Ekonomi Syariah, Universitas Pendidikan Indonesia

Ilmu Ekonomi dan Keuangan Islam UPI (Isnaeni)

Ilmu Ekonomi dan Keuangan Islam UPI (Isnaeni)

Halo intipers! Perkenalkan aku Isnaeni Gelda dari jurusan Ilmu Ekonomi dan Keuangan Islam UPI / IEKI UPI. Jurusan ini mempunyai ciri khasnya yaitu mahasiswanya harus menghafal 70 ayat Al-quran dan 30 hadist. Yuk, simak informasi lainnya yang akan aku sampaikan tentang jurusan ini. Jurusan ini mempelajari di jurusan teori ekonomi dari dasat sampai penjurusan, keuangannya, bagaimana perspektif islam dalam pandangan pada ekonomi. Bagi teman-teman yang mau bertanya atau diskusi bisa komen di bawah artikel ini. Kalau sempat aku balas ya, jawabannya akan masuk ke email kalian kok, pastikan kalian baca sampe beres dulu artikel ini sebelum bertanya.

[Versi Video dari artikel ini, klik play]

ekonomi dan keuangan islam upi

Adakah mitos atau stereotip di Jurusan Ilmu Ekonomi dan Keuangan Islam UPI?

Secara umum, anak ekonomi katanya kerjanya di bank saja, tetapi, ternyata tidak juga, kita bisa juga masuk ke instansi pemerinah, BI, OJK, kementrian keuangan, atau pembisnis yang syariah.

Tugas kuliahnya di Ilmu Ekonomi dan Keuangan Islam UPI kaya gimana?

Pasti ada makalah, penelitian kecil ke lapangan, studi kasus, hafalan dan itu masuk ke komprehensif di akhir, juga hadist tentang keuangan islam. Tingkat kesukaran tugas tergantung mahasiswa tersebut apakah mereka mengerjakannya dengan sisitem kebut semalam. atau dicicil.

Apa mata kuliah dan dosen favorit aku?

Sesuatu yang ada di lingkungan, misalnya fikih qasas, fikih muamalah, hal-hal yang berbau mikro, antar personal, seperti riba, atau terkait hukum arisan. Dosen pengampunya Pak Firman karena aku sangat apresiasi pada beliau saat menyampaikan materi perkuliahan, lalu ketika kita aktif di kelas, mengerjakan tugas dengan baik, beliau juga bisa diajak untuk diskusi, dan sharing bersama.

Ada konsentrasi atau peminatan apa aja di jurusan ini?

Ada tiga konsentrasi di jurusan ini, yaitu ekonomi islam, keuangan islam dan bisnis islam.

Apa tantangan terbesar kuliah di jurusan ini menurutku?

Di akhir perkuliahan akan ada tuntutan ketika sidang harus ada TOEFL minimal 450, kemudian ada hafalan ayat al quran dan hadis yang sudah ada sumber bukunya.

Prospek kerja / alumni kerja dimana aja?

Prospek kerja di jurusan ini bisa di bank syariah, BI, OJK, konsultan, pembisnis, lanjut S2 di luar dan di dalam negeri.

Harapan aku setelah lulus

Jadi pengusaha karena aku sudah memiliiki beberapa bisnis, menjadi reseler juga, punya mimpi S2 dengan biaya sendiri atau ikut beasiswa seperti LPDP, organisasi di luar kampus, serta kerja di bimbingan belajar.

Tips untuk masuk ke jurusan ini

Untuk pertama kali, luruskan niatnya, karena itu akan menjadi fondasi kuat. Lalu, Intipers bisa mengarahkan diri kalian untuk mempelajari sesuatu yang kamu sukai. Nah, Intipers juga bisa mengiuti akun-akun yang bisa meningkatkan diri kita, seperti intipkuliah. Selain itu, kenali diri dengan mengikuti tes-tes kepribadian.

Lalu, aktif di dalam kelas, jadilah sebenar-benarnya mahasisawa dengan mendengarkan dosen. Ketika di luar kelas, kalian bisa ikut organisasi, lomba-lomba, karena itu bisa mengembangkan diri dan bekal setelah nanti lulus kuliah. Jangan lupa untuk ibadah, karena selain menyeimbangkan dengan manusia, kita juga harus menyeimbangkan dengan Tuhan.

Juga tentang pergaulan, kita tidak boleh memilih teman, namun kita harus memilah teman, bagaimana kita mngambil manfaat, kebaikan dan belajar dari teman, terakhir, jadilah mahasiswa ideal, yang dapat menyeimbang pendidikan akademik, non akademik dan ibadah.

Kode Konten: Y149

Komen dibawah! 4

  1. Andi Hartati

    Berapa biaya kuliah di prodi ini?
    Utk angkatan mbak isnaenigilda

  2. Dewi Anisa

    Ka, kalau linjur lewat snmptn ke jurusan ini bisa ga ya kira”?

  3. septi rahayu

    kak ini aku anak dari ponpes darul inayah
    kalau gaji dari bank syariah. ojk/ konsultan, itu kira2 berapa yaa kak????

  4. Devina Pebriani

    Kak maaf mau bertanya kalau linjur lewat sbmptn kesini kira-kira berapa persen potensi diterimanya? Terimakasih sebelumnya, Kak.

Jawaban dari penulis akan masuk email kamu.

Your email address will not be published. Required fields are marked *