Ekonomi

Ilmu Ekonomi UKSW / Universitas Kristen Satya Wacana (Umbu)

Ilmu Ekonomi UKSW / Universitas Kristen Satya Wacana (Umbu)

Hallo teman-teman, perkenalkan nama saya Umbu, mahasiswa prodi Ilmu ekonomi Universitas Kristen Satya Wacana (UKSW) Salatiga, saya angkatan 2017. Di sini Saya akan berbagi pengalaman kuliah saya selama 8 semester yang telah saya lalui di prodi Ilmu Ekonomi. Penasaran? Silahkan simak baik-baik ya hehe.

Bagi teman-teman yang mau bertanya atau diskusi, bisa komen di bawah artikel ini. Kalau sempat aku balas ya, jawabannya akan masuk ke email kalian kok. Pastikan kalian baca sampe beres dulu artikel ini sebelum bertanya.

Apa Itu Ilmu Ekonomi? Apa Saja Yang di Pelajari?

Nah.. bagi teman teman yang belum mengetahui apa itu ilmu ekonomi saya akanmemberikan gambaran singkatnya. Ilmu ekonomi merupakan salah satu jurusan yang ada fakultas Ekonomika dan Bisnis Universitas Kristen Satya Wacana (UKSW). Jadi, ilmu ekonomi adalah  ilmu yang mempelajari tentang segala tingkah laku manusia yang bertujuan untuk mendapatkan dan mengelola sumber daya yang terbatas. Ilmu ekonomi juga dapat teman-teman dipahami sebagai usaha dalam membuat suatu alternatif barang atau jasa untuk memuaskan kebutuhan hidup manusia yang tak terbatas.

Ilmu ekonomi sangat mempengaruhi lini kehidupan kita. Oleh karena itu, untuk menambah pengetahuan teman-teman saya akan membagikan dasar-dasar  yang di pelajari  dalam ilmu ekonomi. Dengan hal itu, dapat membantu teman-teman  memahami bagaimana peranan ekonomi bekerja dan memungkinkan teman-teman mengambil keputusan yang tepat bagi diri dan orang sekitar atau bahkan bergabung dalam progdi Ilmu Ekonomi.

Jelas dan pasti, tidak semua orang memiliki kesempatan atau keinginan untuk menjadi ahli dalam ilmu ekonomi. Bahkan masih banyak yang menilai ilmu ekonomi adalah hal yang rumit dan sangat menyebalkan.

schooters

Matakuliah Yang Dipelajari di Ilmu Ekonomi

Matakuliah yang di pelajari dalam ilmu ekonomi UKSW sangatlah banyak. Berikut materi-materi inti seperti materi Ekonomi Mikro dan Ekonomi Makro, Opportunity Costs (Biaya Peluang), Supply and Demand (Pasokan dan Permintaan), Comparative Advantage (Keunggulan Komparatif), Mengurangi Marginal Utilty, Pertumbuhan Ekonomi dan PDB, Eksternalitas, Inflasi dan Deflasi, Suku Bunga, Kebijakan Fiskal, Kebijakan Moneter, Siklus Bisnis dan masih banyak lagi.

Tips-tips untuk teman-teman yang ingin bergabung di Prodi Ilmu Ekonomi UKSW

Mata kuliah progdi ilmu ekonomi ini banyak berkaitan dengan kehidupan. Maka, jadikan ilmu yang kita dapatkan sebagai senjata untuk mengatasi   permasalahan yang ada di sekitar kita . Ilmu yang akan lebih kita mengerti jika di kaitkan dengan pengalaman yang kita miliki dan untuk mengatasi permasalah kita sendiri. Tips lainnya adalah teman-teman harus banyak berlatih analisis sebuah masalah masalah ekonomi yang sedang berkembang, bagaimana cara kita mengambil sebuah keputusana atau kebijakan sehingga dapat memberikan solusi yang tepat.

Selain itu, tips selanjutnya adalah ikuti organisasi internal atau eksternal kampus. Ada banyak kegiatan yang ditawarkan di Universitas Kristen Satya Wacana Salatiga.  Diantaranya mengikuti kegiatan Program studi (Progdi), Fakultas, Universitas, magang, dan lain lain. Ikuti kegiatan-kegiatan tersebut dan jangan takut untuk keluar dari zona nyaman dengan menjadi ketua bidang, perlengkapan, ketua acara, dan lain sebagainya. Guna mengasah soft skill serta menambah pengalaman berkesan yang akan kita kenang setelah lulus nanti. Tips yang terakhir, ikuti kegiatan yang menurut kamu sesuai dengan kemampuan yang ingin kamu tingkatkan, jangan ambil terlalu banyak kesempatan jika belum bisa membag waktu dengan baik.

Pekerjaan Alumni

Sepengetahuan saya, alumni Ilmu Ekonomi UKSW memiliki ragam pekerjaan ada yang menjadi dosen, analis ekonomi (Daerah hingga Nasiaonal), wiraswasta, pengusaha, Dan bekerja di pemerintahan. karena pada dasarnya ilmu ekonomi untuk berkaitan dengan kehidupan sehari untuk memenuhi kebutuhan sehingga lulusan dari ilmu ekonomi banyak lowongan pekerjaan. Jadii… jangan ragu raugu untuk ikut belajar belajar dan bergabung dalam progdi Ilmu Ekonomi UKSW heheh

Rencana dan Harapan Setelah Lulus

Untuk rencana saya Setelah lulus sayang belum mempunyai rencana yang matang akan hendak bekerja atau seperti apa. Akan tetapi saya berkeinginan untuk bekerja selama bebarapa tahun. Setelah itu saya akan melanjutkan studi sambil bekerja. Harapanya Ilmu Ekonomi yang di pelajari dan didapatkan bisa saya terapkan sebaik mungkin.  Dan terakhir pesan buat teman-teman jangan pernah minder atas kemampuan diri bahkan sekecil apapun kemampuan yang kita miliki karena suatu saat akan di hargai.

Kode konten: X241

 

Komen dibawah! 4

  1. siska

    Semester 5-6 jurusan IE akan ada beberapa pemilihan konsentrasi studi. Nah di UKSW ini apa ada studi Ekonomi Pembangunan?

  2. Pieters Hans

    di IE ini saya denger dari temen ada english akademik dan English eksekutif ini apa ya dan pelajarannya tuh gimana banyak hafalan atau hitungan atau gimana dan kalo masuk IE tp kerja di bisnis konsultan dan sebagai pengusahan bisa ga

    • umbupadanga

      Iya benar kak, kalau IE UKSW ada matkul itu. Dalam proses pembelajarannya dari konsep2 sekaligus dan dibarengi praktek2. Misalnya speaking, reading dan teknik wawancara masih byk lagi.
      Nah kalau masuk IE bisa mana aja Kaka mau jadi konsultan bisa, pembisnis bisa, dan byk lagi

Jawaban dari penulis akan masuk email kamu.

Your email address will not be published. Required fields are marked *