Ilmu Kelautan, IPB University

Ilmu dan Teknologi Kelautan IPB (Lisa)

Ilmu dan Teknologi Kelautan IPB (Lisa)

Halo sobat intipers! Aku Lisa Paramitha Sari dari Ilmu dan Teknologi Kelautan IPB angkatan 2018. Kali ini aku ingin sharing pengalaman kuliah ku dan memperkenalkan jurusan/prodi yang aku ambil. Lanjut bacanya ya intipers. Bagi teman-teman yang mau bertanya atau diskusi, bisa komen di bawah artikel ini. Kalau sempat akan dibalas ya, jawabannya akan masuk ke email kalian kok. Pastikan kalian baca sampe beres dulu artikel ini sebelum bertanya.

Secara umum, jurusan Ilmu dan Teknologi Kelautan IPB seperti apa?

Di jurusan ini kita akan belajar tentang proses, karakteristik, fenomena di laut baik fisika, kimia maupun biologi laut dengan menggunakan penginderaan jauh dan akustik kelautan untuk mengeksplor sumber daya kelautan itu sendiri. Jadi teknologinya juga digunakan dan ini bisa dibilang jadi ciri khas jurusan ini.

Apa yang jadi alasan masuk jurusan Ilmu dan Teknologi Kelautan IPB?

Awalnya aku ikut olimpiade kebumian di SMA, jadi banyak mempelajari tentang struktur bumi dan isinya. Jadi waktu mau nyaris jurusan tentang kebumian itu ada oseanografi sama ilmu kelautan. Ada tuh oseanografi di Undip, cuma karena ada beberapa pertimbangan dan alasan jadi memutuskan untuk Ilmu Kelautan yang bagus kan di IPB jadi masuk ke jurusan ini.

promo-web

Nah, kalau temen-temen ada yang bingung bedanya oseanografi dan ilmu kelautan, sebenernya di ilmu dan teknologi kelautan juga mempelajari oseanografi, cuma bedanya kalau di jurusan ini kita membahas dari segala aspek, muali dari biota laut dan teknologinya juga. Kalau di oseanografi itu lebih belajar sifat fisik dan kimia laut itu seperti apa.

Apa mata kuliah dan tugas yang khas dari jurusan ini?

Mata kuliahnya banyak banget, ada pemrosesan citra, biologi laut, dsb. Semua mata kuliah berkesan, ada satu mata kuliah selam ilmiah, kita tuh berenang dari pagi sampai sore itu bareng seangkatan. Itu seru banget sih! Kebersamaannya dapet banget.

Praktikumnya itu di semester 4 dan  5 karena online jadi gak bisa langsung. Kita lebih ke software untuk menginterpretasi kejadian di laut. Softwarenya sendiri itu banyak yang harus dikuasai. Kalau di semester 3 itu kita ke Pelabuhan Ratu itu ada stasiun kelautan IPB, di sana kita ngukur pasang surut, gelombang, arus. Selain itu ada praktikum yang kita ke tempat pelelangan ikan.

kegiatan fieldtrip oseanografi umum di pelabuhan ratu. Sedang mengukur tinggi gelombang

Adakah konsentrasi atau kelompok keahlian di Ilmu dan Teknologi Kelautan IPB?

Konsentrasi ada 2, ilmu dan teknologi. Bisa dipilih di semester 6.

Kalau di ilmu ada hidrobiologi dan oseanografi. hidrobiologi itu kita belajar karakter biologi, proses daur hidup, adaptasi lingkungan laut terhadap biota. Oseanografi itu sifat fisik air laut, asa surutnya, arusnya yang dipelajari. Kalau teknologi juga dibagi 2, ada penginderaan jauh dan akustik instrumentasi kelautan. Penginderaan jauh ini kita memanfaatkan data kita untuk mengetahui lingkungan perairan tersebut. Akustik instrumentasi kelautan  kita belajar sistem deteksi bawah air dan komunikasinya. Kita belajar komunikasi di bawah air. Kalau instrumentasi kita belajar rancang bangun alat instrumen, buat yang suka programming bisa masuk jurusan ini.

Apa saja jalur masuk untuk jurusan ini?

Ada jalur SNMPTN, UTBK dan jalur mandiri. Ada juga jalur ketua Osis, prestasi nasional dan internasional, ada juga jalur Hafidz. Informasi lebih lengkap bisa diakses di admisi.ipb.ac.id. Di sana udah lengkap banget informasinya.

