Peternakan, Universitas Gadjah Mada

Ilmu dan Industri Peternakan UGM (Desti)

Ilmu dan Industri Peternakan UGM (Desti)

Halo sobat intipers! Aku Desti Nur Arini dari Ilmu dan Industri Peternakan UGM angkatan 2018. Kali ini aku ingin sharing pengalaman kuliah ku dan memperkenalkan jurusan/prodi yang aku ambil. Lanjut bacanya ya intipers. Bagi teman-teman yang mau bertanya atau diskusi, bisa komen di bawah artikel ini. Kalau sempat akan dibalas ya, jawabannya akan masuk ke email kalian kok. Pastikan kalian baca sampe beres dulu artikel ini sebelum bertanya.

Secara umum, jurusan Ilmu dan Industri Peternakan UGM seperti apa?

Pertama-tama secara garis besar di Peternakan kita mempelajari banyak hal dari hulu ke hilir. Istilahnya seperti itu, kalau pandangan awam di masyarakat itu lulus kuliah ujung-ujungnya angon ngarit kaya gitu. Itu jauh dari yang aku pelajari di Peternakan. Peternakan itu membahas dari ternaknya hidup sampai hasil ternak dan turunannya.  

Bagi kalian yang ingin mendapatkan info jurusan dan masuk perguruan tinggi follow Instagram @intipkuliah. Akan ada live lebih dari 60 jurusan per bulan. Klik Disini

Apa yang jadi alasan masuk jurusan Ilmu dan Industri Peternakan UGM?

Alasannya dulu karena di peternakan itu pembahasannya luas. Liat dari mata kuliahnya juga itu banyak banget. Nah, disitu itu bisa nyesuaiin minat saya itu dimana. Selain itu prospek kerja dari peternakan itu luas, bisa masuk dimanapun. Itu juga tergantung kita mau masuknya dimana. 

Apa mata kuliah dan tugas yang khas dari jurusan ini?

Mata kuliah yang menurut aku khas banget itu ada 2. Pertama ada bahan pakan dan formulasi ransum. Di mata kuliah ini kita belajar pengadaan bahan pakan, misalnya jerami kering, rumput gajah, dll. Dari bahan pakan yang disediakan itu nanti diberikan ke ternak. Nah pemberiannya juga gak ngasal. Kita belajar mekanisme pemberian pakan ke ternak, misalnya ada sapi bobotnya 500 kg nah itu nanti kebutuhan hariannya berapa. Itu diperhitungkan juga protein agar sesuai dengan kebutuhan ternak. Peternakan itu juga kan banyak ada domba, kambing, sapi dan babi dengan sistem pencernaan yang berbeda-beda jadi harus disesuaikan juga. 

Kedua ada mata kuliah teknologi penanganan limbah peternakan. Di mata kuliah ini kita belajar mengolah limbah yang ada di peternakan. Sisa atau limbah ketika dibuang itu kandungan nitrogennya harus berapa, itu disesuaikan jadi kotoran gak serta merta dibuang tapi harus mempertimbangkan lingkungan.

schooters

Praktikum

Lalu, kita sering juga praktikum di lab maupun kandangnya langsung. Kalau di lab misalnya, mata kuliah hasil ternak itu habis buat sosis kita nguji daging segar itu kandungan kadar air, protein, dsb. Praktikum yang di kandang itu biasanya ada yang di UGM ada yang di luar. Kalau yang di UGM itu kandang sapi kita ngukur status fisiologis, mengukur dari apa yang dilihat dari fisik untuk memperkirakan umur ternak. Kalau dari sapi itu kita pernah mengeluarkan lidah sapi otomatis giginya kan kelihatan, dari gigi yang kita lihat itu bisa memperkirakan umur sapi. Praktikum yang di luar UGM itu ke peternakan babi binaan di Bantul.

Adakah konsentrasi atau kelompok keahlian di jurusan ini?

Ada 5 konsentrasi. Pertama ada nutrisi dan pakan ternak, di prodi ini kita mempelajari terkait bahan pakan dan kandungannya secara lab. Nanti banyak dilakukan uji sehingga nanti diberikan ke ternaknya itu tepat. Kedua, itu ada produksi ternak. Itu lebih ke ternak hidupnya, kalau di sini ada namanya lab unggas, lab potong kerja dan kesayangan. Kalau di lab unggas itu nantinya fokus ke ternak unggas, terutama ayam yang dibagi lagi ayam petelur dan pedaging. Konsentrasi ketiga itu teknologi hasil ternak, kita belajar tentang hasil ternak. Itu kan ada susu, daging, telur, dan limbah. Dari hasil ternak itu kan bisa dijadikan lagi produk turunan, nah itu dipelajari. Misalnya gimana buat sosis yang pas formulasinya. Di limbah kita juga belajar pengolahannya. Biasanya kita tahunya limbah menjadi pupuk, tapi bisa juga dijadikan biogas utamanya kotoran sapi. 

Keempat itu konsentrasi pemuliaan dan reproduksi ternak itu mempelajari genetika ternak, jadi istilahnya belajar misal sapi A dan sapi B ketika dikawinkan itu nanti akan menghasilkan keturunan yang baik. Kalau reproduksi itu belajar tentang sistem reproduksi hewan ternak ruminansia (sapi, domba kambing) dan unggas. 

Kalau di peternakan UGM gak ada patokan khusus waktu pilih konsentrasi tapi biasanya di semester 5 mulai memilih mata kuliah pilihan sambil juga memenuhi mata kuliah wajib. 

Jalur masuknya ada apa aja?

Jalur masuk sama kaya universitas negeri lainnya. Ada SNMPTN, SBMPTN sama mandiri. Kalau mandiri UGM itu biasanya ada UTUL sama PBU. PBU itu penelusuran bibit unggul itu bisa pakai nilai rapot dan sertifikat seni atau keolahragaan. 

Lihat vlog dari ribuan mahasiswa di seluruh Indonesia di Youtube Intip Kuliah. Klik Disini

Ada tips buat mahasiswa baru Ilmu dan Industri Peternakan UGM?

Tips dari aku gak muluk-muluk, dijaga semangatnya dari awal sampai akhir. Selain itu juga tetep menjaga hubungan baik dengan Tuhan dan keluarga terutama orang tua. Kalau misal udah masuk di peternakan, harus siap-siap menjaga manajemen waktu. Di peternakan itu banyak ilmu yang sifatnya aplikatif, jadi banyak praktikum. Bisa seminggu itu 7 hari juga meskipun kuliahnya senin sampai jumat. Jadi praktikum dan laporannya banyak. Praktikumnya juga ada yang di lab ada juga yang di kandang. 

Bagaimana prospek kerja dari alumni jurusan ini?

Prospek kerja tergantung sama individu masing-masing. Kalau minat di teori itu bisa lanjut S2 S3 terus jadi dosen. Di sisi lain alumni itu lebih banyak yang jadi wirausaha. Jadi bener-bener tergantung kitanya. Ada juga yang jualan daging wagyu yang diternakan di Jepang itu kan harganya lumayan. 

Rencana dan harapan setelah lulus?

Rencanaku pengennya langsung aplikasi ke dunia kerja setelah lulus. Pengen praktik di dunia pekerjaan gitu. 

Kode konten: C600

Jawaban dari penulis akan masuk email kamu.

Your email address will not be published. Required fields are marked *