Ekonomi, Universitas Diponegoro

Ilmu Ekonomi dan Studi Pembangunan Undip (Aan)

Ilmu Ekonomi dan Studi Pembangunan Undip (Aan)

Halo intipers. Perkenalkan nama saya Muhammad Anisulfuad, biasa dipanggil Aan. Saya seorang mahasiswa jurusan Ilmu Ekonomi dan Studi Pembangunan UNDIP / Universitas Diponegoro angkatan 2018. Disini saya ingin berbagi pengalaman kuliah saya yang saat ini memasuki semester 5, penasaran? Yuk langsung baca artikel dibawah ini.

Apa Itu Ilmu Ekonomi dan Studi Pembangunan UNDIP?

Beberapa kampus menyebut jurusan Ilmu Ekonomi dan Studi Pembangunan dengan nama yang berbeda, seperti Ilmu Ekonomi, Ekonomi, ataupun Ekonomi Pembangunan. Namun, pada dasarnya jurusan tersebut sama. Secara dasar, ilmu ekonomi adalah ilmu yang mempelajari segala perilaku dan cara manusia memenuhi segala kebutuhan dengan sumber daya yang terbatas. Pada jurusan ini, kita akan belajar banyak hal mengenai perekonomian. Banyak orang yang mengatakan jurusan ini adalah jurusan paling susah dari jurusan lain di Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB). Emang bener ya? Ternyata tidak juga kok. Itu semua Cuma asumsi saja. Justru, jika dibandingan jurusan lain di FEB seperti manajemen dan akuntansi, jurusan ini merupakan jurusan yang paling dalam membahas dan menganalisis perekonomian. Jadi, buat kalian yang memiliki ketertarikan dan ingin tau lebih dalam mengenai kondisi ekonomi kita, bagaimana cara menganalisis, memprediksi, bahkan ingin mengkritik kebijakan perekonomian, kalian wajib banget buat masukin jurusan ini ke list kalian.

Bagi kalian yang ingin mendapatkan info jurusan dan masuk perguruan tinggi follow Instagram @intipkuliah. Akan ada live lebih dari 60 jurusan per bulan. Klik Disini

Mata Kuliah Ilmu Ekonomi dan Studi Pembangunan UNDIP Seperti Apa?

Sebenarnya, kita akan belajar banyak hal dari banyak aspek dan sudut pandang, baik itu sebagai masyarakat, perusahaan, maupun pemerintah. Lalu kita juga akan mempelajari perekonomian di berbagai bidang, seperti pertanian, bisnis, dll. Ada dua mata kuliah yang menjadi dasar untuk jurusan ini, yaitu ekonomi mikro dan ekonomi makro. Gambaran sederhananya, ekonomi mikro mempelajari perekonomian dalam ruang lingkup kecil. Contohnya adalah  bagaimana suatu perusahaan menghadapi persaingan global. Sedangkan ekonomi makro mempelajari perekonomian secara menyeluruh dengan ruang lingkup yang luas. Contohnya yaitu bagaimana suatu negara menganalisis dan mengeluarkan kebijakan yang tepat untuk membangkitkan perekonomian.

Pada jurusan ini, kita juga tetap belajar matematika lho. Emang hubungannya apa? Karena ekonomi dan angka adalah dua hal yang tak bisa dipisahkan. Kalian pasti pernah mendengar bahwa anggaran pemerintah untuk rakyat sebesar sekian milyar rupiah. Atau ada juga berita pemerintah memberikan subsidi BBM. Nah, dalam perencanaan kebijakan seperti itu matematika akan digunakan dalam ekonomi. Tapi tenang saja, matematikanya juga tetap dalam batas wajar kok hehe

Selain itu, pada jurusan ini tidak mengenal praktikum. Tapi terkadang kita diharuskan terjun ke masyarakat untuk melakukan survey maupun mengumpulkan data sebagai penunjang tugas dari dosen. Pada saat survey inilah kita bisa berinteraksi langsung ke masyarakat. Bahkan, terkadang kita juga harus menginap di suatu wilayah beberapa hari untuk mendapat data yang diperlukan. Pokoknya seru banget, apalagi kalau menginap di pedesaan, pasti makin seru.

Konsentrasi di Ilmu Ekonomi dan Studi Pembangunan Undip

Tiap jurusan pasti memiliki mata kuliah konsentrasi. Pada jurusan ini, terdapat empat konsentrasi. Yaitu Ekonomi Publik, Ekonomi Moneter, Ekonomi Regional, serta Ekonomi Industri dan Jasa. Ekonomi publik mempelajari hal-hal yang berhubungan langsung serta dampak yang dirasakan oleh masyarakat. Contohnya adalah pajak. Ekonomi Moneter mempelajari kebijakan dan cara negara mengatur keuangan. Contohnya kebijakan yang dikeluarkan oleh Bank Indonesia. Ekonomi Regional mempelajari cara untuk mengembangkan suatu wilayah dengan melihat potensinya. Ekonomi Industri dan Jasa mempelajari strategi, analisis, serta kebijakan bagi suatu industri/perusahaan.

Kita bisa memilih salah satu konsentrasi tersebut pada semester 5. Hal itu bertujuan supaya tiap mahasiswa bisa mempelajari lebih dalam matkul yang tiap orang minati. Hal penting yang perlu diingat adalah, konsentrasi yang kita ambil mempengaruhi kita akan magang di instansi apa dan pekerjaan apa yang cocok untuk kita ketika lulus.