Kuota penerimaan seangkatan itu berkisa antara 80-100 orang dari seluruh jalur masuk.

Ada tips buat mahasiswa baru jurusan ini?

Pertama, mental dan fisik dikuatin karena muali semester 3 itu ada mata kuliah selam ilmiah, jadi berenang setiap minggu. Kalau untuk tugas gak terlalu sulit, selain kara kita bisa bertukar pikirna ke teman kita juga bisa nanya ke asisten praktikum.

Bagaimana prospek kerja dari alumni Ilmu dan Teknologi Kelautan IPB?

Prospek kerja itu bisa kerja sebagai peneliti di KKP, LAPAN. Jadi konsultan lingkungan, dosen, wirausaha. Banyaknya di pemerintahan yang memang konsentrasinya ke kelautan.

Harapan dan rencana setelah lulus?

Rencananya pengen S2 di Jepang atau Belanda, kalau harapannya itu pengen buat lapangan pekerjaan berbasis kelautan. Kan kita udah dapet ilmu, nah setelah lulus pengen bisa membuk lapangan kerja.

Q&A

  1. Field tripnya seru ya katanya? Apa yang bikin bangga kuliah di sini?

Sebenernya karena baru ngerasain fieldtrip di semester 3 itu udah cukup seru banget, harusnya banyak field trip di semester 4 dan 5 tapi karena corona ya. Yang bikin bangga itu karena ilmu yang dipelajari itu gak umum banget di Indonesia apalagi untuk perempuan. Kalau untuk di angkatan itu sangat merangkul banget dan bener-bener ngajarin kita untuk bisa survive dimanapun kita berada.

Kode konten: C175

Komen dibawah! 23

  1. Rafli febrian

    Assalamualaikum, kak aku siswa kelas 12. Mau bertanya dulu waktu masuk jurusan ini pake jalur apa ya kak dan berapa nilai rata-rata untuk masuk jurusan tersebut. Sekian dan terimakasih wassalamualaikum wr wb

    • lisaoaramithasari

      Waalaikumsalam. Halo raflii👋
      Dulu kakak masuk lewat jalur SNMPTN/undangan yaa dan untuk nilai rata-ratanya sekitar 91

  2. Aesha

    Permisi kak, kira kira untuk masuk jurusan ini yang lebih diperhatikan nilai pada mapel SMA apa ya? Terimakasih

    • lisaparamithasari

      Halo Aesha👋
      Izin menjawab yaa, untuk jurusan ini mapel di SMA yang lebih diperhatikan adalah matematika, fisika, kimia dan biologi, namun mapel SMA yang lain juga menjadi pendukung untuk jurusan ini. Semangat yaa buat kamu:)

  3. alika

    Hallo kak, di ITK ini rata2 terendah SNMPTN nya berapa yaa?

    • lisaparamithasari

      Halo alika👋
      Rata-rata terendah SNMPTN setiap tahunnya berbeda yaa tergantung dengan nilai dan seberapa banyak teman-teman kamu satu angkatan yang mendaftar seluruh indonesia. Jadi tidak bisa diprediksi untuk nilainya.

  4. Sela

    ka, di jurusan itu ada yang gabisa berenang ga? aku tertarik tapi aku gabisa renang:(

    • lisaparamithasari

      Halo Sela👋
      Terimakasih atas pertanyaannya dan izin menjawab yaa. Setiap jurusan kelautan pasti ada aja yang gabisa renang kok tp jangan khawatir karena akan ada mata kuliah selam ilmiah yang bakal ngajarin kita berenang sampai bisa. Jadi jangan takut ya buat coba masuk di kelautan apalagi kamu udah punya ketertarikan di bidang ini. Semangat terus buat kamu:)

  5. april

    hai kak mau nanya, apa mata kuliahnya banyak yg itung itungan? dan menurut kakak matkul apa yg paling sulit? makasih kak

    • lisaparamithasari

      Hai April👋
      Terimakasih atas pertanyaannya dan izin menjawab yaa. Untuk mata kuliah jurusan ini sendiri tidak terlalu banyak itung-itungannya karena terdapat pada mata kuliah tertentu saja. Mata kuliah yang paling sulit itu ada di instrumentasi kelautan karena itu berkaitan dengan pemrograman dan menggunakan software yang dibutuhkan dalam mata kuliah tersebut. Terimakasih kembali April:)

  6. Vivin

    Assalamualaikum, ka aku mau tanya kalo buat sbm taun 2021 buat jurusan ini yg paling dilihat nilai apa aja ya buat pertimbangan diterima?

