Ekonomi, Universitas Diponegoro

Ilmu Ekonomi Studi Pembangunan UNDIP (Vebrina)

Ilmu Ekonomi Studi Pembangunan UNDIP (Vebrina)

Hallo intipers. Perkenalkan saya Vebrina Hania Cholily, mahasiswa jurusan Ilmu Ekonomi dan Studi Pembangunan UNDIP angkatan 2018. Disini saya ingin membagikan pengalaman kuliah yang telah saya lalui setelah 4 semester dijurusan Ilmu Ekonomi dan Studi Pembangunan. Yuk, simak pengalaman saya. Bagi teman-teman yang mau bertanya atau diskusi, bisa komen di bawah artikel ini. Kalau sempat akan dibalas ya, jawabannya akan masuk ke email kalian kok. Pastikan kalian baca sampe beres dulu artikel ini sebelum bertanya. Kalian juga bisa nonton versi videonya melalui link berikut. Klik Disini

Apa yang dipelajari di Ilmu Ekonomi dan Studi Pembangunan UNDIP?

IESP adalah singkatan dari Ilmu Ekonomi dan Studi Pembangunan. Jurusan ini lebih terfokus pada penelitian. Dimana kita diajarkan untuk lebih berfikir kritis menanggapi suatu isu ekonomi dan mencari solusi atas permasalahan ekonomi yang belum terpecahkan. Jurusan IESP memiliki konsentrasi ilmu yang berbeda dengan jurusan manajemen atau akutansi, karena IESP adalah ilmu murni sedangkan manajemen dan akutansi adalah ilmu terapan. IESP membahas perekonomian secara agregat, jadi cakupannya pun sangat luas. Baik dari segi mikro maupun dari segi makro ekonomi.

unisa

IESP mengajarkan kepada kita untuk mempelajari dan menganalisa permasalahan ekonomi yang ada di masyarakat. Jadi, dijurusan ini kita akan belajar mengenai pengangguran, ekonomi internasional, distribusi pendapatan, pendapatan nasional, jumlah penduduk, ekonomi regional, ekonomi moneter, otonomi daerah dan desentralisasi fiskal, ekonomi publik, dan lain-lain. Di jurusan ini, kita juga mempelajari akutansi dasar pada semester 1 dan 2. Selain itu, kita juga mempelajari dasar manajemen pada semester 1. Jadi, dijurusan ini kita juga mendapatkan basic dari akutansi dan manajemen. Banyak orang yang mengatakan bahwa jurusan IESP itu sangat sulit, tapi berdasarkan pengalaman saya pribadi bahwa jurusan ini tidak sesulit yang dibayangkan. Asalkan kita mau berusaha dan belajar dengan sungguh-sungguh, karena bagi saya tidak ada yang sulit didunia ini asalkan kita mau belajar dengan giat dan sungguh-sungguh. Buktinya saya bisa meraih IP 4.00 pada semester 3. Ini membuktikan bahwa IESP tidak lah sesulit yang dibayangkan.

Bagi kalian yang ingin mendapatkan info jurusan dan masuk perguruan tinggi follow Instagram @intipkuliah. Akan ada live lebih dari 60 jurusan per bulan. Klik Disini

Mata Kuliah Ilmu Ekonomi Studi Pembangunan UNDIP dan Dosen favorit?

Matkul yang dipelajari banyak sekali, seperti ekonomi publik, ekonomi internasional, ekonomi pembangunan, ekonomi sumber daya manusia, ekonometrika, ekonomi industri, ekonomi kelembagaan, ekonomi pertanian, ekonomi mikro, ekonomi makro, ekonomi koperasi, statistika ekonomi, matematika ekonomi, dan masih banyak lagi. Mata kuliah favorit saya ada dua. Yang pertama, mata kuliah ekonomi publik dan mata kuliah ekonomi pembangunan. Hal menarik yang dipelajari dimata kuliah ekonomi publik ini adalah karena saya dilatih untuk berfikir kritis menanggapi suatu permasalahan ekonomi dan mencari jalan keluar terbaik atas berbagai problematika ekonomi. Khususnya dalam hal kebijakan subsidi, ketahanan pangan, regulasi, pajak, dan lain sebagainya.

Hal menarik yang dipelajari dimata kuliah ekonomi pembangunan adalah saya belajar untuk berfikir kritis menganalisa ara terbaik yang cdapat dilakukan untuk mengatasi masalah  perekonomian, Seperti pengangguran, kesenjangan pendapatan antara yang kaya dan yang miskin, tingkat pertumbuhan ekonomi, tingkat pembangunan ekonomi, dan lain sebagainya. Nah, jika bicara soal dosen favorit biasanya dikatakan dosen favorit itu apabila cara mengajarnya mudah dipahami, santai tapi serius ,ramah, tidak terlalu pelit akan nilai, metode belajarnya enak dan tidak terlalu membebani mahasiswa. Dosen favorit saya selama saya kuliah di jurusan ini adalah Bu Maal, Prof Purbayu, Pak Nugroho dan Bu Fitri. Menurut saya, cara penyampaian dari setiap materi yang diberikan oleh beliau cukup sederhana jadi lebih mudah dipahami.

pmb2-min

Mata Kuliah Konsentrasi di Ilmu Ekonomi Studi Pembangunan UNDIP?

