cukup mudah. Kebanyakan dosen pengampu hanya meminta untuk mengahafal, membuat makalah atau resume dari setiap materi. Ada beberapa dosen yang mengharuskan kita untuk membuat makalah sebagus mungkin dengan aturan yang telah diterapkannya. Kebanyakan dosen pasti memberikan referensi buku untuk memudahkan dalam hal pengerjaan tugas tersebut.

Mata Kuliah & Dosen Favorit di Prodi Ilmu Al-Quran dan Tafsir UIN Riau / UIN Suska  ?

Mata kuliah pada prodi ini banyak tapi yang paling aku suka ada dua mata kuliah. Yang pertama ilmu tafsir, dengan mempelajari ilmu tafsir ini aku bisa mengetahui apa saja syarat, dan bagaimana cara untuk menafsirkan suatu ayat. Ilmu ini juga membuka wawasan kita untuk berpikir lebih jauh tentang makna yang terkandung pada suatu ayat.

pmb2-min

Yang kedua, takhrij hadis, mata kuliah ini lebih fokus kepada pencarian sumber hadis, siapa perawinya, apa kedudukan hadis, ada gak sanad yang membuat suatu hadis bisa di tolak. Mata kuliah ini menggunakan sebuah aplikasi yang menarik banget dengan fitur lengkap.

Sementara itu, dosen favorit saya Pak Suja’i selaku penasehat akademis saya, dan Pak Fikri yang bisa membuka akal logika kita untuk berpikir lebih maju dengan penyampaian yang mungkin sedikit menyinggung tapi lucu sehingga mudah untuk dapahami.

Tips & tantangan untuk Maba prodi IAT UIN Riau / UIN Suska

Mata kuliah di prodi ini banyak berkaitan dengan al-qur’an. Maka, perlu dipersiapkan terlebih dahulu. Namun untuk keperluan berbahasa arab tidak usah khawatir. Di kampus UIN Suska Riau ada program wajib belajar bahasa selama 3 semester.

Bagi kalian yang lulusannya bukan dari pesantren tidak usah ragu untuk mengambil prodi ini. Kebanyakan mahasiswa di prodi ini berasal dari sekolah negeri/kejuruan. Kalian akan diberikan arahan oleh dosen dan senior step by step.

Tantangan yang akan kalian hadapi di prodi ini adalah kewajiban menghafal Al-Qur’an 3 Juz dan Hadis Arbain Nawawiyah sebagai syarat untuk munaqasah (skripsi) yang di setor melalui penasehat akademis masing-masing.

Ikut organisasi !

Ikuti organisasi yang ada di tingkat prodi, fakultas maupun universitas. Sangat banyak program yang di tawarkan. Hal ini dapat menimbulkan kesiapan kita dalam menghadapi problem yang ada. Ikuti kegiatan tersebut dan jangan takut menerima amanah yang diberikan. Akan banyak sekali pengalaman dan kisah menarik yang bisa kamu jadikan pelajaran dan karya dalam hidupmu.

Prospek kerja alumni  ?

Sepengetahuan saya kebanyakan alumni dari prodi IAT UIN Suska Riau itu menjadi tenaga pendidik di kampus UIN Suska Riau ataupun kampus dan sekolah-sekolah lain. Ada juga yang menjadi penulis, Guru, penyiar radio, pengusaha, penerbit buku dan Ulama terkenal. Tidak jarang juga alumni dari prodi ini melanjutkan studinya ke yang lebih tinggi.

Harapan dan rencana setelah lulus? 

Harapan saya tentu menjadi orang yang berguna bagi masyarakat, dapat mengayomi, dan memberikan solusi. Saya belum tau pasti akan jadi apa kedepannya, tapi saya memiliki planing untuk melanjutkan dan mengasah skill saya di bidang desain dan jurnalis. Setelah itu saya berminat untuk menjadi tenaga pendidik di salah satu sekolah yang ada di Indonesia ataupun mendirikan sekolah/lembaga yang peduli akan pendidikan.

Kode Konten: X162

Komen dibawah! 14

  1. rahmadaniilhamnst

    assalamualaikum bang
    perkenalkan bang nama aku ilham jurusan BKI semester 4 di UIN suska riau

  2. rahmatlimbong

    Wa’alaikumussalam, salam kenal rahmadani

  3. Wanda

    Assalamu’alaikum kk, saya berminat untuk mengambil jurusan ini tahun depan untuk kuliah kalau boleh tau kkk lulus melalui SNMPTN atau SBMPTN ? Dan tolong kasi tips ya kk biar bisa lulus masuk uin suska .Terimakasih ?

    • Wanda

      Assalamu’alaikum kk, saya berminat untuk mengambil jurusan ini tahun depan untuk kuliah kalau boleh tau kkk lulus melalui SNMPTN atau SBMPTN ? Dan tolong kasi tips ya kk biar bisa lulus masuk uin suska .Terimakasih ?

