Hubungan Internasional, Universitas Gadjah Mada

Ilmu Hubungan Internasional Universitas Gadjah mada (Mulbi)

Ilmu Hubungan Internasional Universitas Gadjah mada (Mulbi)

Halo sobat intipers! Aku Mulbi Argiani Rosidin dari Ilmu Hubungan Internasional Universitas Gadjah mada angkatan 2018. Kali ini aku ingin sharing pengalaman kuliah ku dan memperkenalkan jurusan/prodi yang aku ambil. Lanjut bacanya ya intipers. Bagi teman-teman yang mau bertanya atau diskusi, bisa komen di bawah artikel ini. Kalau sempat akan dibalas ya, jawabannya akan masuk ke email kalian kok. Pastikan kalian baca sampe beres dulu artikel ini sebelum bertanya.

Secara umum, jurusan Ilmu Hubungan Internasional Universitas Gadjah mada seperti apa?

HI itu belajar diplomasi, negosiasi, mempelajari bagaimana cara untuk menanggapi isu-isu internasional.

unisa

Bagi kalian yang ingin mendapatkan info jurusan dan masuk perguruan tinggi follow Instagram @intipkuliah. Akan ada live lebih dari 60 jurusan per bulan. Klik Disini 

Apa yang jadi alasan masuk jurusan Ilmu Hubungan Internasional Universitas Gadjah mada?

Aku masuk HI karena rekomendasi dari orang tua, aku coba-coba aja gitu, aku dari IPA terus ke Soshum, kejar pelajaran Soshum satu bulan dan udah pesimis sih, kaya ga mungkin, tapi alhamdulillah keterima, sejujurnya dulu itu aku ingin masuk kedokteran, tapi karena ketolak, akhirnya aku coba di HI, jadi dulu pengennya di UGM aja. Awal-awal aku kaya ga pengen gitu, sampai ibuku dateng ke Jogja, tapi setelah di jalanin, lama-lama jadi asik juga dan ini pastinya butuh proses, dibuat have fun aja.

Apa mata kuliah dan tugas yang khas dari jurusan ini?

Tugas khas dari HI itu paper, essay di setiap semester setiap matkul membuat kita juga ngembangin soft skill untuk writing.

pmb2-min

Adakah konsentrasi atau kelompok keahlian di jurusan ini?

Kalo di HI ada 3 konsentrasi yaitu Ekonomi Politik Internasional, Studi perdamaian dan konflik, dan politik keamaan internasional. EPI mempelajari isu-isu perekonomian internasional. Studi perdamaian dan konflik pasti mempelajari isu-isu konflik secara internasional dan bagaimana cara penyelesaiannya. FYI aja nih kalau HI UGM satu-satunya HI di Indonesia yang ada pcs nya. Kalau politik keamanan global ya mempelajari politik secara internasional, sangat high politik diantara 3 konsentrasi yang ada. Kalo aku sendiri pilih EPI karena tertarik sama isu-isu ekonomi internasional. Selain itu,di HI juga ada pilihan kawasan yang terbagi jadi tiga yaitu AMEURO, AFROMEAS dan ASPAC. Jadi kaya aku, di semester 3 mengambil matkul kawasan Jepang, Cina dan ASEAN. Nah Konsentrasi dan kawasan itu kita ambil mulai dari semester 3.

Apa jalur masuk yang ada di jurusan kamu?

Ada 4, ada SNM, SBM, mandiri sama IUP. mandirinya UTUL, aku kebetulan tes nya di jakarta bukan di jogja. Sedangkan IUP itu basisnya internasional ada wawancara dan tes tulis, itu juga menggunakan bahasa inggris. IUP dan reguler bedanya bener-bener inggris dan diwajibkan exposure di semester 5 atau 6. Untuk informasi HI itu di instagram @hi.ugm. Kalau aku sendiri masuk melalui jalur utul. Untuk cara belajarnya, aku beli buku tentang soal-soal utul 4 tahun ke belakang, sehari ngerjain 2-3 paket.

Ada tips buat mahasiswa baru Ilmu Hubungan Internasional Universitas Gadjah mada?

Jalanin aja kalo kalian ngerasa salah jurusan, kalo satu tahun ga nyaman ya mungkin bisa dicoba sesuai yang diinginkan. Kalo misalkan jalaninnya kaya aku tadi, yang awalnya ga mau banget akhirnya mau dijalanin, karena proses, akhirnya aku jadi nyaman dan seneng karena ada temen-temen dan orang tua yang mendukung juga. Buat ade-ade yang mau masuk HI, tipsnya aku sendiri kerjain soal 4 tahun atau 5 tahun yang lalu, dijadwalin kalian harus ngerjainnya jam brp atau pas ada waktu luang dikerjain.

Bagaimana prospek kerja dari alumni jurusan ini?

Sering banget lulusan HI jadi diplomat, tapi ga selalu, kaya ada juga yang jadi youtuber, kaya di NGO, IGO, ada yg jadi konsultan atau jurnalis, di HI ada Bu Retno yang jadi Menteri luar negeri.

Lihat vlog dari ratusan mahasiswa di seluruh Indonesia di Youtube Intip Kuliah. Klik Disini

Apa rencana dan harapan kamu setelah lulus?

Pengennya langsung S2 terus dapet kerja, kalo yg keterima kerja dulu ya kerja dulu, kalo S2 dulu yang keterima S2 dulu, jadi yang mana dulu aja keterima.

Kode konten: C315

Jawaban dari penulis akan masuk email kamu.

Your email address will not be published. Required fields are marked *