Ada beberapa pilihan mata kuliah wajib bidang minat atau bisa disebut mata kuliah konsentrasi pada semester 5 yang bisa diambil diantaranya adalah otonomi daerah dan desentralisasi fiskal, kebanksentralan, ekonomi pariwisata dan ekonomi industri II. Untuk otonomi daerah dan desentralisasi fiskal masuk dalam kategori ekonomi publik, untuk kebanksentralan masuk dalam kategori ekonomi moneter, untuk ekonomi pariwisata masuk dalam kategori ekonomi regional dan untuk ekonomi industri II masuk dalam kategori ekonomi industri dan jasa.

Sedangkan untuk pilihan mata kuliah wajib bidang minat atau bisa disebut mata kuliah konsentrasi pada semester 7 diantaranya adalah seminar ekonomi publik dan otda & desentralisasi fiskal yang masuk dalam ruang lingkup ekonomi publik, kebanksentralan dan seminar ekonomi moneter yang masuk dalam ruang lingkup ekonomi moneter, seminar ekonomi industri dan ekonomi industri II yang masuk dalam ruang lingkup ekonomi industri. Serta seminar ekonomi regional dan ekonomi pariwisata yang masuk dalam ruang lingkup ekonomi regional. Untuk Mata kuliah konsentrasi favorit yang paling banyak diminati oleh para mahasiswa IESP biasanya adalah ekonomi publik dan ekonomi regional. Hal ini dikarenakan dua mata kuliah konsentrasi tersebut terbilang lebih mudah daripada mata kuliah konsentrasi yang lainnya.

Tips-Tips untuk Maba di Jurusan IESP UNDIP 

Mata kuliah di jurusan IESP ini banyak berkaitan dengan isu-isu ekonomi. Maka, jadikan ilmu yang kita dapatkan sebagai senjata untuk mengatasi problematika yang ada. Banyak dosen yang memberikan saran ketika saya mahasiswa baru. Ilmu akan lebih kita mengerti dan pahami jika dikaitkan dengan pengalaman yang kita miliki. Ini tentu akan bermanfaat untuk mengatasi permasalahan yang ada, entah itu permasalahan kita sendiri, permasalahan orang lain atau permasalahan yang ada di sekitar kita.

Lihat vlog dari ribuan mahasiswa di seluruh Indonesia di Youtube Intip Kuliah. Klik Disini

Tips lainnya adalah kita harus banyak berlatih kepekaan sosial. Ketika kita peka dengan situasi dan kondisi yang ada disekitar kita tentu kita dilatih untuk lebih berfikir kritis menanggapi permasalahan yang ada. Kita dapat melihat peluang atau tantangan yang ada serta mencari solusi terbaik yang bisa kita lakukan untuk mengatasi masalah tersebut. Untuk mahasiswa baru, sangat dianjurkan untuk mengikuti berbagai macam organisasi dan magang yang sesuai dengan minat dan passion kita. Agar kita memiliki nilai tambah yang lebih unggul dari yang lain.

Saat mengikuti kepanitiaan

Prospek Kerja dan Alumni biasanya kerja dimana ?

Sepengetahuan saya, sebagian besar alumni lulusan IESP kebanyakan menjadi ekonom, ilmuwan, bekerja di Bank Indonesia, bekerja di OJK,dll. Bahkan kita tahu bahwa Ibu Menteri Keuangan kita yaitu Ibu Sri Mulyani adalah lulusan dari jurusan Ekonomi Pembangunan. Hal ini membuktikan bahwa lulusan IESP memiliki prospek kerja yang menjanjikan dan bergaji tinggi. berikut beberapa prospek kerja lulusan IESP yang bergaji tinggi diantaranya adalah Research and development, analis bisnis, pegawai instansi pemerintahan, dosen/ tenaga pengajar, dan LSM (Lembaga Swadaya Masyarakat).  Dimana nanti setelah lulus dari IESP ini kita akan mendapatkan gelar S.E (Sarjana Ekonomi).

Harapan dan rencana setelah lulus ?

Harapan saya setelah lulus dari S1 IESP ini, saya akan mengikuti program PMDSU akselerasi S2 dan S3 selama 4 tahun di UNDIP. Selain itu, saya juga akan mendaftar beasiswa LPDP S2 diluar negeri. Saya akan memperkaya pengetahuan saya dengan aktif melakukan berbagai macam penelitian, pertukaran mahasiswa keluar negeri dan lain sebagainya. Saya juga akan berusaha untuk terus mengembangkan bisnis online saya. Setelah saya lulus S2, Rencananya saya akan melamar menjadi dosen di UNDIP maupun di universitas negeri lainnya.

Kode konten: X407

Komen dibawah! 3

  1. Esa

    Assalamu’alaikum wr.wb
    Selamat pagi kak
    Sebelumnya perkenalkan saya esa. Saya kuliah di universitas Negeri Semarang dan kebetulan pada jurusan yg sama dengan Kaka, yaitu Ekonomi pembangunan.
    Disini saya mau mengajukan pertanyaan, saya sekarang kuliah semester 3 tahun ini dan sbelunya di kuliah semester 1 dan 2 itu sangat banyak kendala pemahaman materi yang sulit saya pahami seperti mikro dan makro apalagi pembahasan ini sebagai inti dari jurusan tersebut. Menurut Kaka bagaimana caranya memahami dasar-dasar memahami secara rinci untuk hal mikro dan makro ekonomi sendiri?
    Terima kasih.

  2. Sekar

    Rekomendasi buku yang cocok untuk memperlajari dijurusan ekonomi pembangunan apa yah ka? Terima kasih

Jawaban dari penulis akan masuk email kamu.

Your email address will not be published. Required fields are marked *