      • rahmatlimbong

        Wa’alaikumussalam kak Wanda☺. Sebelumnya salam hangat dari aku. Untuk prodi ini tidak tersedia di SBMPTN ataupun SNMPTN karena merupakan prodi yg berbasis keagamaan. Kakak bisa ikuti SPANPTKIN atau UMPTKIN untuk masuk prodi ini. Alhamdulillah saya lulus melalui jalur ujian tertulis (UMPTKIN). Untuk tips sih aku belum bisa ngasih banyak☺. Tapi sedikit saran ketika memilih prodi ini silahkan letak di pilihan pertama☺. Kalau ambil jalur ujian tulis silahkan pelajari bidang agama dan belajar bahasa Arab dasar☺. Sedikit informasi juga prodi ini merupakan prodi paling banyak peminatnya, jadi tetap semangat. Usaha tiada batas dan jangan lupa berdoa. Terimakasih ?

  4. Wanda

    Oo begitu terimakasih kak atas infonya semoga bermanfaat?

  5. Hanifah Hanum

    Bismillahirrahmanirrahim, Assalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh ?
    Perkenalkan nama ana HANIFAH HANUM Alhamdulilah dari prodi IAT
    Saya ingin bertanya kak, apa kakak jurusan IAT internasional?jika iya apa saja persyaratannya agar bisa memenuhi persyaratan yang ada,dan bagaimana caranya agar kita bisa terpilih di cabang internasional…
    Selanjutnya, Aktivitas dan pembelajaran apa yang membedakan jurusan internasional IAT dengan jurusan IAT reguler..(?)

    Jazakallah khayr atas info&ilmunya kak??
    Wassalamu’alaikum warahmatullahi wabarakatuh ?

  6. rahmatlimbong

    Wa’alaikumussalam warahmatullah wabarakatuh Hanifah. Mohon maaf atas kelambatan membalas yah☺. Jika ingin fast respons silahkan DM ke ig aku @rahmat_limbong.

    Sebelumnya aku ucapkan selamat kepada Hanifah yang lulus di Prodi IAT semoga kita bertemu insya Allah di gedung belajar. Aamiin.

    Untuk masuk ke kelas Internasional itu ada test khusus tersendiri, biasanya di adakan di awal semester 1, tapi untuk tahun ini menurut info yg aku dapat sih ada perbedaan dari tahun sebelum-sebelumnya. Tahun ini insya Allah bakal diadain awal semester 2 yah. Jadi persiapkan diri dengan maksimal☺.

    Untuk persyaratannya sih Hanifah harus mempersiapkan hafalan minimal ±5 juz hafalan al-Qur’an dan bisa mengikuti tes khusus untuk masuk kelas Internasional.
    Perbedaan antara Internasional dan reguler yah☺. Tentu dari namanya saja sudah berbeda, fasilitas yang diberikan untuk anak Internasional itu berupa asrama, ruang belajar tersendiri (walaupun terkadang ada pembelajaran di gedung belajar bersama), pembelajaran menggunakan bahasa Arab dan bahasa Inggris, so yang pasti tiap tahunnya itu untuk kelas Internasional ada mahasiswa dari luar negeri☺.

    Tidak begitu banyak perbedaan antara reguler dan Internasional. Maupun kita berada, kembali kediri kita untuk jadi apa?

    Sedikit dari aku mungkin, terimakasih kepada Hanifah yg sudah bertanya. Aku mohon maaf jika ada info yg masih kurang tepat, hehe

  7. Tasya

    Hi kak, apakah program wajib bahasa selama 3 semester hanya untuk mahasiswa IAT?

    • Rahmat Limbong

      Halo Tasya, mohon maaf baru balas. Hehe

      Program belajar bahasa 3 semester itu berlaku untuk semua jurusan ya Tasya☺.

      Tapi info yg aku dapet untuk 2 tahun terakhir ini gk ada lagi program bahasa tersebut ☺ digantikan ke program belajar tambahan di jurusan masing-masing. Terimakasih Tasya

  8. Ramisih ami

    Assalamualaikum kak. Perkenalkan nama sya ami,saya berminat dan berencana untuk melanjutkan kuliah dijurusan tafsir,minta doa nya ya kak.

  9. Ramisih ami

    Assalamualaikum kak. Perkenalkan nama sya ami,saya berminat dan berencana untuk melanjutkan kuliah dijurusan tafsir,minta doa nya ya kak. di uin suska juga kak.

    • Rahmat Limbong

      Wa’alaikumussalam, halo Ami. Salam kenal☺
      Tetap semangat yah, semoga bisa dipertemukan di UIN Suska Riau ya. Aamiin…

  10. Dean indriani

    Assalamualaikum kaka?
    Saya Dean indriani
    Salam kenal kaka☺
    Saya lulus di prodi ilmu tafsir ka?
    Tapi kalo boleh tau ada ngga syarat awal nya ka?ntah kek wajib ada hafalan atau gimana gitu ka?☺terima kasih kaka

Jawaban dari penulis akan masuk email kamu.

Your email address will not be published. Required fields are marked *