Ekonomi, Universitas Gadjah Mada

Ilmu Ekonomi UGM (Mareta)

Ilmu Ekonomi UGM (Mareta)

Halo, Sobat Intip Kuliah! Perkenalkan, nama saya Mareta Larasati. Saat ini, saya sedang menempuh Pendidikan Sarjana di Program Studi Ilmu Ekonomi UGM. Saya merupakan mahasiswa semester 5 (lima).

Bagi teman-teman yang mau bertanya atau diskusi, bisa komen di bawah artikel ini. Kalau sempat aku balas ya, jawabannya akan masuk ke email kalian kok. Pastikan kalian baca sampe beres dulu artikel ini sebelum bertanya.

unisa

Pada dasarnya, ilmu ekonomi merupakan ilmu yang mempelajari tentang perilaku manusia dalam memilih sesuatu untuk mencapai kemakmuran. Ilmu ini dilatarbelakangi oleh kebutuhan manusia yang tidak terbatas sedangkan sumber daya yang tersedia jumlahnya terbatas. Kegiatan yang dilakukan oleh manusia antara lain produksi, konsumsi, dan distribusi. Oleh karena itu, ilmu ekonomi berguna untuk menyeimbangkan antara kebutuhan dengan ketersediaan sumber daya sehingga kelangkaan dapat diminimalisir.

MITOS atau FAKTA?

  • Ilmu Ekonomi merupakan bagian dari ilmu sosial sehingga tidak memakai matematika maupun statistika
    Faktanya, ilmu ekonomi merupakan bagian dari ilmu sosial namun dalam kenyataannya banyak memakai rumus matematika dan statistika untuk mempermudah dalam pemodelannya. Oleh karena itu, ilmu ekonomi seringkali disebut sosial-science.
  • Ilmu Ekonomi tidak terkait dengan bidang ilmu lain
    Faktanya, ilmu ekonomi terkait dengan beberapa bidang diantaranya ekonomi lingkungan, ekonomika ketenagakerjaan, ekonomika dan sosiologi, dan masih banyak lagi.
  • Masuk jurusan ilmu ekonomi banyak menghafal

Faktanya, belajar ilmu ekonomi justru lebih banyak memahami dan menginterpretasikan dari dataset yang diberikan.

Bagi kalian yang ingin mendapatkan info jurusan dan masuk perguruan tinggi follow Instagram @intipkuliah. Akan ada live lebih dari 60 jurusan per bulan. Klik Disini

KEHIDUPAN PERKULIAHAN (KURIKULUM, DOSEN HINGGA KONSENTRASI PROGRAM STUDI) di ILMU EKONOMI UGM

Pada  semester satu, semua mahasiswa mendapatkan dasar-dasar ilmu dari akuntansi maupun manajemen. Mata kuliah tersebut antara lain Pengantar Akuntansi 1 dan Bisnis Pengantar. Untuk semester satu dan dua, mata kuliah dasar antara lain Pengantar Ekonomi Mikro dan Makro, Statistika Ekonomi 1 dan 2, dan Matematika Ekonomi 1 dan 2. Nilai untuk Statistika Ekonomi dan Matematika Ekonomi digunakan sebagai prasyarat mata kuliah Ekonometrika di semester empat hingga enam. Kurikulum yang dipakai sejak angkatan saya merupakan kurikulum terbaru tahun 2018. Kebijakan baru yang diterapkan antara lain mata kuliah yang ada disemester ganjil hanya akan ditawarkan pada semester ganjil pula (tidak ada penawaran mata kuliah ganjil disemester genap).

pmb2-min

Mulai semester tiga, mata kuliah yang diambil berfokus mendalami tentang ilmu ekonomi itu sendiri. Mata kuliah wajib yang harus diambil antara lain Ekonomika Mikro, Makro, Publik, dan masih banyak lagi. Tidak hanya itu, kami juga belajar mata kuliah umum seperti Pendidikan Pancasila, Pendidikan Agama, dan Pendidikan Kewarganegaraan yang dosennya merupakan dosen Fakultas Filsafat. Selain itu, mata kuliah wajib diambil dengan dosen dari luar FEB antara lain Hukum Pengantar, Sosiologi Ekonomi, dan untuk mata kuliah pilihan ada Psikologi Dasar. Ilmu Ekonomi di UGM juga menawarkan konsentrasi yang beragam antara lain Ekonomika Pembangunan, Publik, Internasional, Moneter, dan Bisnis. Mata kuliah pilihan yang dapat diambil antara lain Ekonomika Ketenagakerjaan, Ekonomika Pendidikan, Ekonomika Lingkungan, Ekonomika Kesehatan, dan masih banyak lagi.

Jumlah SKS yang harus ditempuh di Ilmu Ekonomi UGM

Oleh karena itu, nama kami berubah dari Ilmu Ekonomi Studi Pembangunan (IESP) menjadi Ilmu Ekonomi karena fokusnya tidak hanya ke pembangunan saja. Mata kuliah pilihan yang ditawarkan juga beragam namun yang paling unik adalah Teori Permainan (Game Theory). Mata kuliah ini mempelajari mengenai strategi antara kedua individu yang saling ketergantungan. Untuk mendapatkan gelar sarjana, mahasiswa wajib menyelesaikan 145 sks dengan rincian 112 SKS wajib dan 33 SKS pilihan. Ada yang berbeda dari kurikulum sebelumnya yaitu mata kuliah Ekonometrika sampai tiga semester, yaitu Ekonometrika 1, Mikroekonometrika, dan Makroekonometrika. Seringkali mata kuliah ini dianggap horror dan sulit namun mata kuliah ini sangat berguna dalam penyusunan skripsi dan pengambilan kebijakan nantinya karena mata kuliah ini mempelajari mengenai menginterpretasikan data lapangan.

