Ekonomi, Universitas Gadjah Mada

Ilmu Ekonomi UGM (Fadia)

Ilmu Ekonomi UGM (Fadia)

Halo sobat intipers! Aku Fadia Normalita dari jurusan Ilmu Ekonomi UGM angkatan 2018. Kali ini aku ingin sharing pengalaman kuliah ku dan memperkenalkan jurusan/prodi yang aku ambil. Bagi teman-teman yang mau bertanya atau diskusi, bisa komen di bawah artikel ini. Kalau sempat akan dibalas ya, jawabannya akan masuk ke email kalian kok. Pastikan kalian baca sampe beres dulu artikel ini sebelum bertanya. Kalian juga bisa nonton versi videonya melalui link berikut. Klik Disini

Secara umum, jurusan Ilmu Ekonomi UGM itu seperti apa?

Ilmu Ekonomi UGM ini masuknya Fakultas Ekonomi Bisnis. Di FEB sendiri ada 3 jurusan, akuntansi, manajemen sama ilmu ekonomi. Di semester 1 semua anak akuntansi sama manajemen dapat ilmu ekonomi. Kaya aku dapat matkul akuntansi sama manajemen. Mulai dari semester 3 itu udah fokus ke spesialisasi jurusan masing-masing.

unisa

Sebelumnya temen-temen mungkin banyak yang mikir kalau jurusan Ekonomi itu salah satu jurusan di Fakultas Ekonomi yang gak banyak hitungannya. Padahal realitanya itu sebaliknya, ilmu ekonomi itu banyak hitungannya karena basicnya itu ilmu matematika dan ekonomi. Jadi ketika matematikanya kurang, menurutku jangan masuk ilmu ekonomi karena nanti akan susah di kemudian harinya. Terus kita juga belajar aspek ekonomi secara lebih detil. Bedanya sama jurusan lain yang ada di fakultas ekonomi, kalau di akuntansi kan mungkin pembukuan dan audit. Kalau manajemen belajar cara memanajemen perusahaan. Kalau di ekonomi itu lebih ke jadi ekonom nantinya.

Apa yang jadi alasan masuk jurusan Ilmu Ekonomi UGM?

Waktu SMA, aku  masuk jurusan itu kelas 10 dan dites dulu. Dulu aku berharap masuk IPA, waktu itu aku masuknya IPS dan udah hopeless duluan nanti kuliah  jurusan apa. Pas kelas 12 aku lihat kating ada yang keterima di Ilmu Ekonomi UGM. Terus aku cari tahu ke kakak itu tentang jurusan itu, yang katanya belajarnya itu matematika banget gak ada hafalannya. Jadi lebih sering ngitung. Terus ini cocok sama aku yang lebih seneng ngitung, aku gak suka hafalan sama sekali.

Apa mata kuliah dan tugas yang khas dari Ilmu Ekonomi UGM?

Kita  di mata kuliah Statistika 2 diajari software untuk olah data jadi pasti banyak yang bisa software data. Terus di mata kuliah Ekonometrika buat olah data juga dan bener-bener dipake buat skripsi karena kita skripsiannya data based banget.

pmb2-min

Kalau untuk tugas-tugas ya gitu, semua orang pasti kalau udah semester 3 ke atas tugasnya banyak banget. Tinggal manage waktunya aja gimana. Tugasnya itu sebenernya lebih banyak ke data. Kita mengolah dan menganalisis data terus menginterpretasi dan menyampaikan data ke orang yang awam sama ekonomi. Jadi skill komunikasi juga dibutuhkan.

Adakah konsentrasi atau kelompok keahlian di jurusan ini?

Ada 4 konsentrasi yang bisa dipilih di semester 7. Kita tuh pilih 1 dari mata kuliah workshop. Ada workshop ekonomi moneter, ekonomi publik, ekonomi internasional dan ekonomi pembangunan. Kalau kamu lebih punya preference ke BI atau OJK atau yang berbau moneter itu bisa pilihnya mata kuliah workshop moneter. Kalau ekonomi publik itu lebih ke kementrian. Ekonomi pembangunan arahnya lebih ke Research, sedangkan kalau ekonomi internasional itu semacam kaya HI tapi dari sisi ekonominya.

Apa saja jalur masuk untuk jurusan ini?

Dulu aku masuknya lewat SBMPTN di pilihan pertama. Secara umum jalur masuk UGM ada SNMPTN, SBMPTN sama UTUL. Kalian bisa cek ke web ugm.ac.id atau feb.ugm.ac.id untuk info-info terbaru soal UGM dan FEB. Ada juga akun instagram @ekonomiugm, ini tuh akun yang bener-bener jelasin ilmu ekonomi secara keseluruhan.

Ada tips buat mahasiswa baru jurusan ini?

Biasanya maba itu kan masih takut-takut buat nanya dosen, jangan takut bertanya sih. Kaya pepatah aja gitu kan malu bertanya sesat di jalan itu bisa Bener-bener kejadian banget.

Kalau kamu pengen ambil FEB UGM, ketika kamu suka sama matematika dan gak takut sama hitungan, kamu bisa banget masuk ilmu ekonomi. Preparenya buat SBMPTN itu dari kelas 12 awal atau di akhir semester 1 kelas 12, mulai ngerjain soal-soal TPA. Terus kalau kamu udah masuk kelas 12 semester 2 udah gak perlu belajar materi sih karena itu bisa ngabisin waktu aja, lebih banyak ke latihan soal aja..

Bagaimana prospek kerja dari alumni jurusan ini?

Prospek kerjanya kita lebih ke sektor pemerintah. Kalau akuntansi dan manajemen kan lebih ke perusahaan. Kita ini tergantung ambil spesialisasi apa, kalau moneter lebih ke BI atau OJK, kalau ambil yang publik bisa ke Kementrian Keuangan atau lembaga pemerintah lainnya. Kalau pembangunan banyak yang ke lembaga riset. Kalau yang ekonomi internasional ada yang di Kementrian Luar Negeri. Ada juga alumni yang ditarik sama instansi buat di bagian evaluasi kartu prakerja. Jadi, emang lebih ke pemerintahan banget kerjanya.

Harapan dan rencana ke depannya?

Aku kan sekarang semester 5, sekarang lebih ke nentuin mau ambil spesialisasi apa. Rencananya aku mau ambil moneter, dari keluarga ku juga kan basicnya kerja di bank. Jadi, aku juga lebih suka untuk kerja di bank, tapi bukan bank umum atau OJK.

Q&A

  1. Kalau jurusan IPA masuk ekonomi bisa ga?

Bisa banget, karena sebenernya lebih banyak anak IPA daripada IPS. Anak IPS kan matematikanya terbatas, sedangkan anak IPA kan ada matematika umum sama peminatan, nah yang dipake di ilmu ekonomi itu matematika peminatan. Jadi bisa banget anak IPA masuk ekonomi.

Kode konten: C214

Jawaban dari penulis akan masuk email kamu.

Your email address will not be published. Required fields are marked *