    • lisaparamithasari

      Waalaikumsalam vivin. Terimakasih atas pertanyaannya ya dan izin menjawab. Untuk nilai sbmptn sendiri,kita tidak bisa berpatokan sama satu nilai mata pelajaran saja tapi secara keseluruhan. Maka dari itu, lebih baik diseimbangkan di semuanya saja, tetapi jika tidak bisa tingkatkan di saintek nya. Penilaian sbm setiap tahun nya berbeda dan untuk nilai rata-rata buat jurusan ini juga setiap tahunnya berbeda tp ga menutup kemungkinan kalo nilai-nilai itu bisa kamu jadikan patokan/acuan kamu yaa. Maaf ya kalo jawabannya kurang, kamu bisa tanyain lagi kalo masih kurang paham. Semangat ya kamu:)

  7. Levi

    kak aku mau bertanya, aku mau masuk jurusan ini tapi aku masih bingung soalnya aku gabegitu ngerti kimia dan fisika jadi menurut kaka aku masuk jurusan ini atau ganti aja ? terima kasih kak

    • lisaparamithasari

      Halo Levi. Terimakasih atas pertanyaannya dan izin menjawab yaa. Jika kamu bener-bener tertarik dengan jurusan ini kenapa ga dicoba aja? Lagi pula di jurusan ini ga melulu belajar kimia dan fisika, tp banyak banget ilmu yg akan kamu pelajari, nantinya kamu juga bisa milih minat/divisi kamu dimana sesuai dengan pelajaran yg kamu sukai. Misal kamu suka biologi nanti bakal ada minat/ divisi yg khusus banget buat biologi. Di setiap jurusan pasti akan ada belajar tentang kimia/fisika nya kok terutama untuk saintek, tapi nanti kamu bakal bisa pilih lagi kok mau masuk di minat/divisi apa. Jadi ga usah khawatir yaa. Tetap semangat. Ikuti kata hati kamu. Jangan pernah takut sama apa yang belum pernah kamu coba:)

  8. adudu

    Assalamualaikum kak izin bertanya.. Untuk orang yang berkacamata, apakah diharuskan berenang atau tidak ya kak? Terimakasih 😊

    • lisaparamithasari

      Waalaikumsalam. Halo adudu. Terimakasih atas pertanyaannya dan izin menjawab yaa. Jadi di jurusan kelautan semua mahasiswa nya diharuskan berenang ya sekalipun yang memakai kacamata. Kaka sendiri juga pakai kacamata kok dan emang harus bisa berenang.

  9. Radhinka Mahsa Aziza

    halo kaa, kalo yang dari smk khususnya anak teknik bisa masuk sini?

  10. Queeny

    Halo ka mau nanya nih, kan ada alumni di sekolah aku lolos di jurusan ini. Nah misalkan aku masuk ke jurusan ini juga peluang masuk aku besar atau sama aja ya ka? maaf sebelumnya kalo out of topic. Soalnya katanya alumni itu ngaruh sama diterima/gaditerima nya

    • lisaparamithasari

      Halo queeny. Terimakasih atas pertanyaannya dan izin menjawab yaa. Iyaa, kalo untuk snmptn memang peluang masuknya akan lebih besar jika ada alumni di jurusan yang kamu inginkan tapi kalo sbmptn tergantung dari nilai utbk kamu ya. Kalo snmptn, adanya alumni atau tidak, tidak jadi parameter utama yang dinilai melainkan banyak parameternya dan kita tidak tau penilaiannya seperti apa dan nilai atau perilaku alumni kamu juga biasanya dilihat oleh kampus apakah baik atau tidak untuk bisa menerima kembali murid dari sekolah kamu. Kaka ingin kasih tau aja, kalo kaka dulu sama sekali tidak punya alumni di jurusan ini, tapi kaka daftar aja dan alhamdulillah keterima. Jadi jangan takut untuk mencoba yaa. Semangat:)

  11. Elin

    Halo kak! Boleh sebutin ga kak plus minus masuk di jurusan ini? Jujur aku masih bingung bngt mau masuk jurusan ini atau tidak… Selain itu, akupun merasa kurang di bidang fisika dan matematika, apakah aku terlalu bundir kalau coba jurusan ini?

Jawaban dari penulis akan masuk email kamu.

Your email address will not be published. Required fields are marked *