Metode Pembelajaran

Model belajarnya pun tidak membosankan. Kami lebih sering menggunakan metode Focus Group Discussion (FGD). Beberapa dosen pun mengadakan kelas eksperimen untuk mengetahui bagaimana teori-teori yang telah kita pelajari bekerja dalam dunia nyata. Fasilitas yang diberikan pun sangat mendukung. Di perpustakaan, mahasiswa dapat mengakses dataset yang berasal dari CEIC, Bloomberg ataupun sumber lainnya. Data yang didapatkan tersebut digunakan untuk pembelajaran pengolahan data dengan software seperti Stata, R-Studio, dan beberapa perangkat lainnya. Setiap minggunya, Laboratorium Ilmu Ekonomi memberikan pelatihan cara mengoperasikan software tersebut. Setiap mata kuliah memiliki grader atau asisten dosen yang siap untuk membantu dalam belajar. Menjelang ujian, kami mengadakan tutor untuk membantu kesulitan dalam belajar. Tidak hanya itu, dosen-dosen pun sangat terbuka ketika kita mengajak konsultasi mengenai masalah akademik maupun non-akademik.

Selain sarana akademik, sarana non-akademik pun sangat mendukung. Organisasi dan event yang diselenggarakan pun menambah insight baru. Event tersebut antara lain Forum Studi dan Diskusi Ekonomi (FSDE) yang diselenggarakan setiap setahun sekali oleh Himpunan Mahasiswa Ilmu Ekonomi (HIMIESPA), kuliah umum yang menghadirkan dosen-dosen yang ahli pada bidangnya baik dari dalam maupun luar negeri selain itu pembicaranya juga berasal dari para alumni yang sukses pada bidangnya masing-masing. Departemen juga sangat mendukung kami dalam acara lomba atau seminar yang berasal dari luar kampus. Untuk menambah pengalaman, kami juga diberikan kesempatan untuk mengikuti pertukaran pelajar atau summer/winter camp selama beberapa waktu sesuai dengan kesepakatan yang sudah ditetapkan. Pada semester akhir, kami diberikan kebebasan untuk memiliki pengalaman magang di kantor seperti Otoritas Jasa Keuangan (OJK), Bank Indonesia atau di staff pemerintahan.

setelah ospek jurusan (ospek dengan happy tanpa adanya kekerasan namun banyak kekeluargaan)

JALUR MASUK MENUJU ILMU EKONOMI UGM

  • SNMPTN

Jalur ini merupakan jalur yang menggunakan nilai raport

  • SBMPTN atau UTBK

Jalur ini menggunakan nilai tes yang diadakan serentak se-Indonesia

  • Ujian Mandiri

Jalur yang menggunakan nilai tes yang diselenggarakan oleh Universitas Gadjah Mada

  • International Undergraduate Program (IUP/Kelas Internasional)

Jalur ini dibuka biasanya pada awal tahun ajaran genap (sebelum SNMPTN) dan menggunakan beberapa rangkaian tes seperti Gadjah Mada Scholastic Test (GMST), English Proficiency Test, Leadership Group Discussion (LGD), dan Wawancara.

Lihat vlog dari ribuan mahasiswa di seluruh Indonesia di Youtube Intip Kuliah. Klik Disini

KARIER DAN HARAPAN

Setelah lulus dari jurusan ini seringkali kita bertanya mau kerja apa dan di mana. Tidak perlu khawatir karena jurusan ini cocok untuk semua sektor dari pemerintah hingga perusahaan swasta. Lulusan sarjana ekonomi dapat menjadi seorang data analyst, ekonom, dosen bahkan menjadi pengusaha. Selain itu, lulusan ilmu ekonomi dapat bekerja di Kementerian Keuangan, Kantor Staff Presiden, Otoritas Jasa Keuangan (OJK), Bank Indonesia bahkan World Bank.

Harapan saya setelah lulus, saya ingin bekerja di Otoritas Jasa Keuangan dan jika ada kesempatan saya akan melanjutkan pendidikan untuk mewujudkan cita-cita saya menjadi dosen.  Selain itu, saya juga ingin mengembangkan kemampuan saya dalam menggunakan software untuk mengolah data karena hasil dari software tersebut sering digunakan sebagai acuan untuk pengambilan keputusan atau kebijakan ekonomi.

Untuk Sobat Intip Kuliah yang ingin mendapatkan informasi lebih jelas seperti pembagian kurikulum, dapat mengunjungi website https://economics.feb.ugm.ac.id atau laman instagram @economics.ugm . Website tersebut seringkali memberikan informasi mengenai webinar atau info yang terkait dengan perkuliahan.

Kode konten: X378

Komen dibawah! 8

  1. Ilham

    Imu ekonomi bisa gak jadi guru ekonomi kak, walaupun enggak pendidikan ekonomi?

  2. Paskahlima

    Kak mareta, kalau anak kuliah peternakan seperti saya jadi teman hidupnya kaka mau gak?

  3. Stefhany

    Jurusan ilmu ekonomi itu sama kayak jurusan bisnis ya kak?

  4. Agnes

    Halo kak, mau tanya dulu kakak masuknya lewat jalur apa, terus belajarnya gimana?

Jawaban dari penulis akan masuk email kamu.

Your email address will not be published. Required fields are marked *