Tips Untuk Maba Jurusan IESP

IESP merupakan jurusan yang mengandalkan teori, data, dan juga analisis ekonomi. Pada awal kuliah, kita akan sepenuhnya diberi materi oleh dosen. Tapi, semakin kita naik semester, kita juga akan semakin dituntut untuk mandiri dalam mencari materi serta menganalisisnya. Untuk itu, jangan lupa biasakan membaca jurnal dan buku yang direkomendasikan dosen dan perbanyak diskusi baik dikelas maupun diluar kelas, baik sesama mahasiswa maupun dengan dosen. Karena jika dari awal semester kita sudah merasa malas untuk belajar, maka beberapa semester kedepan kita akan menyadari bahwa kita tertinggal jauh dengan teman-teman yang lain.

Lalu, sedikit tips lain untuk mempermudah kalian belajar di jurusan ini adalah dengan membiasakan diri membaca dan mengikuti perkembangan perekonomian lewat berita maupun sumber terpercaya lainnya. Hal itu akan membuat sikap kritis kita meningkat dengan sendirinya. Selain itu, jangan sungkan untuk bertanya ke teman maupun dosen jika ada topik yang kita bingung. Jangan gunakan waktu senggang kalian untuk terus bermain maupun rebahan, buatlah rencana kedepan dan tanamkan itu pada diri kita untuk menjadi pribadi yang produktif.

Asah Softskill Sesuai Passion Kalian

Pasti banyak diantara kita yang pada saat SMA merasa kurang ada kegiatan karena terbatasnya ruang untuk lebih mengembangkan diri. Namun, pada dunia perkuliahan, kita akan menemukan banyak tempat untuk berkembang sesuai minat masing-masing. Ada organisasi seperti BEM, Himpunan, UKM, dll. Dan akan banyak juga kepanitiaan yang dapat kalian ikuti. Selain itu, kalian juga dapat mengikuti berbagai macam perlombaan yang bahkan sampai ke luar negeri.

Itu semua penting untuk mahasiswa untuk bisa mengasah softskill kita. Seberapa penting softskill? Tentu sangat penting. Karena dengan hal tersebut, kita akan lebih bisa melatih komunikasi, jiwa kepemimpinan, jiwa kepedulian, sikap tanggung jawab, manajemen waktu, dan menambah lebih banyak relasi. Itu semua tidak akan kita dapat didalam kelas, dan itulah yang paling menentukan seperti apa pribadi dan kualitas kita ketika lulus nanti. Contohnya, ketika suatu perusahaan mencari pekerja baru, mereka pasti akan melihat keaktifan kita ketika kuliah, kepribadian kita, dan juga hal apa saja yang telah kita perbuat disaat masa kuliah. Makin banyak pengalaman kita, makin besar kesempatan kita untuk diterima diperusahaan tersebut. Karena itulah softskill sangat penting. Jadi, jangan lupa imbangi belajar akademik dengan softskill kalian yaa.

Lihat vlog dari ribuan mahasiswa di seluruh Indonesia di Youtube Intip Kuliah. Klik Disini

Prospek Kerja dan Alumni Jurusan Ilmu Ekonomi dan Studi Pembangunan UNDIP

Prospek kerja lulusan IESP bisa dibilang sangat potensial. Selain itu, di era globalisasi sekarang yang makin banyaknya mesin menggantikan peran pekerja, lulusan IESP tetap memiliki prospek cerah kedepan. Hal itu dikarenakan Indonesia pasti membutuhkan ekonom cerdas dan potensial untuk memastikan perekonomian dapat terus berjalan lancar, yang tentunya dasar pemikiran perekonomian tersebut tidak bisa digantikan oleh kecanggihan teknologi. Biasanya, pekerjaan yang tepat adalah sebagai ekonom, pengambil kebijakan/birokrat, analis perbankan, pengusaha, auditor, dll. Semua itu tergantung pada minat masing-masing.

Harapan dan Rencana Ketika Lulus

Pada 3 tahun pertama setelah lulus, saya ingin mencari banyak pengalaman serta relasi dengan bekerja di instansi pemerintah. Dengan begitu, ilmu yang telah dipelajari selama kuliah dapat di implementasikan secara langsung. Setelah itu, dengan menggunakan uang tabungan hasil bekerja, saya ingin terjun di dunia bisnis, dunia yang memang sudah saya impikan sejak sekarang. Cita-cita lain saya adalah membuat sebuah platform sosial sebagai wadah bagi mahasiswa maupun masyarakat untuk saling berbagi ilmu dan pengalaman.

Kode konten: X439

Komen dibawah! 1

  1. Analia Pritawardhany

    Halo kak Aan!
    Aku Analia prodi ekonomi pembangunan yg kebetulan juga di undip hehe. Artikel nya keren banget! Aku jadi tau gambaran ekonomi pembangunan tuh kaya apa. Tahun ini aku jadi maba, dan masih bingung banget apa2 aja yg harus aku siapin. Aku mau minta rekomendasi buku dari kak Aan nih yg sekiranya bakal berguna banget buat jurusan aku kedepannya biar gak nol banget hehe. Terimakasih kak, sukses selalu!

Jawaban dari penulis akan masuk email kamu.

Your email address will not be published. Required fields are marked *